Berita Bisnis

BERSAMA BRI, TELKOM JADIKAN NOMOR TELEPON SEBAGAI NOMOR REKENING

Berusaha mengimplementasikan layanan T-Bank kepada 100 ribu electronic delivery financial agent yang tergabung dalam IndiFinance Telkom. (Foto: Ist)Berusaha mengimplementasikan layanan T-Bank kepada 100 ribu electronic delivery financial agent yang tergabung dalam IndiFinance Telkom. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pada tahap pertama, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) resmi menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk menyediakan layanan transaksi keuangan bernama T-Bank.

Kelak, Telkom berencana memperluas kemitraan tersebut dengan para provider telekomunikasi lainnya.

Menurut Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, layanan T-Bank memungkinkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu menjadi nasabah bank atau pun tanpa perlu pergi ke bank untuk melakukan transaksi.

Ditambahkan, cara penggunaan layanan tersebut sangat gampang. Melalui telepon seluler (ponsel) biasa yang didukung aplikasi Unstructured Supplementary Service Data alias layanan bintang pagar, pengguna cukup menekan *212#, kemudian menekan call, maka akan muncul menu seperti registrasi, info saldo, pesan kode akses (untuk pengambilan di agen atau di ATM Bank BRI), transfer antar nomor ponsel, dan beragam informasi lainnya.

Telkom menginformasikan, saldo maksimal untuk rekening T-bank yang teregistrasi melalui ponsel sebesar Rp 1 juta. Sementara itu, untuk ponsel yang teregistrasi melalui agen sebesar Rp 5 juta.

Dan, untuk saat ini, nomor ponsel yang bisa didaftarkan sebagai rekening T-Bank adalah nomor ponsel Telkomsel.

Berdasarkan catatan Berita-Bisnis, layanan T-Bank adalah wujud dari realisasi program Financial Inclusion yang merupakan salah satu kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk menyediakan akses jasa keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people.

Sedangkan Financial Inclusion sendiri merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan e-Money Server Based yang menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening sekaligus perluasan layanan tanpa ke bank dengan menggunakan konsep keagenan.

Adapun jenis layanan Financial Inclusion mencakup e-money, payments, purchasing, funding, dan lending.

Khusus dalam kerangka kerja sama Telkom dan BRI, agen yang terlibat adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI, dan Plasa Telkom.

Selain berupaya merangkul provider telekomunikasi lainnya, Telkom juga berusaha mengimplementasikan layanan T-Bank tersebut kepada kurang lebih 100 ribu electronic delivery financial agent yang tergabung dalam program Indonesia Digital Finance (IndiFinance) Telkom. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dengan mengincar segmen usia 18-30 tahun, PT Bank Rakyat
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka mendorong 15 juta pelanggannya yang belum me
(Berita-Bisnis) - Guna memacu pertumbuhan pelanggan layanan datanya, PT Tel