Berita Bisnis

SAMPAI 2017, WHITBREAD Plc KELOLA 12 PREMIER INN DI INDONESIA

Terlebih dahulu mengoperasikan 10 hotel hingga akhir tahun 2016. (Foto: Ist)Terlebih dahulu mengoperasikan 10 hotel hingga akhir tahun 2016. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Tanpa perlu perdebatan panjang, semua pihak kiranya pastilah mafhum, bila peningkatan jumlah kelas menengah yang disertai hadirnya layanan maskapai penerbangan murah plus membuncahnya keinginan untuk berwisata, dapat mendorong pertumbuhan bisnis hotel.

Satu kondisi yang tampaknya sedang berlangsung di pasar domestik saat ini. Bahkan, tidak sedikit pula yang optimis, keadaan semacam itu bakal berlangsung cukup lama di masa mendatang. Salah satunya adalah Whitbread Plc. yang berkantor pusat di Dunstable, Inggris.

Buktinya, pemilik jaringan hotel Premier Inn ini telah menyatakan niatnya untuk mengelola kurang lebih 12 hotel di Indonesia hingga tiga tahun ke depan.

Adapun sampai akhir tahun 2016, Whitbread Plc. -via lengan bisnisnya Premier Inn Asia Pacific and South Asia- terlebih dahulu mengoperasikan 10 hotel dengan kapasitas 1.452 kamar.

Kata Erik Van Keulen, Senior Vice President Development Premier Inn Asia Pacific and South Asia, sepuluh hotel tadi diproyeksikan berlokasi di berbagai daerah di Indonesia.

Ambil contoh di Bali. Lewat kerjasama dengan PT Alda Bali Indotel selaku pemilik hotel, Premier Inn Asia Pacific and South Asia berencana membuka Premier Inn Bali Jimbaran berkapasitas 118 kamar, pada kuartal ketiga tahun 2015.

Setelah itu, dalam rentang waktu yang hampir bersamaan, bakal mulai mengelola Premier Inn Yogyakarta (136 kamar) yang berlokasi di kawasan Jl. Laksda Adisutjipt Km 8, Yogyakarta, yang dibangun oleh PT Satoria Prima Persada.

Selanjutnya, Premier Inn Asia Pacific and South Asia akan melanjutkan ekspansinya dengan pengoperasian Premier Inn Denpasar Bali (94 kamar), Premier Inn Surabaya (167 kamar), Premier Inn Makassar (186 kamar), dan Premier Inn Bogor sebanyak 129 kamar.

Kemudian, Premier Inn Samarinda (147 kamar), Premier Inn Benoa Bali (200 kamar), Premier Inn Jakarta Aiport (125 kamar) serta Premier Inn Jakarta Mampang dengan daya tampung 150 kamar. Adapun pada tahun 2017, giliran Premier Inn Solo dan Premier Inn Lombok menyusul dibuka.

Patut diketahui, perluasan sayap bisnis hotel Whitbread Plc. di kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara, sejatinya bermula sejak dua tahun silam.

Ketika itu, tepatnya pada medio Juli 2012, Whitbread Plc. resmi mendirikan hub di Singapura yang merupakan pusat aktifitas bisnisnya yang ketiga di kawasan Asia Pasifik (setelah Dubai dan New Delhi) serta merupakan hub perdana di kawasan Asia Tenggara.

Dan, tak lama berselang, Premier Inn Asia Pacific and South Asia pun sudah menggenggam kepercayaan dari PT Alda Bali Indotel untuk mengelola Premier Inn Bali Jimbaran.

Di sisi lain, Whitbread Plc. saat ini juga dikabarkan sedang merambah pasar hotel bujet di Jerman, seiring rencana pengoperasian Premier Inn berkapasitas 200 kamar di Frankfurt, pada tahun 2015.

Masih di negara yang sama, Whitbread Plc. pun sudah berancang-ancang untuk membuka minimal enam Premier Inn dalam tempo lima tahun ke depan.

Berita-Bisnis mencatat, selain melansir Premier Inn, Whitbread Plc. dikenal luas sebagai pemilik jaringan 2.200 gerai Costa Coffee, 130 gerai restoran Beefeater Grill, 125 gerai Brewers Fayre serta pemilik jaringan gerai Taybarns, low cost restaurant yang mengusung konsep all-you-can-eat. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Daya tarik Bali sebagai tujuan wisata seolah tak pernah h
(Berita-Bisnis) - Ambisi Whitbread Plc. untuk memperkuat penetrasinya di ra
(Berita-Bisnis) - Diklaim sedikit berbeda dengan tempat hiburan lainnya yan