Berita Bisnis

BIDIK Rp 400 MILIAR, MIDEA MULAI PASARKAN PRODUK SMALL APPLIANCES

Produk AC memberikan kontribusi sebesar 49 persen terhadap total penjualan. (Foto: Ist)Produk AC memberikan kontribusi sebesar 49 persen terhadap total penjualan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pentas bisnis home appliances di Indonesia tampaknya bakal semakin semarak sepanjang tahun ini. Hal itu erat kaitannya dengan rencana PT Midea Electronics Indonesia untuk menghadirkan beragam produk baru yang tergolong small appliances pada pertengahan tahun 2013.

Produk small appliances yang akan ditawarkan mencakup, antara lain, rice cooker (0,6 liter dan 1,8 liter), induction cooker, e–pressure cooker, microven oven, water heater, dan air cooler.

Menurut Jino Sugianto, President Director Midea Electronics Indonesia, beragam produk small appliances tersebut bakal dijajakan dengan harga yang kompetitif.

Ditambahkan, kehadiran produk small appliances itu diharapkan mampu menopang target penjualan Midea Electronics Indonesia yang pada tahun ini dipatok pada angka Rp 400 miliar. Apalagi Midea Electronics Indonesia juga telah menyiapkan dana investasi kurang lebih Rp 40 miliar sebagai biaya promosinya selama tahun ini.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Midea Elcetronics Indonesia berhasil membukukan penjualan lebih dari Rp 200 miliar. Dari jumlah tersebut, produk air conditiong memberikan kontribusi sebesar 49 persen terhadap total nilai penjualan Midea Electronics Indonesia.

Midea Electronics Indonesia mengaku grafik penjualan berbagai produknya -AC split, AC portable, floor standing dan light commercial, mesin cuci, lemari es- dalam dua tahun terakhir terus memperlihatkan tren yang meningkat. Misal, jika pada tahun 2011 penjualan Midea naik sebesar 583 persen, maka setahun kemudian angka itu berada di kisaran 161 persen.

Midea Electronics Indonesia merupakan lengan bisnis Midea Group yang bermarkas di China. Mulai beroperasi pada tahun 1968, Midea Group saat ini dikenal luas sebagai salah satu pebisnis utama di consumer appliances dan air conditioning systems skala global.

Selain merilis flagship brand Midea, Midea Group juga tercatat melansir brand Little Swan (washing machine), MDV (residential and light commercial), Hualing (air conditioning units and refrigerators), Welling (motors and driving systems), dan GMCC (compressors for the application of air conditioning and heat pumps).

Dan, jika tak ada halangan, Midea Group sendiri berencana membangun pabrik di Indonesia melengkapi tujuh pabrik yang telah dioperasikan di luar China, sampai saat ini. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari pencapaian target penjualan tahun ini
(Berita-Bisnis) - Upaya PT Samsung Electronics Indonesia untuk memperdalam
(Berita-Bisnis) - Kendati disadari pertumbuhannya melambat akhir-akhir ini,