Berita Bisnis

LEWAT GERAI BARU, GRAMEDIA PERKOKOH PENETRASI DI MEDAN

Penyebaran toko buku Gramedia masih didominasi area komersil Jabodetabek. (Foto: Ist)Penyebaran toko buku Gramedia masih didominasi area komersil Jabodetabek. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Tanpa suasana yang riuh, jejak langkah PT Gramedia Asri Media di ranah bisnis ritel buku tampak semakin kokoh.

Bagaimana tidak, Gramedia Asri Media -pemilik jaringan toko buku Gramedia- baru saja membuka gerai barunya di Mall Medan Focal Point, di kawasan Jl. Gagak Hitam Ring Road, Medan, Sumatera Utara.

Gerai itu pun otomatis menjadi toko buku Gramedia ke-5 yang dioperasikan di wilayah pemasaran Medan, setelah sebelumnya dibuka di kawasan Jl. Gajah Mada, Sun Plaza, Medan Mall, dan di Grand Paladium.

Kata Saiful Bahri, Regional Manager Sumatera Gramedia Asri Media, luas lahan gerai anyar itu mencapai 957 meter persegi serta merupakan toko buku Gramedia ke-104 yang telah beroperasi, sampai saat ini.

Ditambahkan pula, toko buku Gramedia Focal Point menyediakan 68 persen produk buku (lebih dari 10 ribu judul) serta 32 persen produk non-buku yang mencakup stationery dan counter.

Kelak, jika tak ada halangan berarti, Gramedia Asri Media juga sudah berencana untuk menghadirkan gerai serupa di Lampung, Balikpapan, dan Cibinong, hingga akhir medio Desember mendatang.

Dalam catatan Berita-Bisnis, pada medio April lalu, Gramedia Asri Media menggelar Pesta Buku selama dua pekan di Gedung Sosial, Banda Aceh, untuk mendongkrak penjualan produknya di wilayah tersebut.

Untuk itu, Gramedia Asri Media tercatat menawarkan lebih dari 11 ribu judul buku yang berasal dari kurang lebih 90 penerbit buku ternama di Indonesia dengan proyeksi total penjualan mencapai Rp 1 miliar.

Di sisi lain, event tadi juga diposisikan sebagai ajang uji coba pasar berkenaan dengan rencana Gramedia Asri Media untuk menghadirkan toko buku Gramedia di kawasan Jl. T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, pada tahun 2016.

Hingga kini, sebaran toko buku Gramedia masih didominasi oleh area komersil Jabodetabek. Pasalnya, tak kurang dari 40 gerai telah dibuka di wilayah pemasaran ini.

Adapun secara nasional, Gramedia Asri Media diketahui menguasai kurang lebih 60 persen pangsa pasar toko buku. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Guna memberikan pengalaman yang berwarna kepada pengunjun
(Berita-Bisnis) - Langkah PT Gramedia Asri Media di pentas bisnis toko buku
(Berita-Bisnis) - Sulit untuk dibantah, kiprah PT Gramedia Asri Media di ra