Berita Bisnis

INI DIA TREN MOBILE MARKETING 2012 VERSI BUZZCITY

Memberikan prediksi mobile marketing 2012. (Foto: Ist)Memberikan prediksi mobile marketing 2012. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Bagi pebisnis dari sektor industri mana pun, hasil pengamatan dan riset dari BuzzCity ini, patutlah untuk disimak dan diperhatikan dengan seksama. Apalagi jika selama ini memanfaatkan internet sebagai sarana kampanye.

Mari lihat apa yang dikatakan penyedia jaringan iklan dan layanan khusus untuk situs mobile global yang memiliki kantor representatif di Jakarta itu.

Pertama, pada tahun 2012, para pemasar sebaiknya jangan terlalu pusing memikirkan teknis teknologi atau platform khusus untuk berkampanye di dunia maya. Pakai saja mobile internet secara umum.

Atau, bisa juga memberikan perhatian khusus kepada format HTML5, karena platform yang satu ini sanggup memberikan pengalaman yang kaya seperti layaknya aplikasi. Namun, berhubung belum banyak telepon seluler (ponsel) yang dilengkapi dengan teknologi tersebut, maka sebaiknyalah kembali ke mobile internet secara umum.

Yang kedua, menurut KF. Lai, CEO BuzzCity, media tablet kemungkinan besar tidak akan menggerogoti pasar personal computer, laptop maupun ponsel. Justru yang terjadi adalah terbentuknya ekosistem baru seiring dengan kebiasaan penggunaan media baru tersebut.

Diduga, dengan kehadiran games dan aplikasi lain yang lebih banyak lagi di tahun 2012, maka hal itu bakal sangat berpengaruh terhadap pola konsumsi konsumen melalui media tablet.

Ketiga, m-commerce diproyeksikan bakal semakin berkembang sebab fasilitas ini semakin diminati banyak konsumen. Lebih dari itu, m-commerce pun memberikan kemudahan bagi merchant. BuzzCity bahkan mengklaim mobile internet ditambah kupon dan pembayaran mobile adalah sebuah winning formula.

Masih berkaitan dengan poin ketiga, faktor keempat yang perlu dipertimbangkan adalah fasilitas m-commerce memungkinkan para pemilik bisnis kecil mengambil manfaat nyata dari kehadiran social media, khususnya di pasar yang berkembang.

Kelima, jika regulator memperhatikan hal-hal di atas dan kemudian menyediakan aturan yang mendukung aktifitas m-commerce, maka bisa dipastikan m-commerce akan menjadi alat transaksi yang sangat populer.

BuzzCity mengambil contoh pasar di Amerika Serikat. Dengan dukungan regulasi yang memadai, bisnis e-commerce (penjualan online, katalog, mobile) di negara Paman Sam itu tercatat menguasai pangsa pasar lebih dari 40 persen dari total hasil penjualan di banyak sektor industri.

Itulah lima hal tren mobile marketing yang patut dicermati di tahun 2012, kata BuzzCity.

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyambut usianya yang ke-14, situs belanja
(Berita-Bisnis) - Mengantisipasi meluasnya penetrasi smartphone yang dileng
(Berita-Bisnis) - Bila tak ada aral melintang, maka selama dua hari (25-26