Berita Bisnis

PERKUAT POSISI, SOHO RANGKUL QUADRIA CAPITAL

Mendorong perluasan portofolio beragam produk yang dimilikinya. (Foto: Ist)Mendorong perluasan portofolio beragam produk yang dimilikinya. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Ambisi PT SOHO Global Health untuk menjadi salah satu pebisnis farmasi dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia serta di kawasan Asia Tenggara, sepertinya bukanlah pepesan kosong.

Buktinya, SOHO Global Health baru saja berhasil menjalin kerjasama investasi dengan Quadria Capital Fund L.P. (Quadria Capital) yang berkantor di Nankin Row, Singapura.

Kata Rogelio La O’, CEO dan Presiden Direktur SOHO Global Health, lewat kemitraan tersebut, pihaknya pun kini telah berada pada titik penting dalam rangka memantapkan diri sebagai pemimpin dalam penyediaan obat-obatan berkualitas tinggi.

Ditambahkan pula, melalui kerjasama investasi itu, pihaknya juga berharap bakal mampu mendorong perluasan portofolio beragam produk yang dimilikinya di kemudian hari, baik melalui jaringan pemasaran internal maupun lewat dukungan jaringan hubungan bisnis global Quadria Capital Fund L.P.

Perlu diketahui, kolaborasi dengan Quadria Capital Fund L. P. merupakan kolaborasi kedua yang telah dilakoni SOHO Global Health, hingga saat ini.

Sebelumnya, pada tahun 2013, SOHO Global Health sukses merangkul Fresenius Kabi AG Jerman untuk menjadi pemegang 51 persen saham anak usahanya yang bernama PT Ethica Industri Farmasi.

Dan, pada saat itu, SOHO Global Health juga menginformasikan, sebagian dana dari aksi pelepasan saham tersebut (sekitar US$ 60 juta) akan digunakan untuk membangun pabrik seluas 4,3 hektar di Jababeka, dengan perkiraan volume produksi obat-obatan mencapai 100 juta unit per tahun alias lebih besar 30 persen dari pabrik Ethica Industri Farmasi yang beroperasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Asal tahu saja, Fresenius Kabi AG adalah perusahaan farmasi Jerman yang dikenal luas sebagai produsen obat injeksi/I.V. (Intra Venous), generik, terapi infus, produk nutrisi klinis, dan peralatan kesehatan.

Sedangkan Quadria Capital Fund L. P., pada tahun 2013, diketahui sudah menggenggam mayoritas saham Medica Synergie Private Limited, pemilik jaringan rumah sakit Medica di kawasan India Timur.

Aksi yang digelar oleh Quadria Capital Fund L. P. bersama DEG dan Swedfund itu, bertujuan mendongkrak penyediaan lebih dari 1,300 tempat tidur sekaligus layanan kesehatan yang ditawarkan oleh Medica.

Dalam operasionalnya, SOHO Global Health ditopang dua bisnis unit utama, yakni unit bisnis komersil serta unit bisnis healthcare dengan hasil produksi berupa produk obat-obatan alami dan herbal, alat kesehatan, perdagangan bahan baku serta layanan pemasaran maupun logistik. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Guna mengantisipasi pertumbuhan bisnis farmasi di Indones
(Berita-Bisnis) - Guna mengembangkan usaha koperasi dan Usaha Kecil Menenga
(Berita-Bisnis) - PT Pfizer Indonesia akhirnya resmi menyelesaikan program