Berita Bisnis

GEDUNG KESENIAN JAKARTA DICAT, ICI PAINTS PERKOKOH POSISI DI SEGMEN DEKORATIF

Program pengecatan diperkirakan bakal berlangsung selama satu bulan. (Foto: Ist)Program pengecatan diperkirakan bakal berlangsung selama satu bulan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Hari ini, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) resmi memulai program pengecatan Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) yang terletak di kawasan Jl. Gedung Kesenian, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Adapun jangka waktunya, diperkirakan bakal berlangsung selama satu bulan.

Dan, asal tahu saja, untuk mengecat gedung teater tertua di Jakarta itu (dibangun pada tahun 1814), ICI Paints Indonesia menggunakan cat Dulux Wearthershiled Powerflexx.

Kata Jun De Dios, Presiden Direktur ICI Paints Indonesia, program pengecatan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility pihaknya sekaligus implementasi dari ide Kota Humanis (Human Cities Iniative) yang dilansir oleh sang prinsipal Akzo Nobel N.V., beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, gagasan Kota Humanis ala Akzo Nobel N. V. itu, sejatinya beranjak dari kepedulian perusahaan multinasional yang bermarkas di Amsterdam, Belanda, ini untuk terus meningkatkan, memberikan energi serta meregenerasi masyarakat perkotaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

ICI Paints Indonesia mengklaim, Dulux Wearthershiled Powerflexx telah dilengkapi dengan teknologi Powerflexx yang memungkinkan cat tersebut memiliki kemampuan merenggang lebih tinggi dibandingkan cat eksterior premium biasa.

Atau dengan kata lain, kualitas elestomeric Dulux Wearthershiled Powerflexx sangat efektif menarik retak rambut pada dinding.

Patut diketahui pula, sebelum mengecat GKJ, ICI Paints Indonesia lebih dahulu sudah melaksanakan program serupa di Museum Fatahilah enam tahun silam. Lantas, pada tahun 2010, menyusul Balai Pemuda Surabaya serta Benteng Rotterdam Makasar.

Dulux Weathershield Powerflexx sendiri adalah varian anyar produk cat yang dirilis oleh ICI Paints Indonesia sejak medio Juni tahun lalu.

Kala itu, ICI Paints Indonesia menegaskan, selain ditopang teknologi Powerflexx (efektif menutup retak rambut sehingga air hujan tidak akan masuk ke dalam lapisan cat dan dinding), Dulux Weathershield Powerflexx juga telah dibekali dengan teknologi Stay Clean (melindungi dari debu dan noda).

Bahkan, lebih dari itu, Dulux Weathershield Powerflexx disebut memiliki kemampuan untuk memantulkan sinar UV yang pada giliran berikutnya mampu mengurangi radiasi panas sekaligus menghemat biaya listrik.

Selebihnya adalah cat yang sudah menggenggam sertifikasi Singapore Green Label ini, juga diklaim tidak mudah mengelupas serta aman dari garam alkali, jamur, dan lumut.

ICI Paints Indonesia diketahui memasarkan Dulux Weathershield Powerflexx dalam dua kemasan, yakni kemasan 2,5 liter (Rp 200 ribu – Rp 300 ribu) dan kemasan 20 liter yang dibanderol seharga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

Berita-Bisnis mencatat, nilai penjualan cat sepanjang tahun lalu diperkirakan telah lebih dari Rp 15 triliun alias naik sekitar 8 persen tinimbang total penjualan tahun 2013.

Dan, dalam kondisi tersebut, berlangsung persaingan yang sangat ketat di antara pebisnis cat, khususnya di segmen cat dekoratif (sekitar 60 persen dari nilai penjualan tahun lalu), yang melibatkan, antara lain, PT Nippon Paint Indonesia (Vinilex), PT Avia Avian (Avitex) serta ICI Paints Indonesia yang melansir merek Dulux dan Catylac.

Kendati begitu, hingga akhir tahun 2014, baik Dulux maupun Catylac diketahui masih mendominasi arena bisnis cat dekoratif di pasar domestik.

Dengan demikian, promosi Dulux Wearthershiled Powerflexx via Human Cities Iniative, kuat diduga masih merupakan strategi dari ICI Paints Indonesia untuk memperkokoh posisinya di bisnis cat segmen dekoratif di Indonesia. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperbanyak pilihan yang ditawarkan ke kons
(Berita-Bisnis) - Berbekal dana investasi sebanyak US$ 62 juta, PT Jotun In
(Berita-Bisnis) - Dengan asumsi pertumbuhan industri cat bakal bertumbuh se