Berita Bisnis

PERTAMINA JUAL PELUMAS SUTELONG DI CHINA

Rencana menjual 5 juta liter pada tahun 2015. (Foto: Ist)Rencana menjual 5 juta liter pada tahun 2015. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Potensi pasar pelumas China yang sepuluh kali lebih besar ketimbang Indonesia, dimanfaatkan oleh PT Pertamina (Persero) dengan meluncurkan pelumas Pertamina SuTeLong alias pelumas Pertamina Fastron, baru-baru ini.



Pelumas SuTeLong dipasarkan ke 26 kota di China dengan sasaran kalangan menengah atas. Distributor resmi pelumas SuTeLong adalah Tengyu Trading (Shanghai) Co. Ltd. yang bermarkas di Shanghai.

Pelumas SuTeLong yang dijual di China terdiri dari Fastron Gold 5W-30, Fastron Techno 15W-50 dan Fastron Techno 10W-40 untuk kendaraan berbahan bakar bensin. Sedangkan, untuk kendaraan berbahan bakar solar, Pertamina menghadirkan Fastron Diesel 15W-40.

Menurut Karen Agustiawan, Direktur Utama Pertamina, pihaknya menargetkan penjualan sebanyak 1 juta liter dalam tahun pertama operasi dan empat tahun kemudian (2015) direncanakan sudah terjual sebanyak 5 juta liter.

Sejak tahun 2007, Pertamina telah melakukan ekspor pelumas -antara lain- ke Pakistan, Dubai, Singapura, Belgia, Australia, Taiwan, Myanmar, Jepang, dan Nepal.

 

China merupakan negara ke-19 yang menjadi pasar pelumas Pertamina.

Hingga akhir November 2011, total ekspor pelumas Pertamina mencapai 193 ribu kilo liter.

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Diklaim mampu memenuhi kebutuhan mesin diesel kendaraan p
(Berita-Bisnis) - Sejak hadir pertama kali lima tahun silam di kawasan Timu
(Berita-Bisnis) - Tahun 2011, total produksi pelumas sepeda motor nasional