Berita Bisnis

AGUNG PODOMORO KEMBANGKAN PUSAT PERBELANJAAN DIGITAL DI BATAM

Sepenuhnya menerapkan konsep pembayaran digital. (Foto: Ist)Sepenuhnya menerapkan konsep pembayaran digital. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Tak dapat dimungkiri, hingga saat ini, dinamika arena bisnis pusat perbelanjaan di Indonesia sejatinya masih berkutat pada beberapa nama pengembang besar.

Maklumlah, dana investasi yang wajib dikucurkan untuk membangun mal yang dapat menarik pengunjung sekaligus bisa memberikan peluang bagi para tenant untuk meraup untung, tentulah tak sedikit.

Meski demikian dan sekalipun berbekal dana yang cukup, bukan berarti langkah para pengembang tadi selalu mulus.

Aroma persaingan yang ketat plus kecermatan mendesain pusat perbelanjaan yang selaras dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, mau tidak mau harus diperhitungkan dengan teliti.

Ambil contoh, PT Agung Podomoro Land Tbk. Sejak beberapa waktu lalu, via anak usahanya (kepemilikan langsung/direct ownership) PT Dimas Pratama Indah, Agung Podomoro Land mengembangkan kawasan hunian terpadu bertajuk Orchard Park Batam di bilangan Jalan Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Selain berisikan rumah tapak sebanyak lima klaster, kawasan seluas 42 hektar itu juga bakal diramaikan dengan kehadiran apartemen Orchard View yang terdiri dari menara Verde serta menara Azzura berkapasitas 1,200 unit apartemen yang berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar.

Plus, SOHO/Small Office Home Office yang diklaim sebagai SOHO pertama di Batam serta area komersial yang kelak mengusung label Park Avenue.

Oleh Agung Podomoro Land sendiri, area komersil -lifestyle and entertaiment area- seluas 1,5 hektar tadi direncanakan mencakup pusat perbelanjaan yang juga menghadirkan kawasan terbuka hijau yang akan dibangun tepat di tengah-tengah mal.

Lebih dari itu, mal anyar yang bakal dilansir pun dirancang menjadi mal pertama di Batam, yang akan mengusung pembayaran digital untuk seluruh transaksinya alias ditahbiskan sebagai pusat perbelanjaan digital perdana di Batam.

Atau dengan kata lain, transaksi di digital mal -mulai dari belanja hingga parkir kendaraan hanya menggunakan barcode- yang ditopang dengan fasilitas jaringan internet nirkabel kreasi Agung Podomoro Land itu, tidak mengenal transaksi cash.

Kata Assistant General Manager Marketing Orchard Park Batam, Tedi Guswana, Park Avenue di Orchard Park Batam kelak dikenal sebagai lifestyle and entertaiment area pertama di Batam yang sepenuhnya menerapkan konsep pembayaran digital.

Dijelaskan pula, bila tidak ada halangan, soft launching Park Avenue Mall -mengusung konsep meeting point dan lebih mengutamakan peritel food and beverages, entertainment, Co-meeting Space, dan IT Corner- diproyeksikan bakal digelar pada medio Desember 2018.

Sedangkan untuk penyelenggaran seremoni grand opening-nya, tambahnya, diagendakan pada pertengahan tahun depan.

Dalam catatan Berita-Bisnis, hingga saat ini, Agung Podomoro Land telah menghadirkan beberapa pusat perbelanjaan melalui berbagai anak usahanya, baik via kepemilikan langsung maupun kepemilikan tidak langsung (indirect ownership).

Khusus lewat direct ownership, Agung Podomoro Land mengembangkan Festival Citylink Bandung (PT Briliant Sakti Persada), Bay Walk Mall Pluit (PT Kencana Unggul Sukses), Kuningan City (PT Arah Sejahtera Abadi), Harco Glodok (PT Wahana Sentra Sejati), dan Plaza Kenari Mas (PT Caturmas Karsaudara).

Dan, masih via kepemilikan langsung, Agung Podomoro Land juga menghadirkan The Plaza Balikpapan (PT Pandega Citraniaga) serta pusat perbelanjaan di Podomoro City Deli Medan (PT Sinar Menara Deli).

Sementara lewat jalur indirect ownership, Agung Podomoro Land meluncurkan Mal Emporium Pluit (PT Pluit Propertindo) serta Ruko Pluit City yang dibesut oleh PT Muara Wisesa Samudra.

Orchard Park Batam yang digadang-gadang sebagai proyek superblok mewah adalah kawasan hunian terpadu pertama yang dibangun oleh Agung Podomoro Land di Batam. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jamak terjadi dan seolah diamini, jadwal peluncuran sebua
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyediakan kenyamanan bagi konsumen saat me
(Berita-Bisnis) - Dominasi Lippo Malls semakin kokoh di lini bisnis pusat p