Berita Bisnis

LEWAT ACHILLES, MULTISTRADA ARAH SARANA RAIH PRIMANIYARTA

Sebagian besar diekspor ke lebih dari 90 negara tujuan. (Foto: Ist)Sebagian besar diekspor ke lebih dari 90 negara tujuan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Bagi PT Multistrada Arah Sarana Tbk, menerima penghargaan Primaniyarta yang dilansir oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sepertinya bukanlah hal yang baru.

Pasalnya, produsen ban mobil penumpang Achilles dan ban motor Corsa ini, telah pernah meraih penghargaan serupa beberapa tahun silam.

Persisnya, selama tiga tahun berturut-turut (2010-2011-2012), Multistrada Arah Sarana -via Achilles- dianugerahi Primaniyarta dalam kategori Pembangun Merek Global.

Lantas, satu tahun kemudian, dan masih lewat merek yang sama, Multistrada Arah Sarana menggenggam Primaniyarta dalam kategori Eksportir Berkinerja.

Adapun yang terbaru, Achilles kembali dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Primaniyarta 2016 dalam kategori Eksportir Pembangun Merek Global.

Kata Direktur Multistrada Arah Sarana, Uthan M. Sadikin, pihaknya merasa gembira serta bangga lantaran ban mobil penumpang Achilles terbukti mampu memperoleh penghargaan yang prestius bagi para eksportir tersebut.

Ditambahkan pula, melalui penghargaan tadi, Multistrada Arah Sarana pun bakal berupaya semakin keras lagi untuk memboyong merek Achilles ke pasar manca negara.

Atau, dengan kata lain, Multistrada Arah Sarana ingin penetrasi Achilles dan Corsa di pasar ekspor, kelak bisa lebih kuat sekaligus konsisten.

Berita-Bisnis mencatat, Primaniyarta adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi teladan bagi eksportir lain.

Oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional sendiri, Primaniyarta digelar setiap tahun dengan menyertakan beragam parameter penilaian terhadap kinerja masing-masing eksportir.

Hingga medio Juni lalu, pabrik Multistrada Arah Sarana yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 55 hektar, memiliki kapasitas produksi sebanyak 10 juta unit ban mobil penumpang serta 6 juta unit ban motor per tahun.

Dan, asal tahu saja, sekitar 70 persen hasil produksi ban mobil tadi diekspor ke lebih dari 90 negara tujuan. Sisanya, dijajakan di pasar domestik. Sementara untuk Corsa, sebagian besar dipasarkan di dalam negeri.

Patut diketahui pula, sepanjang tahun lalu, nilai penjualan bersih konsolidasi Multistrada Arah Sarana tercatat sebanyak USD 237 juta.

Sedangkan sampai akhir tahun nanti, pendapatannya diharapkan tumbuh sebesar 10-15 persen dengan menyesuaikan kapasitas produksi via debottlenecking project. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka mewujudkan ambisinya sebagai Bank Devisa dal
(Berita-Bisnis) - Semaraknya bisnis segmen kendaraan sport utility vehicle
(Berita-Bisnis) - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII yang dilangsungkan