Berita Bisnis

ELTI GARAP INDONESIA TIMUR DENGAN FRANCHISE

Aktif mempromosikan sistem waralaba. (Foto: Ist)Aktif mempromosikan sistem waralaba. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Melalui sistem waralaba, English Language Training International (ELTI), anak usaha Gramedia Grup, berencana membuka 11 cabang pada tahun 2012.

Untuk itu, salah satu pasar yang akan digarap adalah Indonesia bagian Timur. Itu pula sebabnya, dalam Info Franchise & Business Consept Expo yang berlangsung pada 9-11 Desember di Surabaya, ELTI aktif mempromosikan konsep waralabanya.

Menurut Jerry Udampo, Franchise Director ELTI, biaya yang diperlukan untuk menggenggam hak franchise ELTI mencapai Rp 635 juta. Total biaya itu meliputi franchise fee bangunan sebesar Rp 60 juta, biaya renovasi dan pembelian inventaris serta operasional.

Ditambahkan, untuk franchise fee sendiri, biaya Rp 60 juta sudah mencakup biaya pelatihan sumber daya manusia mulai dari level manager, administrasi hingga guru pengajar.

Kemudian, ada juga sistem royalti tahunan sebanyak 10 persen dari franchise fee yang dibayar setelah bulan ke-7 atau ketika cash flow dianggap lancar. Sedangkan return on investment-nya diproyeksikan selama tiga tahun dengan masa kontrak sampai 10 tahun.

Sampai saat ini, ELTI yang mendapat penghargaan sebagai salah satu lembaga kursus Bahasa Inggris terbaik versi DIKNAS, mengelola 11 cabang milik sendiri yang tersebar, antara lain, di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Lampung, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Surabaya. Cabang yang dibuka berdasarkan sistem franchise baru beroperasi di Makassar. 







Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jika tak ada halangan, pada pertengahan tahun 2014, conve
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka meningkatkan awareness konsumen, PT Michelin
(Berita-Bisnis) - Langkah PT Gramedia Asri Media di pentas bisnis toko buku