Berita Bisnis

VIA COFFEE AMBASSADOR CUP, STARBUCKS KONSISTEN HARGAI KARYAWANNYA

Menjadi salah satu dari lima besar Most Admired Company in the World 2013 versi Fortune. (Foto: Ist)Menjadi salah satu dari lima besar Most Admired Company in the World 2013 versi Fortune. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Berhasil mengalahkan 217 Coffee Masters yang datang dari seluruh gerai Starbucks di Indonesia, Fandy akhirnya resmi dinobatkan sebagai Coffee Ambassador Cup 2014.

Dengan demikian, di samping memperoleh hadiah berupa paket perjalanan ke perkebunan kopi di Pulau Sumatera, perwakilan gerai Starbucks Bintaro itu pun wajib mempromosikan kopi Starbucks plus membagi pengetahuannya tentang kopi kepada sesama karyawan Starbucks lainnya, selama satu tahun ke depan.

Kata Anthony Cottan, Direktur PT Sari Coffee Indonesia (pengelola gerai Starbucks Indonesia), pihaknya selalu rutin menggelar Coffee Ambassador Cup. Dan, pada tahun ini, event tersebut merupakan ajang yang ke-9.

Ditambahkan, Coffee Ambassador Cup merupakan aktivitas pencarian duta kopi tahunan yang melibatkan para karyawan Starbucks yang berstatus Coffee Master di seluruh gerai Starbucks di Indonesia.

Adapun dalam kompetisi yang digelar, masing-masing Coffee Master (Barista) lantas diuji pengetahuannya tentang ilmu kopi, peralatan dan teknik menyeduh kopi, kemampuan berkomunikasi, tes tertulis serta pendidikan lapangan.

Starbucks Indonesia mengatakan, landasan utama pelaksanaan kompetisi tadi sejatinya tak lepas dari paradigma Starbucks Corporation -prinsipal Sari Coffee Indonesia- yang menempatkan karyawan (partner) sebagai mitra strategis dalam pengembangan bisnisnya.

Itu pula sebabnya, di 64 negara (dengan lebih dari 20 ribu gerai) yang dirambahnya sampai saat ini, Starbucks Corporation konsisten menggelar event sejenis.

Dalam catatan Berita-Bisnis, selain terwujud dalam rupa Coffee Ambassador Cup, perhatian Starbucks Corporation terhadap karyawannya juga tampil dalam beragam bentuk.

Salah satunya adalah penawaran paket manfaat komprehensif untuk karyawan yang memenuhi syarat bekerja minimal 20 jam per minggu.

Di sisi lain, Starbucks Corporation pun menjanjikan layanan perawatan kesehatan sebesar seratus persen terhadap para mitranya. Sementara pada tahun ini, dalam lamannya, Starbucks Corporation telah menegaskan bakal menerapkan hal serupa untuk mendanai women’s preventive health coverage.

Alhasil, pada tahun lalu, Starbucks Corporation yang menorehkan penghasilan sebesar US$ 14,9 miliar berhasil menjadi salah satu dari lima besar Most Admired Company in the World versi majalah Fortune.

Di Indonesia sendiri, per akhir Febuari lalu, Sari Coffee Indonesia yang bernaung di bawah PT Mitra Adiperkasa Tbk telah mengoperasikan 169 gerai Starbucks di seluruh Indonesia.

Sedangkan pada akhir Maret 2014, dalam rangka menawarkan kopi ultra-premium yang diklaim mampu memberikan sensasi lebih, Sari Coffee Indonesia tercatat menghadirkan gerai Starbucks reserve pertama di Indonesia yang terletak di West Mall, Grand Indonesia.

Asal tahu saja, semua Barista yang ada di gerai ini menggenggam sertifikat sebagai Starbucks Coffee Master. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Hari ini, PT Sari Coffee Indonesia -pengelola gerai Starb
(Berita-Bisnis) - Jumlah fans Arsenal Football Club (FC) di Indonesia yang
(Berita-Bisnis) - Seiring hadirnya Everstone Capital sebagai pemegang saham