Berita Bisnis

PABRIK HANKOOK TIRE CIKARANG RAMAIKAN BISNIS BAN

Total produksi bakal mencapai enam juta ban per tahun. (Foto: Ist)Total produksi bakal mencapai enam juta ban per tahun. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Dapat dipastikan persaingan bisnis ban di Indonesia akan semakin ketat dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, Hankook Tires Co. Ltd. yang berbasis di Yeoksam-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea selatan, baru saja meresmikan pabrik barunya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik yang dikelola oleh PT Hankook Tire Indonesia -unit bisnis Hankook Tires Co. Ltd.- itu tercatat senilai US$ 350 juta serta memiliki kapasitas produksi sebanyak 4,3 juta ban per tahun.

Menurut Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tires Co. Ltd., pihaknya akan mengucurkan total investasi sebanyak US$ 1,2 miliar hingga tahun 2018 di pabrik seluas 60 hektar tersebut.

Ditambahkan, hingga tahun 2018, total produksi pabrik ban Hankook Tire Cikarang bakal mencapai enam juta ban per tahun.

Dari jumlah tersebut sebanyak 70 persen dijual ke berbagai negara tujuan ekspor, seperti di kawasan Asia Tenggara, Amerika Utara, dan Timur Tengah. Adapun sisanya akan diserap pasar domestik.

Hankook Tires Co. Ltd. menyatakan pabrik ban Hankook Tire Cikarang merupakan pusat produksi ketujuh di dunia yang dimilikinya serta menghasilkan sebagian besar ban yang diperuntukkan bagi kendaraan penumpang, ban Ultra-High Performance, dan ban untuk truk ringan.

Berita-Bisnis mencatat, sampai saat ini, minimal 13 produsen di Indonesia sudah mampu memproduksi berbagai tipe dan ukuran ban, baik untuk kendaraan penumpang, truk, bus serta kendaraan berat.

Total kapasitas produksi untuk beragam tipe ban tersebut diperkirakan lebih dari 75 juta ban per tahun. Sementara itu, khusus untuk ban sepeda motor, kapasitas produksinya diduga kuat telah mencapai 55 juta ban per tahun.

Medio September tahun lalu, Hankook Tire Indonesia sendiri tercatat sudah mengungkapkan niatnya untuk mengembangkan jaringan pemasaran yang melibatkan sekitar 100 gerai ritel sampai tahun 2015. Hal ini dilakukan seiring dengan pengoperasian pabrik baru tersebut. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka mewujudkan ambisinya sebagai Bank Devisa dal
(Berita-Bisnis) - Semaraknya bisnis segmen kendaraan sport utility vehicle
(Berita-Bisnis) - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII yang dilangsungkan