Berita Bisnis

HAPPYFRESH RAMAIKAN BISNIS LAYANAN PENGIRIMAN BARANG BELANJA

Saat ini, lebih fokus melayani pembelian grocery yang tersedia di 27 gerai Ranch Market dan Farmers Market. (Foto: Ist)Saat ini, lebih fokus melayani pembelian grocery yang tersedia di 27 gerai Ranch Market dan Farmers Market. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Tak lama lagi, pertarungan para pelaku usaha layanan pengiriman barang belanja di ranah bisnis e-commerce, khususnya yang berkaitan dengan bahan pangan (grocery), diperkirakan bakal semakin sengit.

Bagaimana tidak, setelah melansir aplikasi HappyFresh di Malaysia pada awal Maret lalu, iCart Malaysia Sdn. Bhd. kembali memperkenalkan aplikasi serupa di pasar domestik, baru-baru ini.

Dan, sebagaimana halnya di negara jiran tersebut, HappyFresh di Indonesia pun mengungkapkan janji yang sama, yaitu bakal mengantarkan grocery atau bahan makanan pesanan para pelanggan yang dibeli dari supermarket dalam tempo satu jam.

Kata Fajar Budiprasetyo, Co-Founder dan CTO HappyFresh, aplikasi mobile tersebut telah tersedia di platform Android dan iOS.

Ditambahkan, HappyFresh hadir sebagai solusi terhadap kebutuhan penduduk urban akan makanan yang sehat di tengah padatnya jadwal yang dimiliki.

Patut diketahui pula, sampai sekarang, aplikasi HappyFresh lebih fokus melayani pembelian bahan grocery yang tersedia di 27 gerai Ranch Market dan Farmers Market, yang berada dalam naungan PT Supra Boga Lestari Tbk.

Kelak, jika tak ada halangan, HappyFresh pun berupaya menambah dua atau tiga jaringan grocery retailer yang baru hingga akhir tahun ini.

HappyFresh menegaskan, biaya pengiriman grocery atau bahan makanan sangat tergantung kepada nilai total belanja pelanggan.

Artinya, bila nilai total belanja kurang dari Rp 400 ribu, maka pelanggan akan dibebani biaya pengiriman selama satu jam sebesar Rp 50 ribu. Sementara itu, untuk nilai belanja dengan nominal lebih dari Rp 400 ribu, cukup membayar biaya sebanyak Rp 30 ribu.

Adapun untuk total belanja di atas Rp 700 ribu, HappyFresh tidak akan meminta pungutan biaya pengiriman apa pun alias gratis.

Di sisi lain, berkaitan dengan cara pembayaran, HappyFresh disebut menerima pembayaran via kartu kredit, dengan catatan tanda penerimaannya bakal dikirim ke email pemesan.

Dan, berhubung pengantar pesanan dari HappyFresh selalu dibekali satu smartphone, maka pemesan atau pelanggan -yang bisa menjadwalkan pengiriman bahan makanan beberapa hari sebelumnya- diwajibkan untuk membubuhkan tanda tangan saat transaksi sudah selesai.

iCart Malaysia Sdn. Bhd. sendiri beroperasi sejak medio Oktober 2014 dan saat ini berbasis di dua kantor yang berlokasi di Medan Syed Putra, Kuala Lumpur, Malaysia, serta di Wisma Aria, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam catatan Berita-Bisnis, HappyFresh akan bersaing dengan beberapa pebisnis serupa yang telah hadir lebih dulu di pentas bisnis layanan pengiriman grocery, antara lain, LOF Mart kreasi Greenweb Indonesia, PasarMinggu.co yang memposisikan dirinya sebagai online store yang menyediakan bahan segar setiap hari plus Mella’s Grocery besutan Mella Susantika yang berdiri pada awal 2014. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyambut usianya yang ke-14, situs belanja
(Berita-Bisnis) - Diklaim bersifat sederhana, tanpa pewangi-pewarna-deterje
(Berita-Bisnis) - PT Supra Boga Lestari Tbk akhirnya resmi mengoperasikan g