Berita Bisnis

EKSPANSI NUSANTARA SEJAHTERA RAYA DI RANAH BISNIS BIOSKOP TERUS BERLANJUT

Mendominasi ranah bioskop di pasar domestik. (Foto: Ist)Mendominasi ranah bioskop di pasar domestik. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Dibanding pelaku usaha bioskop lainnya, langkah ekspansi PT Nusantara Sejahtera Raya hingga saat ini tampak seolah tak tertandingi.

Bagaimana tidak. Sepanjang tahun lalu, pemilik dan pengelola jaringan bioskop Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, dan IMAX, ini sukses menghadirkan gerai-gerai baru di berbagai lokasi.

Ambil contoh, pada medio Februari tahun lalu. Ketika itu, Nusantara Sejahtera Raya meluncurkan gerai anyar Cinema XXI di Ambon City Center. Tak lama berselang, Cinema XXI dan The Premiere pun dilansir di Mantos 3 Manado.

Lantas, pada Mei 2016, Cinema XXI dibuka di Metropolitan Mall Cileungsi dengan kapasitas 7 studio deluxe, yang merupakan gerai Cinema XXI ke-11 yang beroperasi di area komersil Bogor.

Masih di bulan yang sama, Nusantara Sejahtera Raya kembali membuka gerai baru Cinema XXI di Bassura City dengan daya tampung mencapai 813 penonton.

Setelah itu, Cinema XXI (6 studio deluxe) berkapasitas 608 penonton dioperasikan di Plaza Andalan Padang. Gerai anyar yang dibuka pada Oktober 2016 ini otomatis menjadi jaringan bioskop pertama di Padang, Sumatera Barat.

Adapun di November 2016, Nusantara Sejahtera Raya mengoperasikan Cinema XXI di Mall Level 21 Bali, melengkapi kehadiran Beachwalk XXI, Galeria XXI, dan Park 23 XXI.

Sementara pada akhir tahun lalu, gerai perdana The Premiere dihadirkan di Jayapura. Persisnya, di lantai 4 Mal Jayapura.

Di sisi lain, manajemen Nusantara Sejahtera Raya juga tampak sibuk dengan pembukaan kembali (re-opening) beberapa gerainya, seperti Internasional 21 Palembang yang dilaksanakan pada awal 2016, dengan daya tampung hingga 859 orang.

Setelah itu, menyusul Metropole Premiere Jakarta yang tampil dengan dengan suasana mewah dan modern.

Sesudahnya, giliran Braga XXI Bandung, Arion XXI Jakarta, Ciputra Seraya XXI Riau, Gajah Mada XXI Jakarta, Pondok Gede XXI, Mantos 1 XXI, Depok XXI, Mall Artha Gading XXI, Pondok Indah 2 XXI, Tunjungan 3 XXI Surabaya, sampai Ciwalk XXI Bandung, dibuka lagi dengan penampilan anyar yang diklaim jauh lebih segar.

Lantas, memasuki 2017, agresifitas Nusantara Sejahtera Raya untuk mendominasi ranah bioskop di pasar domestik, kembali berlanjut.

Buktinya, pada Januari lalu, Nusantara Sejahtera Raya membuka 3 gerai anyar sekaligus di Bandung Indah Plaza (Empire XXI Bandung), Thamrin Plaza Medan (Thamrin XXI), serta di Suyuza Plaza Medan (Cinema XXI).

Dan, asal tahu saja, via pembukaan Thamrin Plaza XXI serta Suyuza Plaza XXI tadi, Nusantara Sejahtera Raya pun otomatis telah mengoperasikan 6 gerai bioskop di Kota Medan, yakni Center Point XXI, Hermes XXI, Palladium, Ringroad Citywalks XXI, Thamrin XXI, dan Suzuya Plaza XXI.

Sebulan kemudian, Cinema XXI dihadirkan di Bencoolen Mall Bengkulu plus Teater IMAX dan gerai Cinema XXI di Pakuwon Mall Surabaya. Berikutnya, pada Maret 2017, Nusantara Sejahtera Raya membuka Cinema XXI dan The Premiere di Resinda Park Mall Karawang.

Sedangkan menjelang akhir medio Mei lalu, Nusantara Sejahtera Raya resmi memperlebar jangkauannya melalui pengoperasian gerai anyar Cinema XXI di Mall Tanjung Pinang serta di Makassar Town Square.

Di hari yang sama, Nusantara Sejahtera Raya juga mengoperasikan kembali Cilegon XXI -4 studio deluxe dan concession- yang berlokasi di Ramayana Department Store Cilegon, Banten.

Dan, pada pekan pertama medio Juni ini, Nusantara Sejahtera Raya lagi-lagi membuat gebrakan lewat kehadiran gerai baru Cinema XXI di Transmart Buah Batu Bandung, Transmart Rungkut Surabaya, dan di Mal SKA Pekanbaru.

Berita-Bisnis mencatat, kiprah Nusantara Sejahtera Raya yang dipaparkan tadi sejatinya tak lepas dari kolaborasi yang terjalin pada medio Desember tahun lalu.

Saat itu, Nusantara Sejahtera Raya berhasil menggandeng Sovereign Wealth Fund GIC yang berasal dari Singapura untuk menopang ekspansinya di pentas bisnis bioskop di Indonesia via kucuran dana senilai US$ 265 juta.

Sampai tutup tahun lalu, Nusantara Sejahtera Raya sudah membentangkan 864 layar di 157 bioskop di 36 kota di pasar domestik. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Tanpa bermaksud menafikan bidang industri lain, bisnis bi
(Berita-Bisnis) - Rencana PT Graha Layar Prima Tbk untuk memperkuat posisin
(Berita-Bisnis) - Jujur, tidak berlebihan bila akselerasi yang ditampilkan