Berita Bisnis

SMARTCLUB, GERAI GROSIR MATAHARI PUTRA PRIMA, BEROPERASI DI TANGERANG

Menjanjikan beberapa keunggulan. (Foto: Ist)Menjanjikan beberapa keunggulan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Rencana PT Matahari Putra Prima Tbk untuk menghadirkan sebuah pusat belanja yang menyasar para pedagang besar (wholesalers), yang pernah diungkapkan pada medio Mei lalu, akhirnya terwujud juga pada pekan ini.

Persisnya, pusat belanja grosir bertajuk SmartClub itu, resmi dioperasikan di pusat perbelanjaan Metropolis Town Square, Tangerang, Banten.

Kata Emi Nuel, Direktur SmartClub Operations - Matahari Putra Prima, pusat belanja baru tersebut menempati areal seluas 11 ribu meter persegi serta terbagi dalam beberapa zona berdasarkan jenis barang yang dijajakan.

Ambil contoh, tambahnya, produk bukan makanan menempati area seluas 2 ribu meter persegi. Sementara untuk fresh food seluas 3 ribu meter persegi.

Adapun produk-produk yang tergolong tipe grosir, yang mendominasi SmartClub Metropolis Town Square, dipajang di area seluas 6 ribu meter persegi.

Di sisi lain, sebanyak 70 persen dari berbagai produk yang ditawarkan tadi, sejatinya bisa diperoleh di Hypermart, gerai hypermarket yang juga berada dalam kendali Matahari Putra Prima. Sedangkan sisanya, dipastikan tidak dapat ditemukan di Hypermart.

SmartClub Operations menginformasikan, selain bisa dibeli secara eceran, beragam produk tersebut juga dapat diperoleh dalam bentuk kartonan.

Ke depan, minimal hingga 2016, Matahari Putra Prima pun sudah menyiapkan rencana penambahan lima gerai SmartClub yang diproyeksikan berlokasi di kawasan Jabodetabek (2 gerai) plus masing-masing satu gerai di Sulawesi, Sumatera, dan di Nusa Tenggara Barat.

Berita-Bisnis mencatat, kendati mengusung tagline Bukan Grosir Biasa serta menjanjikan beberapa keunggulan, seperti cara pembayaran yang lengkap, layanan antar, fasilitas tanya jawab dengan ahlinya mengenai strategi untuk meningkatkan penjualan, dan food solution center, SmartClub diduga tidak mudah untuk melenggang di ranah bisnis ini.

Maklumlah, jauh sebelumnya, para pelaku usaha lainnya sudah lebih dulu mengoperasikan gerai sejenis, seperti LotteMart Whosale yang dioperasikan PT Lotte Shopping Indonesia, SaveMax yang diluncurkan PT Emporium Indonesia maupun Greserindo Carrefour yang dibesut oleh PT Trans Retail Indonesia, pemilik jaringan gerai Carrefour Indonesia.

Dan, sampai saat ini, baik Lotte Shopping Indonesia, Emporium Indonesia, serta Trans Retail Indonesia, diketahui telah menghadirkan lebih dari satu gerai pusat grosir.

Kendati demikian, SmartClub sendiri sudah mengungkapkan ambisinya untuk tetap memperluas penetrasinya agar kelak mampu memberikan kontribusi positif kepada Matahari Putra Prima, sang induk usaha. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jamak terjadi dan seolah diamini, jadwal peluncuran sebua
(Berita-Bisnis) - Di samping fokus ke pasar domestik, PT Trans Retail Indon
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari rencana pembukaan 15 sampai 20 gerai