Berita Bisnis

NIRVANA AKUISISI GORONTALO MALL

Kini menaungi 14 pusat perbelanjaan. (Foto: Ist)Kini menaungi 14 pusat perbelanjaan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Keputusan PT Nirvana Development Tbk untuk menjalin kemitraan dengan global private equity Warburg Pincus LLC pada medio Februari 2015, sejatinya merupakan langkah yang sangat strategis.

Bagaimana tidak. Dari kerjasama itu, Nirvana Development memperoleh komitmen dana segar hingga US$ 125 juta. Bahkan, tersedia pula opsi investasi tambahan sampai US$ 75 juta.

Lantas, lewat kolaborasi yang sama, Nirvana Development dan Warburg Pincus LLC juga sepakat membentuk entitas anyar berlabel PT Nirvana Wastu Pratama (65 persen sahamnya digenggam oleh Nirvana Development), yang mengincar mal-mal yang berbasis hypermarket di kota-kota kelas dua dan tiga di Indonesia.

Hasilnya, pada Juni tahun lalu, Nirvana Wastu Pratama -via anak usahanya PT Nirvana Wastu Pradana- resmi mengakuisisi Supermall Cianjur yang dikembangkan oleh PT Griya Pesona Mentari dengan bekal dana sebesar Rp 73,97 miliar.

Selang dua bulan, Nirvana Wastu Pratama -via anak usahanya PT Nirvana Wastu Utama- kemudian membeli Supermall Sukabumi senilai Rp 135,3 miliar dari pengembang yang sama.

Sedangkan pada medio Juni 2017, serta kembali melalui Nirvana Wastu Pratama, Nirvana Development resmi mengambilalih kepemilikan Gorontalo Mall dan Maqna Hotel Gorontalo yang berada dalam naungan PT Primerindo Kencana.

Kata Direktur Keuangan Nirvana Development, Timothy Alamsyah, nilai pengambilalihan kepemilikan 100 persen saham Primerindo Kencana tersebut mencapai Rp 48,7 miliar.

Ditambahkan pula, akuisisi itu sekaligus menjadi corporate action pertama yang digelar pada tahun ini.

Berita-Bisnis mencatat, Gorontalo Mall adalah pusat perbelanjaan kedua sekaligus terbesar di Gorontalo dengan luas area sewa bersih (net leasable area) mencapai 20,500 meter persegi.

Lebih dari itu, mal setinggi 3 lantai yang mulai beroperasi pada medio Desember 2011 ini terletak di kawasan Jalan Sultan Botutihe, Gorontalo (Gorontalo Business Park), yang juga merupakan lokasi beroperasinya Maqna Hotel berkasitas 176 kamar yang dibuka sejak November 2012.

Patut juga diketahui, akuisisi terhadap Gorontalo Mall otomatis membuat portofolio pusat perbelanjaan Nirvana Development saat ini menjadi 14 mal.

Maklumlah, Nirvana Development sebelumnya telah menaungi Cirebon Super Block, The Park Solo, Supermall Cianjur, Supermal Sukabumi, Plaza Jembatan Merah Bogor, dan Kutabumi Junction Tangerang.

Plus Citimall Baturaja (Ogan Komering Ulu), Citimal Lahat, Citimall Prabumulih, Borneo City Sampit, Borneo City Ketapang, Citimall Kuala Kapuas (Kalimantan Tengah), serta Borneo Mall Pangkalan Bun. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jamak terjadi dan seolah diamini, jadwal peluncuran sebua
(Berita-Bisnis) - Setelah mengelola Favehotel Wachid Hasyim, Kemang, Pasar
(Berita-Bisnis) - Setelah membuka secara resmi Ibis Styles Bali Benoa dan I