Berita Bisnis

ACE HARDWARE PERKUAT LOYALITAS DENGAN PAY WITH POINTS

Sekitar 50 persen pendapatan ditopang oleh transaksi yang dilakukan oleh para pemegang kartu Ace Rewards. (Foto: Ist)Sekitar 50 persen pendapatan ditopang oleh transaksi yang dilakukan oleh para pemegang kartu Ace Rewards. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Sesungguhnya, memang mudah untuk menyatakan niat untuk selalu menjaga loyalitas pelanggan. Namun, yang kerap terjadi justru hadirnya jurang yang lebar antara komitmen dengan kenyataan di lapangan.

Padahal, loyalitas pelanggan disadari betul merupakan salah satu elemen kunci bagi kelanjutan usaha di masa depan, selain inovasi maupun peningkatan kualitas produk yang ditawarkan.

Bagi PT Ace Hardware Indonesia Tbk, pengelola jaringan 107 gerai Ace Hardware di Indonesia, dalil itu tampaknya konsisten diterapkan dalam operasionalnya sehari-hari.

Yang terbaru, persisnya sejak awal medio Agustus 2014, Ace Hardware Indonesia telah melansir Pay with Points.

Kata Edwina Vierdiany, Head of Membership Kawan Lama Retail (lini bisnis PT Kawan Lama Sejahtera, induk usaha Ace Hardware Indonesia), Pay With Points dirancang sebagai alat pembayaran baru di gerai Ace Hardware dengan tujuan memelihara loyalitas para pelanggan.

Dijelaskan, Pay With Points hanya berlaku bagi para member Ace Hardware atau pemegang kartu Ace Rewards. Dan, dalam prakteknya, pelanggan yang memiliki kartu Ace Rewards bisa bertransaksi hingga 20 persen dari nilai pembelanjaan dengan menggunakan point rewards yang telah dikumpulkan (1 point
bernilai Rp 2.500).

Atau dengan kata lain, metode Pay With Points memberikan kemudahan bagi para pelanggan yang mempunyai kartu Ace Rewards untuk melakukan pembayaran karena poin dalam kartu bisa menjadi alat pembayaran secara otomatis. Adapun sisa jumlah pembayaran dari pembelanjaan yang dilakukan, cukup dilunasi.

Ace Hardware Indonesia menginformasikan, sejak diluncurkan pada tahun 2007, pihaknya berhasil menghimpun lebih dari 1 juta member aktif Ace Rewards sampai saat ini.

Di sisi lain, Ace Hardware Indonesia juga mengabarkan bahwa hingga kini, sekitar 50 persen pendapatannya ditopang oleh transaksi yang dilakukan oleh para pemegang kartu Ace Rewards.

Asal tahu saja, selama semester pertama tahun ini, Ace Hardware Indonesia sukses membukukan pendapatan sebanyak Rp 2,2 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 245,61 miliar.

Dalam catatan Berita-Bisnis, gerai perdana Ace Hardware dibuka pada tahun 1995 di pusat perbelanjaan Supermal Karawaci, Tangerang. Selang 12 tahun kemudian, Ace Hardware Indonesia merilis kartu Ace Rewards sebagai wujud implementasi program loyalitas pelanggannya.

Belakangan, Ace Hardware Indonesia melengkapi kartu Ace Rewards dengan beragam membership previllege, seperti diskon untuk produk khusus dan promosi spesial, dan penawaran menarik di lebih dari 200 merchant yang bekerjasama dengan Ace Rewards di seluruh Indonesia.

Di samping itu, kartu Ace Rewards juga memberikan layanan gratis instalasi dan pengiriman barang plus point rewards setiap pembelanjaan kelipatan Rp 100 ribu yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau merchandise ekslusif, voucher shopping senilai Rp 100 ribu untuk setiap 40 poin yang dikumpulkan serta birthday gift.

Patut diketahui pula, aktifnya anggota pemegang kartu Ace Rewards sejatinya tak lepas dari positioning gerai Ace Hardware itu sendiri, yang saat ini dinilai mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap ketersediaan berbagai produk hobi dan gaya hidup keluarga Indonesia.

Artinya, gerai Ace Hardware tidak sekedar menjual perkakas maupun peralatan teknik untuk perbaikan rumah. Itu pula sebabnya, kontribusi segmen lifestyle cukup signifikan (sekitar 40 persen) terhadap total pendapatan yang berhasil dicetak oleh Ace Hardware Indonesia. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jika tak ada aral melintang, PT Ace Hardware Indonesia Tb
(Berita-Bisnis) - Hari ini, PT Ace Hardware Indonesia Tbk resmi mengoperasi
(Berita-Bisnis) - Guna memperluas basis pelanggan Kartu Halo-nya di kalanga