Berita Bisnis

MELALUI MOLTO, UNILEVER INDONESIA KEMBALI GELAR KAMPANYE HEMAT AIR

Bisa mengurangi konsumsi air hingga 20 liter sekali mencuci. (Foto: Ist)Bisa mengurangi konsumsi air hingga 20 liter sekali mencuci. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Gerakan untuk menghemat air sejatinya sudah menggelinding sejak beberapa waktu silam. Namun sayangnya, kampanye yang satu ini sepertinya "tertelan arus" oleh isu lain yang lebih memikat perhatian masyarakat banyak.

Padahal, tidak sedikit kajian yang sudah diluncurkan untuk mengingatkan bahwa pada tahun 2025, Indonesia bisa mengalami krisis air bersih bila perilaku masyarakat dalam menggunakan air tidak segera berubah.

Parahnya lagi, hingga saat ini, penggunaan air dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari disebut sebagai salah satu faktor utama yang dapat mempercepat krisis tersebut.

Ambil contoh, mencuci pakaian. Kegiatan ini, menurut Pauline Liongosari, Brand Manager Molto PT Unilever Indonesia Tbk, diduga kuat merupakan kegiatan terbesar kedua yang menyedot air dalam jumlah besar setelah mandi dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari.

Ditambahkan, dari total penggunaan air saat mencuci pakaian, sekitar 30 persen digunakan untuk mencuci. Sementara sekitar 70 persen dipakai saat membilas pakaian.

Itu pula sebabnya, beranjak dari komitmen untuk mengoptimalkan penggunaan air bersih menuju kelestarian air bersih bagi generasi mendatang, Unilever Indonesia pun kembali menggelar kampanye bertajuk Molto Save Our Water for the Next Generation, pada tahun ini.

Kampanye itu sendiri terdiri dari beragam aktifitas yang telah digelar sejak medio Februari lalu, antara lain, roadshow ke puluhan kota di Pulau Jawa dengan agenda utama berupa edukasi tentang pentingnya penghematan air yang menyasar keluarga Indonesia.

Di samping itu, dengan mengusung brand Molto, Unilever Indonesia juga tercatat menggelar kompetisi 1.000 Cerita Menghemat Air plus pengumpulan dukungan sebagai tanda komitmen untuk menghemat air demi kelangsungan hidup generasi mendatang.

Lantas, pada pekan ini, bekerjasama dengan Dinas Pertamanan DKI Jakarta, Unilever Indonesia meresmikan sumur air resapan yang terletak di kawasan Taman Lapangan Banteng, Jakarta.

Lebih dari itu, via Molto Save Our Water for the Next Generation, Unilever Indonesia berupaya mendorong perubahan perilaku keluarga Indonesia dalam penggunaan air bersih dengan format baru, yakni pengurangan, penggunaan kembali, dan pelestarian air (3P).

Patut diketahui, kampanye Molto Save Our Water for the Next Generation yang digelar Unilever Indonesia sesungguhnya sudah dilaksanakan sejak tahun 2008, menyusul kehadiran produk pelembut dan penyegar pakaian bernama Molto Ultra Sekali Bilas.

Ketika itu, Unilever Indonesia menegaskan bahwa produk tadi bisa mengurangi konsumsi air hingga 20 liter sekali mencuci sekaligus dapat mengurangi konsumsi waktu, energi, dan tentunya biaya.

Di saat yang sama, dengan berbagai fungsi yang melekat di dalamnya, Molto Ultra Sekali Bilas juga disebut mampu menjaga pakaian tetap lembut, terawat, dan memiliki keharuman lima kali lebih tahan lama dibandingkan varian lain.

Berita-Bisnis mencatat, dalam rencana besar Unilever Plc. (induk usaha Unilever Indonesia), Molto Save Our Water for the Next Generation adalah bagian dari kampanye global Project Sunlight yang berusaha menginspirasi semua orang untuk menghasilkan tindakan nyata dalam rangka menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi berikutnya.

Di Indonesia, kampanye global itu juga diwujudkan melalui beragam aktifitas, seperti kampanye mencuci tangan yang mengusung merek sabun Lifebuoy, day and night brushing campaign yang digelar oleh Pepsodent maupun program pengembangan bagi petani kedelai yang digagas oleh Kecap Bango. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Mengusung isu kebersihan toilet sekolah, PT Unilever Indo
(Berita-Bisnis) - Setelah melalui riset selama dua tahun, PT Unilever Indon
(Berita-Bisnis) - Selama medio Februari lalu, jaringan ritel Lotte Mart ber