Berita Bisnis

DENGAN ESSENTIALS, USANA RAMAIKAN BISNIS PENJUALAN LANGSUNG DI INDONESIA

Terlebih dahulu memperkenalkan produk andalannya yang bernama Essentials. (Foto: Ist) Terlebih dahulu memperkenalkan produk andalannya yang bernama Essentials. (Foto: Ist) (Berita-Bisnis) - Lima tahun silam, Euromonitor International pernah merilis data tentang nilai bisnis penjualan langsung (direct selling) di pasar domestik.

Dan, menurut lembaga riset consumer markets terkemuka ini, nilai bisnis direct selling di Indonesia, ketika itu, sudah lebih dari Rp 14 triliun, dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 7 persen sampai 8 persen per tahunnya.

Sementara bila ditilik dari jenis produk yang dijajakan, sebagian besar pencapaian tersebut berasal dari penjualan produk kesehatan yang sebanyak 60 persen.

Di peringkat kedua, menyusul produk kecantikan dengan kontribusi sebesar 15 persen. Adapun sisanya, bersumber dari produk suplemen lainnya.

Lantas, pada medio April 2015, USANA Health Sciences Inc. yang bermarkas di Utah, Amerika Serikat, melansir pengumuman dengan 'nada' yang kurang lebih sama, yaitu Indonesia telah berhasil masuk ke dalam daftar direct selling's billion dollar market pada 2011, dengan total penjualan mencapai US$ 1 miliar alias tumbuh 10 persen ketimbang total penjualan tahun sebelumnya.

Bersamaan dengan itu, USANA Health Sciences Inc. juga mencatat, sekitar 8,3 juta penduduk di Indonesia tercatat sebagai agen penjual langsung.

Di sisi lain, dalam pandangan perusahaan nutrisi global berbasis network marketing tersebut, tingkat pertumbuhan golongan kelas menengah Indonesia juga diperkirakan bakal meningkat sampai dua kali lipat dalam tempo lima tahun ke depan.

Alhasil, guna memanfaatkan momentum itu, USANA Health Sciences Inc. pun resmi mengoperasikan kantor cabangnya yang berlokasi di Menara Jamsostek, Jl. Jend. Gatot Subroto, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, pada pekan ini.

Kata Dan Whitney, Vice President of Ethics and Market Expansion USANA Health Sciences Inc., sampai saat ini, Indonesia terhitung sebagai pasar ke-20, di luar Amerika Serikat.

Ditambahkan pula, selain berfungsi menjadi tempat pertemuan para distributor, kantor cabang tadi, yang bernaung di bawah bendera PT Usana Health Sciences Indonesia, juga bakal dipakai sebagai pusat pengiriman barang (will-call center).

Sementara itu, untuk produk yang akan ditawarkan ke pasar domestik, USANA Health Sciences Inc. terlebih dahulu memperkenalkan produk andalannya yang bernama Essentials.

USANA Health Sciences Inc. mengatakan, Essentials adalah produk suplemen yang memiliki banyak keunggulan, yakni mengandung antioksidan, mampu meningkatkan stamina, metabolisme, serta bisa merawat kulit agar terlihat lebih sehat sekaligus bercahaya.

Lebih dari itu, Essentials yang disebut telah dikonsumsi oleh lebih dari 700 atlet kelas dunia, juga dikenal ampuh melawan stres akibat penuaan.

Kelak, seperti yang sudah direncanakan semula, USANA Health Sciences Inc. pun berniat meluncurkan produk suplemen yang mengincar segmen anak-anak. Persisnya, pada tahun depan.

Perlu diketahui, hingga saat ini, via Usana Health Sciences Indonesia, USANA Health Sciences Inc. telah berhasil menggandeng lebih dari 500 distributor di pasar domestik. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan: