Berita Bisnis

SILOAM INTERNATIONAL HOSPITALS KINI OPERASIKAN 29 RUMAH SAKIT

Berupaya menghadirkan 40 rumah sakit sampai dua tahun ke depan. (Foto: Ist)Berupaya menghadirkan 40 rumah sakit sampai dua tahun ke depan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Medio Oktober tahun lalu, PT Siloam International Hospitals Tbk sejatinya sedang menorehkan sebuah momen penting yang akan menggelembungkan usahanya di masa mendatang.

Bagaimana tidak. Kala itu, rencana Siloam International Hospitals untuk menerbitkan rights issue senilai Rp 1,3 triliun diterima sekaligus diratifikasi oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa-nya.

Selain untuk membayar hutang pokok dan bunga kepada induk usahanya PT Lippo Karawaci Tbk, sekitar 56 persen dana penerbitan rights issue itu dipastikan bakal dipakai untuk membiayai investasi pengembangan usahanya hingga 2019, baik melalui pembangunan atau perluasan rumah sakit serta akuisisi.

Dan, asal tahu saja, akusisi yang dimaksud terdiri dari akuisisi rumah sakit, akuisisi saham perusahaan yang memiliki rumah sakit, atau akuisisi aset yang memiliki sinergi dengan bisnis Siloam International Hospitals.

Pertengahan Januari 2017, walau disebut masih tergantung kepada hasil uji kelayakan (due diligence review), Siloam International Hospitals lantas mengumumkan rencana akuisisi terhadap dua rumah sakit.

Yang pertama adalah Rumah Sakit Umum Sentosa (50 tempat tidur) dan Klinik Chandra Sentosa di Bekasi senilai Rp 26,5 miliar. Sedangkan yang kedua, Rumah Sakit Grha Ultima Medika Mataram (70 tempat tidur) senilai Rp 155 miliar.

Dengan membubuhkan keterangan serupa (masih tergantung kepada hasil uji kelayakan), Siloam International Hospitals kembali mengabarkan pengambilalihan Rumah Sakit Umum Putera Bahagia Cirebon (105 tempat tidur) dengan dana sebesar Rp 130 miliar, pekan terakhir Mei lalu.

Belakangan, persisnya pada medio Juli ini, Siloam International Hospitals lagi-lagi melansir berita senada dan informasi sejenis (due diligence review), yakni mengakuisisi Rumah Sakit Hosana Medica (sekitar 100 tempat tidur) yang berlokasi di kawasan Jalan Pramuka, Rawalumbu, Bekasi.

Akusisi 100 persen kepemilikan PT Anugerah Sentra Medika dengan nilai Rp 150 miliar itu digelar via anak usahanya PT Mahkota Buana Selaras dan PT Tunggal Pilar Perkasa.

Kata President Direktur Siloam International Hospitals, Ketut Budi Wijaya, pengambilalihan Rumah Sakit Hosana Medica Bekasi merupakan aksi akuisisi ke-4 yang telah digelar sejak awal 2017 hingga kini.

Ditambahkan pula, kapasitas tempat tidur, fasilitas, dan layanan Rumah Sakit Hosana Medica Bekasi kelak ditingkatkan. Salah satunya, lewat kehadiran peralatan medis termutakhir, seperti MRI dan CT-Scan.

Siloam International Hospitals juga menginformasikan, Rumah Sakit Hosana Medica Bekasi dengan sendiri menjadinya rumah sakit ke-2 dalam jaringannya yang beroperasi di Kota Bekasi, setelah Rumah Sakit Umum Sentosa yang berada di bilangan Jalan Pahlawan, Duren Jaya, Bekasi.

Patut diketahui, akselarasi usaha lewat aksi akusisi yang dilakoni Siloam International Hospitals tadi, tak lepas dari rencana besarnya untuk mengoperasikan sekitar 40 rumah sakit di Indonesia, sampai dua tahun mendatang.

Itu pula sebabnya, di samping mengambilalih rumah sakit yang beroperasi, Siloam International Hospitals pun aktif merilis rumah sakit anyar.

Buktinya, pekan pertama Juli 2017, Siloam International Hospitals resmi membuka rumah sakit perdana di Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Siloam Hospitals Bangka Belitung.

Rumah sakit baru setinggi sembilan lantai yang terletak di kawasan Pangkalan Baru, Bangka Belitung, ini dihadirkan dengan kapasitas 310 tempat tidur serta didukung 22 spesialis, 9 dokter umum, dan 42 perawat.

Tak lama berselang, Siloam International Hospitals juga mengoperasikan Siloam Hospitals Bogor (200 tempat tidur) yang ditopang oleh 67 spesialis, 9 dokter umum, serta 55 perawat.

Ke depan, bila tak ada halangan, Siloam International Hospitals berniat mendaftarkan Siloam Hospitals Bangka Belitung dan Siloam Hospitals Bogor agar bisa melayani pasien BPJS Kesehatan.

Berita-Bisnis mencatat, hingga saat ini, dengan kehadiran empat rumah sakit yang diakuisisi plus dua rumah sakit baru yang dibuka, Siloam International Hospitals mengoperasikan 29 rumah sakit dan 16 klinik di 21 kota di Indonesia. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Di tengah persaingan bisnis rumah sakit yang semakin keta
(Berita-Bisnis) - Dengan mengincar kalangan menengah atas Kalimantan Timur,
(Berita-Bisnis) - Jika semuanya berjalan mulus, maka pada tahun depan, Cipu