Berita Bisnis

OPERASIKAN SMARTCLUB MATARAM, MATAHARI PUTRA PRIMA PACU KONTRIBUSI PASAR GROSIR

Menyasar segmen Horeka, pedagang, penyedia layanan, maupun perkantoran. (Foto: Ist)Menyasar segmen Horeka, pedagang, penyedia layanan, maupun perkantoran. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Sepanjang tahun lalu, sebagaimana tercermin dalam annual report-nya, PT Matahari Putra Prima Tbk sejatinya sedang berupaya keras merealisasikan misinya menjadi peritel multi-format nomor satu di pasar domestik.

Lantas, dalam operasionalnya, misi itu dielaborasi ke dalam lima langkah strategis bertajuk Lima Pilar Pertumbuhan, yang mencakup penciptaan format ritel baru, percepatan pengembangan jaringan gerai, kehadiran manajemen ritel yang berkelanjutan, renovasi, serta pembukaan channel anyar.

Adapun wahana yang dipakai untuk mewujudkannya adalah lini bisnis ritelnya dengan label MPPA Retail Group yang menaungi Hypermart, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health & Beauty, FMX (Foodmart Xpress convenience store), dan divisi grosir (B2B dan SmartClub).

Kelak, jika misi tadi berjalan mulus, Matahari Putra Prima pun yakin posisinya sebagai peritel multi-format nomor satu di Indonesia, bakal semakin kokoh.

Di saat yang sama, peritel yang merupakan bagian dari Lippo Group ini, juga optimistis akan mampu meraih pertumbuhan sekaligus mencetak pendapatan yang berkelanjutan di masa depan.

Dengan demikian, bukan hal aneh, jika MPPA Retail Group tampak giat membuka berbagai gerai anyar sepanjang tahun lalu.

Buktinya, dari Januari hingga medio Desember 2015, MPPA Retail Group sudah mengoperasikan 33 gerai baru yang terdiri dari 9 Boston Health & Beauty, 7 Hypermart, 2 Foodmart, 14 FMX, serta 1 SmartClub yang menyasar segmen hotel-restoran-katering (Horeka), pedagang, penyedia layanan, maupun perkantoran.

Dan, khusus untuk SmartClub, gerai perdananya seluas (area bruto) 8.309 meter persegi telah dibuka di Metropolis Town Square, Tangerang, pada pertengahan Desember 2015.

Belakangan, persisnya pekan terakhir Mei 2016, MPPA Retail Group kembali menghadirkan SmarClub ke-2 seluas 8.130 meter persegi di Mall GTC Makassar, Tanjung Bunga, Makassar.

Sementara yang terbaru, dengan memanfaatkan area yang dulunya dikenal sebagai lokasi Hypermart Central Plaza Mataram, MPPA Retail Group resmi mengoperasikan SmartClub Mataram yang berada di bilangan Jl. A. A. Gde Ngurah Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kata Director of Wholesale Operations Matahari Putra Prima, Emi Nuel, kehadiran gerai SmartClub anyar itu erat kaitannya dengan kondisi ekonomi dan juga peluang pasar di wilayah setempat.

Dijelaskan pula, dengan berbagai penawaran dan layanan yang berkualitas, pihaknya yakin SmartClub Mataram -gerai ke-3 SmartClub sampai saat ini- akan mampu mencetak omset sebesar Rp 15 miliar per bulan, mulai awal 2017.

Berita-Bisnis mencatat, langkah MPPA Retail Group untuk menggarap pasar grosir (wholesale), tampaknya tidak akan berhenti begitu saja.

Maklumlah, seperti tercantum dalam laporan tahunan 2015, hingga akhir medio Desember lalu, sekitar 16 persen bisnis Matahari Putra Prima disebut berasal dari pendapatan B2B.

Dan, ke depan, kontribusi tersebut akan dipacu semaksimal mungkin. Makanya, dalam rangka mencetak pendapatan yang berkelanjutan di masa depan, MPPA Retail Group sendiri masih berniat menghadirkan lagi 3 sampai 4 gerai baru SmartClub.

Namun, tentu saja, pembukaan gerai anyar SmartClub di kota baru atau di kota dengan tingkat penetrasi minim itu, diklaim terlebih dahulu melalui studi kelayakan yang terukur agar target arus kas positif pada tahun pertama dengan tingkat pengembalian modal dalam jangka waktu lima tahun, bisa tercapai. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Hari ini, bertempat di Epiwalk, superblok Rasuna Epicentr
(Berita-Bisnis) - Di samping fokus ke pasar domestik, PT Trans Retail Indon
(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari rencana pembukaan 15 sampai 20 gerai