Berita Bisnis

DENGAN 54 PESAWAT, AIRASIA BERHAD INCAR 20 PERSEN PANGSA PASAR

Mengelola kedua maskapai sesuai dengan strategi bisnis masing-masing. (Foto: Ist)Mengelola kedua maskapai sesuai dengan strategi bisnis masing-masing. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Bermodalkan dana kurang lebih Rp 800 miliar dan dengan menggandeng PT Fersindo Nusaperkasa, AirAsia Berhad -via AirAsia Investment Ltd., operator maskapai penerbangan Air Asia- resmi mengakuisisi PT Metro Batavia Air, operator maskapai penerbangan Batavia Air.


Proses akuisisi tersebut terbagi dalam dua tahap, yakni pembelian 76,95 persen saham Batavia Air yang dilakukan hari ini dan sisanya (23,05 persen) bakal dieksekusi pada kuartal kedua tahun 2013.

Menurut Tony Fernandez, Presiden AirAsia Berhad Group, pihaknya membayar tunai pembayaran keseluruhan saham Batavia Air.

Ditambahkan, dengan akuisisi tersebut, maka AirAsia Berhad bakal mengoperasikan kurang lebih 54 armada pesawat udara yang masing-masing terdiri dari 33 armada Batavia Air dan 21 armada AirAsia Indonesia.

Dengan dukungan armada pesawat itu pula, AirAsia Berhad optimis mampu meraih pangsa pasar penumpang udara (rute domestik maupun rute internasional) sebesar 20 persen hingga akhir tahun ini.

Dalam operasionalnya, AirAsia Berhad akan mengelola kedua maskapai sesuai dengan pola kerja manajemen yang ada saat ini karena pangsa pasar Air Asia maupun Batavia Air terhitung berbeda.

Jika Batavia Air menyasar pasar medium service maka Air Asia hadir sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah. (BB/Christov)

 

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Suksesnya program corporate social responsibility bertaju
(Berita-Bisnis) - Guna mengejar peningkatan pendapatan tahun ini, PT Merpat
(Berita-Bisnis) - Medio Oktober tahun depan, PT Lion Mentari Airlines -peng