Berita Bisnis

INI DIA CARA NESTLE MEMACU PENJUALAN PRODUK MAKANAN ANJING DAN KUCING

Merupakan peluang bisnis yang tak mungkin dilewatkan begitu saja. (Foto: Ist)Merupakan peluang bisnis yang tak mungkin dilewatkan begitu saja. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Jangan kaget, penduduk Amerika Serikat diperkirakan bakal mengeluarkan duit hingga US$ 60 miliar pada tahun ini untuk membeli sekaligus merawat hewan peliharaannya.

 

Itu kata Bob Vetere, CEO American Pet Products Association, kepada Press Herald pada pertengahan medio Maret lalu.

Dan, jika dibandingkan dengan kondisi tahun sebelumnya, perkiraan tersebut sejatinya meningkat lantaran pada tahun 2013 total dana yang dikeluarkan telah mencapai US$ 55,7 miliar.

Masih menurut Bob Vetere, itu bisa terjadi karena anjing dan kucing seolah telah menjadi bagian dari keluarga besar penduduk Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir.

Bagaimana di Indonesia? Kondisinya besar kemungkinan belum seperti itu. Namun, dalam pandangan Nestle Purina PetCare Indonesia (divisi pet food PT Nestle Indonesia), semakin merebaknya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap hewan peliharaan belakangan ini, tentu saja merupakan peluang bisnis yang tak mungkin dilewatkan begitu saja.

Itu pula sebabnya, pada pekan lalu, Nestle Purina PetCare Indonesia secara khusus menghadirkan Cesar Millan, pakar perilaku anjing ternama di dunia, dalam sebuah acara bertajuk Cesar Millan Live Tour to Jakarta.

Thomas Aquinas Nugroho, Commercial Manager Nestle Purina PetCare Indonesia, mengatakan dalam event yang dilaksanakan bersama Chambaraya Dog Training Center itu, pihaknya menyediakan booth konsultasi yang berupaya memberikan tips menghadapi anjing yang berperilaku tidak normal serta konsultasi nutrisi untuk anjing peliharaan.

Bahkan, jauh hari sebelum Cesar Millan Live Tour to Jakarta digelar, Nestle Purina PetCare Indonesia pun sudah melaksanakan program kampanye #PROPLANPACKLEADER di Facebook dan memberikan hadiah terhadap dua pemenang yang berkesempatan mengikuti meet and greet bersama Cesar Millan.

Sementara khusus untuk acara Cesar Millan Live Tour to Jakarta, Nestle Purina PetCare Indonesia tercatat mengundang kurang lebih 2 ribu pecinta anjing di seluruh Indonesia.

Upaya Nestle Purina PetCare Indonesia untuk menggenjot penjualan beragam merek makanan anjing dan kucing besutannya di pasar domestik, sesungguhnya sudah berlangsung lama dan hadir melalui berbagai bentuk.

Ambil contoh, lima tahun silam. Ketika itu, persisnya medio Nopember 2009, dengan menyasar dokter hewan, breeder anjing, breeder kucing, dan pet shop, Nestle Purina PetCare Indonesia melaksanakan seminar dengan tema New Research on Gut Dysfunction, Dermatological Issues And Nutrition Therapy.

Seminar dua hari itu sendiri sukses mengumpulkan sekitar 100 dokter hewan dari seluruh Indonesia serta kurang lebih 100 breeder anjing, breeder kucing, dan pet shop. Dalam kesempatan tersebut, partisipan disuguhi pengetahuan mengenai masalah kulit, pencernaan, dan pentingnya nutrisi untuk pertumbuhan optimal hewan peliharaan.

Lantas, pada pertengahan medio Desember lalu, Nestle Purina PetCare Indonesia diketahui menyelenggarakan ExtraPAWgaza yang dirancang sebagai wahana edukasi, entertainment serta kontes anjing dan kucing pertama di Indonesia.

Di Indonesia, Nestle Purina PetCare Indonesia menawarkan produk makanan anjing dan kucing dalam berbagai merek, antara lain, Pro Plan, Alpo, Fancy Feast, dan Friskies.

Bersamaan dengan itu, Nestle Purina PetCare Indonesia juga menjajakan Pro Plan Sensitive Skin & Stomach Formula yang diklaim mampu mendukung kesehatan kulit dan saluran cerna hewan peliharaan.

Sedangkan bagi puppy, Nestle Purina PetCare Indonesia menyediakan Pro Plan Optistart yang disebut mengandung kolostrum yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak anjing.

Dalam catatan Berita-Bisnis, dalam rangka memperkokoh dominasinya di pentas bisnis makanan anjing dan kucing secara global maupun di pasar Amerika Serikat, Nestle Purina PetCare Co. -prinsipal Nestle Purina PetCare Indonesia- sudah mengakuisi Zuke’s yang dikenal luas sebagai produsen terkemuka untuk makanan anjing (Hip Action) dan kucing (Natural Purrz) sejak empat bulan lalu.

Di sisi lain, masih dengan tujuan yang sama, Nestle Purina PetCare Co. juga mengambilalih situs Petfinder.com pada tahun 2013. (BB/as/Christov)

 

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Nasion
(Berita-Bisnis) - Isu atau tema pola makan seimbang dan gaya hidup lebih se
(Berita-Bisnis) - Selama dua hari pekan lalu, PT Nestle Indonesia melaksana