Berita Bisnis

SETAHUN LAGI, CHANDRA ASRI OPERASIKAN PABRIK BUTADIENE PERTAMA DI INDONESIA

Menghasilkan bahan untuk pembuatan karet sintetis. (Foto: Ist)Menghasilkan bahan untuk pembuatan karet sintetis. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pada tahun 2013, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. akan memulai pengoperasian pabrik butadiene pertama di Indonesia.

Pabrik butadiene senilai USD 145 juta tersebut, direncanakan memiliki kapasitas produksi sebanyak 100 ribu ton per tahun.

Butadiene sendiri merupakan bahan yang dapat diolah lebih lanjut menjadi Styrene Butadiene Rubber, Acrylonitrile Butadiene Styrene, Styrene Butadiene Latex, dan lain sebagainya.

Khusus Styrene Butadiene Rubber adalah bahan untuk pembuatan karet sintetis yang merupakan bahan baku utama industri ban dan komponen otomotif yang berbasis karet.

Pabrik butadiene pertama di Indonesia itu akan dikelola oleh PT Petrokimia Butadiene Indonesia, anak perusahaan Chandra Asri Petrochemical.

Acara seremoni tanda dimulainya pembangunan pabrik butadiene yang berlokasi di Cilegon, Banten, tersebut dilakukan oleh Menteri Perindustrian Mohamad S. Hidayat dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Ditambahkan oleh Menteri Perindustrian Mohamad S. Hidayat, wilayah Banten diposisikan sebagai pusat pembangunan industri petrokimia berbasis olefin. Sedangkan, Jawa Timur diarahkan menjadi pusat industri berbasis aromatik dan Kalimantan Timur sebagai pusat pembangunan industri berbasis gas bumi. (BB/Luki)


Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Era dimana klub sepakbola domestik memiliki posisi yang p
(Berita-Bisnis) - Bila semua proses persiapan berjalan sesuai dengan rencan
(Berita-Bisnis) - Diklaim lebih hemat 30 persen dalam mengonsumsi bahan bak