Berita Bisnis

BERSAMA IRNI PALAR, LANGKAH MASTERCARD BERGEMURUH

Menguasai 55 persen pangsa pasar bisnis kartu debit di Indonesia. (Foto: Ist)Menguasai 55 persen pangsa pasar bisnis kartu debit di Indonesia. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Kepercayaan yang diberikan MasterCard Worldwide kepada Irni Palar sepertinya tidak sia-sia. Pasalnya, sejak dinobatkan sebagai Direktur PT MasterCard Indonesia beberapa waktu lalu, langkah bisnis MasterCard Indonesia tampak bergemuruh belakangan ini.

Yang terbaru, dengan menggandeng PT Lotte Shopping Indonesia -pengelola jaringan gerai wholesale Lotte Mart dan Lotte Mart Hypermarket di Indonesia- MasterCard Indonesia menggelar program bertajuk Smart Weekend Shopping yang berlangsung mulai dari tanggal 8 November sampai dengan akhir tahun nanti.

Program belanja akhir pekan itu (Jumat-Minggu) sendiri menyediakan kupon belanja senilai Rp 100 ribu bila konsumen berbelanja senilai Rp 1 juta dengan menggunakan kartu MasterCard.

Sebelumnya, lewat kemitraan yang dibentuk dengan PT Modern Putra Indonesia -pengelola jaringan 7-Eleven- MasterCard Indonesia pun menyelenggarakan program The Best Value Everyday yang bakal berakhir hingga medio Januari tahun depan.

Tidak jauh beda dengan Smart Weekend Shopping, program The Best Value Everyday juga bermaksud meningkatkan penggunaan Debit Master Card di gerai 7-Eleven.

Pasalnya, jika berbelanja minimal Rp 30 ribu dengan menggunakan kartu debit Master Card, pelanggan dipastikan memperoleh voucher belanja fresh food dan proprietary beverages senilai Rp 5 ribu.

Seperti diketahui, saat mengumumkan penunjukan Irni Palar pada akhir Oktober lalu, MasterCard Worldwide mengungkapkan bahwa rekam jejak mantan Vice President, Head of Sales and Marketing Divisi Kartu Kredit PT Bank Mega Tbk itu diharapkan bakal mampu memperkuat kemitraan strategis MasterCard dengan pihak bank, merchant maupun konsumen di pasar Indonesia yang bermuara kepada peningkatan brand positioning MasterCard sekaligus meningkatnya penggunaan kartu MasterCard.

Patut pula diketahui, melalui lengan bisnisnya Mastercard Indonesia, MasterCard Worldwide telah merilis brand Mastercard di pentas bisnis kartu kredit dan merek Maestro untuk kartu debit di Indonesia.

Sampai saat ini, MasterCard Indonesia tercatat sudah bekerjasama dengan 21 bank nasional untuk menerbitkan kartu kredit. Sedangkan untuk penerbitan kartu debit, MasterCard menjalin kolaborasi dengan 9 bank, antara lain, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Standard Chartered Indonesia.

Berdasarkan catatan Berita-Bisnis, per akhir Juli 2013, volume transaksi kartu debit diketahui mencapai 315,7 juta transaksi atau tumbuh 25,63 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dan, seluruh transaksi itu bersumber dari penerbitan 80 juta unit kartu debit yang dilansir oleh enam prinsipal kartu debit, yakni PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama), PT Daya Network Lestari (ALTO Debet), PT Rintis Sejahtera (Prima Debet), dan PT Visa Worldwide Indonesia (Electron).

Selebihnya adalah PT Union Pay Indonesia (CUP) dan MasterCard Indonesia yang diduga kuat sudah menggenggam 55 persen pangsa pasar bisnis kartu debit di Indonesia. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari pencapaian target penjualan tahun ini
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperkokoh pijakannya di pentas bisnis elek
(Berita-Bisnis) - Guna memberikan kemudahan sekaligus keamanan kepada para