Berita Bisnis

PERKUAT PENETRASI GLOBAL, PERTAMINA LUBRICANTS EKSPOR VM PROTECTO KE THAILAND

Memenuhi kebutuhan segmen otomotif dan industri. (Foto: Ist)Memenuhi kebutuhan segmen otomotif dan industri. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Pertamina Lubricants -anak usaha PT Pertamina (Persero) di pentas bisnis pelumas otomotif dan industri serta base oil- untuk memperkuat penetrasinya di pasar global, sepertinya bukanlah mimpi di siang bolong.

Buktinya, sejak medio Desember 2014, Pertamina Lubricants telah menjadi pemegang saham mayoritas (74 persen) Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd., yang sebelumnya dimiliki AMACO Production Co. Ltd., produsen pelumas di Thailand.

Lantas, yang terbaru, Pertamina Lubricants resmi mengekspor produk bertajuk Visco Modifier (VM) Protecto ke Lube Oil Blending Plant (LOBP) Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd. Tepatnya, pada pekan ini.

Kata Direktur Utama Pertamina Lubricants, Afandi, VM Protecto merupakan produk setengah jadi yang diolah dari additive dan base oil serta diproduksi di Lube Oil Blending Plant - Production Unit Jakarta milik Pertamina Lubricants yang berada di bilangan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dijelaskan pula, VM Protecto berfungsi untuk menjaga kestabilan pelumas (viscositas)/ kekentalan pelumas ketika terjadi perubahan temperatur di dalam mesin kendaraan.

Di sisi lain, VM Protecto juga merupakan salah satu material penting yang diperlukan untuk memproduksi pelumas, yang kelak bakal dijajakan oleh Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd. untuk memenuhi kebutuhan segmen otomotif dan industri, baik di Thailand maupun di pasar Indochina.

Pertamina Lubricants mengabarkan, pada awal 2015, Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd., sejatinya sudah memproduksi sekaligus mendistribusikan produk pelumas industri yang menyasar berbagai sektor usaha, seperti agrobisnis.

Satu tahun kemudian, masih dalam rangka menjawab kebutuhan di pasar Thailand, Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd. pun telah menghadirkan produk pelumas industri lainnya.

Plus, mengirim Turalik -salah satu produk oli besutannya- ke TGI Import Export Co. Ltd., yang terhitung sebagai mitra Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd. di Thailand.

Dalam catatan Berita-Bisnis, sampai sekarang, Pertamina Lubricants mengoperasikan empat unit produksi yang berlokasi di Gresik, Cilacap, Jakarta, dan Thailand.

Adapun total kapasitas produksi seluruh unit tadi diklaim mencapai lebih dari 535 juta liter per tahun.

Patut juga diketahui, pada Juni 2017, Pertamina Lubricants sukses meraih Corporate Image Awards 2017, yang menggunakan empat dimensi penilaian, yaitu kualitas, kinerja, tanggung jawab, serta daya tarik perusahaan untuk berbagai stakeholders terkait.

Dan, bagi Pertamina Lubricants sendiri, penghargaan versi Frontier Consulting tersebut merupakan penghargaan ke-7 kalinya dalam kategori pelumas, sejak anugerah tersebut diberikan pertama kali kepada Pertamina Lubricants pada 2011. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Diklaim mampu memenuhi kebutuhan mesin diesel kendaraan p
(Berita-Bisnis) - Sulit untuk disangkal, hingga saat ini, Indonesia Interna
(Berita-Bisnis) - Sejak hadir pertama kali lima tahun silam di kawasan Timu