Berita Bisnis

SINAR TAMBANG GELAR SOFT OPENING PABRIK SEMEN BIMA

Ditawarkan dalam dua kemasan. (Foto: Ist)Ditawarkan dalam dua kemasan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Setelah menempuh proses berliku dan cukup panjang sejak tiga tahun silam, PT Sinar Tambang Arthalestari hari ini akhirnya resmi menggelar soft opening pabrik semennya yang terletak di Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah.

Dan, asal tahu saja, pembangunan pabrik yang menghasilkan semen merek Bima itu, diproyeksikan selesai seluruhnya pada Oktober mendatang.

Kata Urip Timuryono, Komisaris Sinar Tambang Arthalestari, kehadiran pabrik tersebut diharapkan mampu menopang implementasi beragam program pemerintah yang ingin menggenjot pembangunan sektor infrastruktur.

Dijelaskan pula, pihaknya memperkirakan total dana investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 2,3 triliun.

Adapun kapasitas produksinya sendiri diproyeksikan mencapai 5 juta ton semen per tahun. Namun, jangan salah, kapasitas produksi tadi (setara 15 ribu ton per hari) ditargetkan terwujud dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Sedangkan pada tahap awal, Sinar Tambang Arthalestari terlebih dahulu memproduksi semen Bima sebanyak 3 ribu ton per hari. Setelah itu, kapasitasnya bakal dikerek menjadi 7 ribu hingga 8 ribu ton per hari.

Mengingat tingginya jumlah kebutuhan semen secara nasional yang diestimasikan mencapai 80 juta sampai 120 juta ton per tahun, Sinar Tambang Arthalestari pun optimis semen Bima kelak bisa menyumbang sekitar 4-5 persen dari total kebutuhan semen tersebut.

Persisnya, saat kapasitas produksi pabrik semen Bima berada di kisaran 5 juta ton per tahun pada 2017.

Patut diketahui, Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang mencerminkan kebutuhan lahan untuk penambangan bagi pabrik semen Bima berkisar antara 300 hektar hingga 900 hektar.

Dan, saat ini, Sinar Tambang Arthalestari sudah menguasai lahan seluas 360 hektar yang berada di dua kecamatan di Banyumas, yakni di Ajibarang dan Gumelar.

Berita-Bisnis mencatat, melalui pabrik itu, Sinar Tambang Arthalestari bakal memasarkan semen Bima PPC (Portland Pozzolan Cement) yang dapat digunakan untuk aplikasi konstruksi umum, seperti rumah, jalan raya, pekerjaan beton, pasangan bata dan bisa juga dipakai untuk proyek bendungan, jembatan, dermaga, bangunan irigasi maupun bangunan tepi laut.

Sinar Tambang Arthalestari -bagian dari Pan Asia Group- menawarkan semen Bima dalam dua kemasan, yaitu kemasan 40 kilogram dan kemasan 50 kilogram. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari rencana penambahan sembilan unit batc
(Berita-Bisnis) - Jika tak ada halangan maka pada medio Januari tahun 2014,
(Berita-Bisnis) - Beranjak dari kesamaan visi yang mengedepankan konsep kon