Berita Bisnis

PERBESAR BISNIS, TECSTAR RAMBAH BIG HOME APPLIANCES

Sekaligus memperluas segmen market yang disasar. (Foto: Ist)Sekaligus memperluas segmen market yang disasar. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pada awal September lalu, lembaga riset internasional GfK merilis hasil survei yang menyatakan bahwa total penjualan home appliances di kawasan Asia Tenggara telah mencapai US$ 3,4 miliar selama semester pertama tahun ini.

Dalam kondisi seperti itu, Indonesia, Kamboja, dan Thailand merupakan pasar yang memperlihatkan pertumbuhan atraktif jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni berkembang sebesar 22 persen.

Dan, masih menurut GfK, dari sekian banyak jenis produk yang ditawarkan, baik yang tergolong small home appliances (blender, chopper, kompor, mixer, pressure cooker) maupun big home appliances (air conditioner, refrigator, mesin cuci, microwave), mesin cuci terbilang sebagai produk dengan rekor penjualan tertinggi, ketika itu.

Oleh GfK, meningkatnya jumlah pasangan dengan pendapatan yang bagus disertai ekspansi peritel di berbagai kota besar di kawasan Asia Tenggara, disebut sebagai faktor utama terdongraknya penjualan peralatan rumah tangga tersebut yang diperkirakan bakal kembali berlanjut di masa mendatang.

Itu sebabnya, seolah tak ingin ketinggalan momentum, PT Total Multi Anugrah -produsen peralatan rumah tangga merek Tecstar- baru saja merambah kategori big home appliances dengan melansir dispenser dan mesin cuci.

Seperti diketahui, sejak beroperasi perdana pada tahun 2000, Total Multi Anugrah tampak lebih fokus ke ranah small home appliances, alat-alat elektronik (emergency lamp, setrika, powerfull fan, antena TV, raket nyamuk), dan lighting.

Alhasil, dengan menjajal kategori baru tersebut, menurut Kelvyn Siauw Tjung Ming, Direktur Utama Total Multi Anugrah, pihaknya sekaligus ingin memperluas segmen market yang disasar.

Total Multi Anugrah menjelaskan, produk baru dispenser yang ditawarkan memiliki beberapa keunggulan, seperti memiliki troli portabel yang memberikan kemudahan bagi konsumen saat memasang galon air. Selain itu, pihaknya pun mendesain agar galon air yang digunakan berada di dalam dispenser Tecstar. Fitur ini diklaim mampu menghadirkan kenyamanan bagi pengguna.

Bersamaan dengan itu, varian baru seperti blender dan chopper dipastikan sudah dilengkapi dengan sistem circuit breaker yang bisa mencegah kebakaran.

Patut diketahui, Total Multi Anugrah merupakan bagian dari Toba Electric yang selama puluhan tahun dikenal luas sebagai distributor beragam produk elektronik dan peralatan rumah tangga berbagai merek terkemuka, seperti Philips dan Panasonic.

Hingga kini, Total Multi Anugrah sendiri didukung 22 service center yang tersebar di seluruh Indonesia plus menawarkan fasilitas home service untuk wilayah pemasaran Jabodetabek.

Berita-Bisnis mencatat, di pentas bisnis home appliances, Tecstar bersaing dengan berbagai merek lokal seperti Maspion (Maspion Group), Polytron (PT Hartono Istana Technology), Denpoo (PT Denpoo Mandiri), Sanken (PT Istana Argo Kencana), Star Cosmos (PT Star Cosmos) serta Quantum kreasi PT Aditec Cakrawiyasa.

Di saat yang sama, Tecstar juga berkompetisi dengan brand manca negara, antara lain, Toshiba, LG, Sony, Panasonic, dan Samsung. (BB/as/ Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari pencapaian target penjualan tahun ini
(Berita-Bisnis) - Kendati disadari pertumbuhannya melambat akhir-akhir ini,
(Berita-Bisnis) - Sulit dibantah, Jawa Barat memiliki posisi yang istimewa