Berita Bisnis

LEWAT CITRA WAKAME, UNILEVER PERKUAT DOMINASI BISNIS LOTION

Didesain khusus sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. (Foto: Ist)Didesain khusus sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Seiring tingginya permintaan konsumen terhadap beragam produk hand & body lotion dari tahun ke tahun, Nielsen Indonesia pun pernah memperkirakan bahwa sepanjang tahun ini, nilai bisnis hand & body lotion bakal mencapai kurang lebih Rp 2,6 triliun.

Artinya, jika proyeksi tersebut terealisasi maka dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu (Rp 2,4 triliun), ada kenaikan sebesar 8,3 persen. Sementara itu, dua tahun silam, nilai pasar yang terekam sudah berada di kisaran Rp 2,15 triliun.

Singkat cerita, hand & body lotion memang merupakan produk yang menguntungkan bagi para produsen yang berkecimpung di dalamnya. Tak terkecuali bagi PT Unilever Indonesia Tbk yang selama ini dikenal luas dengan merek Citra.

Yang terbaru, untuk memperkokoh dominasinya di ranah bisnis hand & body lotion di pasar domestik, Unilever Indonesia melansir varian anyar bernama Citra Wakame.

Kata Hilda Kitti, Senior Brand Manager Citra - Unilever Indonesia, Citra Wakame didesain khusus sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia, yakni bisa mencerahkan kulit secara alami, memberi sensasi segar, cepat menyerap, dan tidak meninggalkan kesan lengket.

Ditambahkan, Citra Wakame merupakan gel lotion dan serum pencerah kulit yang mengandung Wakame (rumput laut Jepang yang kaya nutrisi pencerah) plus kaya akan asam hyaluronic yang dikenal berperan menjaga elastisitas dan membantu kulit menjadi lembut serta halus.

Lebih dari itu, format gel yang hadir di dalam Citra Wakame diklaim merupakan water based technology.

Patut diketahui, di pentas bisnis hand & body lotion, Citra bersaing dengan beberapa brand lain seperti Marina yang ditawarkan oleh PT Barclay Products (anak usaha PT Tempo Scan Pacific Tbk), Viva kreasi PT Vitapharm, dan Nivea besutan PT Beiersdorf Indonesia. Di samping itu, Citra juga 'adu otot' dengan merek Vaseline yang dijajakan oleh Unilever Indonesia.

Dan dalam penelusuran Berita-Bisnis, Citra diduga kuat sudah menggenggam lebih dari 50 persen pangsa pasar lotion di Indonesia, sejak beberapa tahun lalu. Bila digabung dengan penetrasi Vaseline, dominasi itu diprediksi lebih dari 65 persen.

Adapun Marina berada di posisi kedua (sekitar 17 persen). Sedangkan Viva dengan porsi kurang lebih 5 persen menempati peringkat ketiga. Setelah itu, menyusul Nivea.

Asal tahu saja, pada tahun lalu, Citra telah meluncurkan kampanye berjudul Citra “Tu..Wa..Ga..Pat” yang bertujuan mengedukasi konsumen berkaitan dengan kebiasaan pemakaian hand & body lotion ke seluruh badan.

Untuk itu, Citra merilis lagu dan tarian khusus sekaligus menggandeng penyanyi Ariel Tatum sebagai duta mereknya serta melakukan roadshow ke berbagai kota di Pulau Jawa. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Suksesnya program corporate social responsibility bertaju
(Berita-Bisnis) - Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan penjualan, terma
(Berita-Bisnis) - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tampaknya paham bet