Berita Bisnis

INI DIA EKSPANSI AEON MALL

Lewat strategic goal Asian Shift ingin menjadi pengembang mal terkemuka. (Foto: Ist)Lewat strategic goal Asian Shift ingin menjadi pengembang mal terkemuka. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Seiring berjalannya waktu, ambisi AEON Mall Co., Ltd. untuk menjadi pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan terkemuka di China dan kawasan Asia Tenggara, tampaknya mulai memperlihatkan wujudnya.

Yang terbaru, melalui lengan bisnisnya PT AEON Mall Indonesia, AEON Mall Co., Ltd. telah resmi membeli lahan seluas 85 ribu meter persegi senilai US$ 45 juta di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, dari PT Modernland Realty Tbk.

Diketahui, di atas lahan tersebut, AEON Mall Co., Ltd. bakal menghadirkan mal sub-urban bergaya Jepang dengan luas lantai sekitar 210 ribu meter persegi (termasuk parkir bertingkat).

Sementara itu, total lahan yang disewakan direncanakan mencapai 91 ribu meter persegi dengan AEON Co., Ltd. (Merchandise General Store) sebagai anchor tenant-nya.

Mengacu kepada rencana yang telah diungkapkan, pusat perbelanjaan itu bakal mulai dibangun tahun depan serta diharapkan beroperasi satu tahun kemudian.

Dalam situs resminya, AEON Mall Co., Ltd. menyatakan bahwa pusat perbelanjaan yang berada di kawasan hunian Jakarta Garden City itu adalah mal kedua yang dibangun di Indonesia.

Adapun mal pertamanya saat ini sedang dibangun di BSD City di atas lahan seluas 100 ribu meter persegi dengan luas lantai mencapai 165 ribu meter persegi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 77 ribu meter persegi tergolong sebagai gross leasable area.

Sedangkan pusat perbelanjaan serupa yang akan dikembangkan di atas lahan seluas 200 ribu meter persegi di Deltamas, Bekasi, dan diproyeksikan dibuka setelah tahun 2015, masih dalam tahap tentatif.

Masih di situs yang sama, Soichi Okazaki, Presiden Aeon Mall Co., Ltd., sejatinya sudah menegaskan bahwa pihaknya ingin mempercepat pengembangan usaha pusat perbelanjaan di China dan kawasan Asia Tenggara.

Dengan kata lain, AEON Mall Co., Ltd. ingin segera menempati posisi sebagai pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan terkemuka di China maupun Asia Tenggara. Paralel dengan hal itu, Aeon Mall Co., Ltd. juga berupaya memperluas basis bisnisnya di Jepang lewat pembukaan mal-mal baru.

Berita-Bisnis mencatat, ekspansi Aeon Mall Co., Ltd. di atas berkaitan erat dengan strategic goal bertajuk Asian Shift yang digelar beberapa waktu lalu. Buktinya, selain merambah Indonesia, Aeon Mall Co., Ltd. pun tampak menyasar Vietnam dan Kamboja. Di kedua negara ini, Aeon Mall Co., Ltd. sudah berancang-ancang untuk membuka mal sejenis pada tahun 2014.

Di China sendiri, langkah Aeon Mall Co., Ltd. sepertinya jauh lebih agresif. Buktinya, awal November ini, Aeon Mall Co., Ltd. telah memulai pembangunan AEON Mall Wuhan Wedz yang terletak di Provinsi Hubei.

Asal tahu saja, luas lantai pusat perbelanjaan baru itu diklaim dua kali lipat lebih besar ketimbang AEON Mall Tianjin Zhongbei. Di sisi lain, masih di Provinsi Hubei, Aeon Mall Co., Ltd. pun mengembangkan AEON Mall Wuhan Olympic Park serta AEON Mall Wuhan Shiqiao yang saat ini sedang dalam konstruksi.

Sebelumnya, pada medio September tahun ini, AEON Mall Co., Ltd. sudah menggelar pekerjaan untuk membangun AEON Mall di Provinsi Zhejiang, China.

Patut diketahui, pusat perbelanjaan pertama AEON Mall Co., Ltd. di China adalah AEON Mall Beijing International yang dibangun pada tahun 2008. Kini, di negara tersebut, AEON Mall Co., Ltd. hadir di enam provinsi, yaitu Zhejiang, Beijing dan Tianjin, Hebei, Jiangsu, Hubei, dan Guangdong. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Sulit untuk disangkal, hingga saat ini, Indonesia Interna
(Berita-Bisnis) - Kendati dibangun dalam jumlah terbatas, hanya 29 unit, to
(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Pertamina Lubricants -anak usaha PT Pertamina (