Berita Bisnis

PERTAHANKAN DOMINASI BISNIS SEREAL, NESTLE GELAR KONTES DIGITAL

Aktif menggelar beragam program pemasaran dan promosi. (Foto: Ist)Aktif menggelar beragam program pemasaran dan promosi. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Status sebagai market leader di bisnis sereal yang sudah cukup lama digenggamnya sepertinya tidak membuat PT Nestle Indonesia berpangku tangan begitu saja.

Justru sebaliknya yang terjadi. Perusahaan yang berindukkan Nestle S.A. yang berbasis di Vevey, Swiss, ini tampak aktif menggelar beragam program pemasaran dan promosi yang langsung menyasar target pasar yang dituju.

Maklumlah, Nestle Indonesia sudah pasti tidak mau dominasinya di ranah bisnis sereal gampang tergerus oleh penetrasi yang digelar oleh para kompetitor maupun karena faktor lemahnya upaya internal.

Yang terbaru, Nestle Indonesia menyelenggarakan kontes digital bertajuk How Brave Are Your Kids? yang mengombinasikan media sosial Facebook serta in-store promo.

Kata Maggy Effendy, Brand Manager Nestle Koko Cereal, kontes digital itu secara khusus mengajak para ibu untuk berbagi cerita tentang pengalaman keberanian anaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, bagi para pemenang kontes dan keluarganya, Nestle Indonesia pun menyediakan tiket gratis menonton film How to Train Your Dragon yang sengaja dipilih agar sesuai dengan pesan kontes digital tadi.

Di sisi lain, Nestle Indonesia juga menginformasikan bahwa ketika konsumen membeli produk Nestle Koko Krunch, Nestle Koko Krunch Duo, Milo Balls (170/330 gram), dan Honey Stars (150/300 gram) via in-store promo, maka dipastikan bakal memperoleh hadiah langsung berupa mainan peluncur naga plus stiker naga edisi khusus How to Train Your Dragon.

Patut diketahui, pada medio Februari lalu, dengan mengusung merek Koko Krunch, Nestle Indonesia telah merilis kembali Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang mencakup beragam aktifitas.

Dan, asal tahu saja, kampanye PESAN ini mulai bergulir sejak tahun 2008 serta diposisikan sebagai wahana untuk mengedukasi tentang pentingnya sarapan pagi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Hingga kini, dalam operasionalnya, Nestle Indonesia masih mendatangkan produk sereal dari Filipina dan kemudian mengemasnya di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jakarta, dan Surabaya.

Di arena bisnis sereal sendiri, Nestle Indonesia yang diperkirakan menguasai lebih dari 60 persen pangsa pasar, tercatat bersaing dengan PT Simba Indosnack Makmur yang melansir merek Simba (Poppies, Choco Cips, Choco Rillas, Choco Dilos, Corn Flakes, Tuffis), PT Mayora Indah Tbk yang menawarkan sereal berlabel Energen, dan GoVit Sagon Sereal besutan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang diluncurkan pada pertengahan tahun lalu.

Di pasar domestik, bisnis sereal tumbuh secara signifikan hingga mampu menorehkan nilai pasar mencapai kurang lebih US$ 1,5 miliar pada akhir tahun 2013. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Bila strategi yang dicanangkan dapat berjalan dengan mulu
(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng 80 komunitas serta melibatkan sekitar
(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Nasion