Berita Bisnis

AKHIR TAHUN DEPAN, PABRIK AMCOR DI JAWA TIMUR BEROPERASI

Berusaha menggenjot pertumbuhan keuntungannya lebih dari 20 persen dalam tempo tiga tahun ke depan. (Foto: Ist)Berusaha menggenjot pertumbuhan keuntungannya lebih dari 20 persen dalam tempo tiga tahun ke depan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Bila tak ada aral melintang, Amcor Tobacco Packaging yang berbasis di Zurich, Swiss, berniat mengoperasikan pabrik kemasan anyar-nya yang berlokasi di Jawa Timur, maksimal akhir tahun depan.

Dan, sesuai dengan rencana yang telah diungkapkan, pabrik kemasan itu dirancang sebagai pabrik yang ramah lingkungan.

Kata Peter Konieczny, Presiden Amcor Tobacco Packaging, lewat kehadiran pabrik baru tersebut, pihaknya otomatis menjadi perusahaan kemasan internasional pertama yang mendirikan pusat manufaktur di Indonesia.

Ditambahkan pula, selain bakal menyediakan beragam pilihan kemasan terhadap industri tembakau di pasar domestik, pabrik Amcor Jawa Timur juga dipastikan mampu melayani kebutuhan produk kemasan di Indonesia lantaran hadir dengan berbagai inovasi.

Bersamaan dengan itu, bukan tak mungkin hasil produksi pabrik Amcor Jawa Timur akan diekspor sekaligus sebagai sarana bagi Amcor Tobacco Packaging untuk menambah jaringan pemasarannya ke seluruh kawasan Asia.

Patut diketahui, Amcor Tobacco Packaging sejatinya bukan nama baru di pentas bisnis kemasan di Indonesia.

Pasalnya, perusahaan kemasan yang memiliki 23 pabrik di seluruh dunia itu, telah beroperasi sebelumnya di Tanah Air melalui bendera PT Amcor Flexibles Indonesia (pengemasan fleksibel) yang terletak di kawasan Jl. Gatot Subroto, Tangerang.

Bahkan, selama tiga tahun terakhir, Amcor Tobacco Packaging mengklaim bahwa pangsa pasarnya tumbuh secara signifikan di Indonesia.

Di sisi lain, pada Mei lalu, Amcor Limited -induk usaha Amcor Tobacco Packaging yang bermarkas di Melbourne, Australia- resmi mengakuisisi Bella Prima Packaging (salah satu pebisnis penempelan label dan penutup kemasan barang) senilai A$ 27 juta.

Ketika itu, Amcor Limited mengatakan, harga pembelian tersebut sudah termasuk tujuh kali pendapatan Bella Prima Packaging sebelum dikenakan bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (pengurangan nilai aktiva tidak berwujud, seperti merek dagang, hak cipta, dan lain-lain) sepanjang tahun lalu.

Berita-Bisnis mencatat, pembelian Bella Prima Packaging yang memiliki dua pabrik itu, tak lepas dari upaya Amcor Limited untuk menggenjot pertumbuhan keuntungannya lebih dari 20 persen dalam tempo tiga tahun ke depan di pasar domestik. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Bila tak ada aral melintang, Amcor Tobacco Packaging yang
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperbesar kapasitas produksinya, PT Dwi An
(Berita-Bisnis) - Keseriusan Tetra Pak International SA yang bermarkas di L