Berita Bisnis

GANDENG NAKAMURA, SAMPOERNA PRODUKSI BODI TRUK BERBAHAN KAYU

Fokus untuk pengembangan, perakitan sekaligus pemasaran bodi truk berbahan baku kayu di Indonesia. (Foto: Ist)Fokus untuk pengembangan, perakitan sekaligus pemasaran bodi truk berbahan baku kayu di Indonesia. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Tidak lama lagi, dari pabriknya yang berlokasi di Jambi, Samko Timber Ltd. yang bermarkas di The Plaza, Beach Road, Singapura, dipastikan bakal mulai memproduksi bodi truk berbahan baku kayu.

Untuk itu, lewat lini bisnisnya berlabel Samko Trading Pte. Ltd., Samko Timber Ltd. telah menjalin kemitraan dengan NS Trading Co. Ltd., Jepang (Nakamura), afiliasi Nakamura Shinko, Jepang.

Kata Aris Sunarko, CEO Samko Timber Ltd., kemitraan tadi kemudian diwujudkan lewat pembentukan perusahaan patungan (joint venture) baru bernama PT Nusantara Mitra Sejahtera.

Ditambahkan, Nusantara Mitra Sejahtera bakal fokus untuk pengembangan, perakitan sekaligus pemasaran bodi truk berbahan baku kayu tersebut di pasar domestik. Adapun konsep bodi truknya diklaim mengikuti konsep bodi truk Jepang (big panel).

Samko Timber Ltd. menginformasikan, pihaknya menguasai 60 persen saham Nusantara Mitra Sejahtera yang didanai melalui sumber daya internal. Sementara sisanya menjadi milik Nakamura Shinko, Jepang.

Berita-Bisnis mencatat, Samko Timber Ltd. yang terdaftar di Bursa Singapura, beroperasi sejak 1978. Belakangan, pada 2006, mendapatkan suntikan dana dari Sampoerna Forestry Ltd. yang dikendalikan oleh Putera Sampoerna.

Dalam operasionalnya sendiri, Samko Timber Ltd. dikenal luas sebagai investment holding company yang fokus kepada upaya integrasi sumber daya kayu yang berkelanjutan dengan berbagai produk kayu olahannya.

Samko Timber Ltd. mengoperasikan dua lini bisnis utama, yaitu PT Sumber Graha Sejahtera yang berkecimpung dalam bisnis manufaktur dan penjualan produk kayu olahan primer (kayu lapis umum, laminasi, veneer, produk kayu olahan sekunder untuk truk, bagian tubuh piano plus decking) serta Samko Trading Pte. Ltd. yang berperan sebagai pemasar beragam produk keluaran Sumber Graha Sejahtera maupun pihak ketiga.

Masih lewat Sumber Graha Sejahtera, Samko Timber Ltd. juga menaungi beberapa entitas bisnis, seperti PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk, Perfect Crops Ltd., PT Makmur Alam, PT Panca Usaha Palopo, PT Putra Sumber Utama Timber, PT Sejahtera Usaha Bersama serta PT Sumber Graha Sejahtera Indonesia.

Di saat yang sama, Samko Timber Ltd. mengoperasikan tujuh pabrik (kayu lapis, veneer, olahan kayu lapis, resin) yang tersebar di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Asal tahu saja, di Pulau Sumatera, Samko Timber Ltd. memiliki satu hutan tanaman industri seluas 9,400 hektar dan delapan konsesi lahan di Pulau Kalimantan, yang terdiri dari empat hutan tanaman industri (125 ribu hektar) serta empat konsesi penebangan hutan alam seluas 450 ribu hektar.

Patut pula diketahui, melalui Sumber Graha Sejahtera, Samko Timber Ltd. sebenarnya sudah menerapkan teknologi terbaru yang memenuhi standar internasional di bidang perkayuan, yaitu impregnasi fenol molekul rendah (kayu olahan lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan oleh serangga) plus water boiling proof yang berguna untuk teknik perekatan di bagian eksterior bak truk. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Didorong penjualan kategori fragnance yang sebesar Rp 287
(Berita-Bisnis) - Diklaim sebagai solusi terhadap tingginya permintaan tepu
(Berita-Bisnis) - Setelah melalui riset marketing intensif selama dua tahun