Berita Bisnis

CIKARANG LISTRINDO RAIH GOLD ASSRAT 2021

Membuahkan hasil yang memuaskan. (Foto: Ist)Membuahkan hasil yang memuaskan. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Komitmen PT Cikarang Listrindo Tbk yang tidak hanya berfokus kepada tujuan profit belaka saat menjalankan usahanya, akan tetapi juga mementingkan aspek lingkungan dan sosial serta berpedoman kepada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana tidak. Dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR), Cikarang Listrindo berhasil meraih kategori gold atas penilaian Sustainability Reporting tahun buku 2020.

Di saat yang sama, perusahaan listrik swasta pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia ini pun memperoleh pengakuan dan penghargaan komitmen perusahaan dalam pelaporan keberlanjutan dalam tahun pertama partisipasinya sebagai “A Commendation for first year ASSRAT”.

Manajemen Cikarang Listrindo mengatakan pihaknya merasa bangga atas pencapaian tersebut. Terlebih, ASRRAT 2021 terhitung sebagai ASSRAT pertama yang diikuti oleh Cikarang Listrindo.

Dijelaskan pula, lewat penghargaan tadi, Cikarang Listrindo dipastikan termotivasi untuk semakin meningkatkan kualitas pelaporan laporan keberlanjutan serta inisiatif ESG.

Berita-Bisnis mencatat, ASRRAT -sebelumnya mengusung label Sustainability Reporting Awards (SRA)- merupakan kegiatan penganugerahan penghargaan kepada institusi yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutannya kepada pemangku kepentingan melalui laporan keberlanjutan (Sustainability Report) dengan baik yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR), sejak tahun 2005.

NCSR sendiri dikenal luas sebagai sebuah organisasi independen pertama yang sejak tahun 2005 mengembangkan pelaporan keberlanjutan di Indonesia. NCSR juga telah ditunjuk oleh Global Reporting Initiative (GRI) sebagai Official Partner untuk Asia Tenggara yang meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Dalam proses penilaiannya, tiga aspek menjadi perhatian utama terhadap institusi yaitu aspek triple bottom line (ekonomi, sosial, dan lingkungan) perusahaan; dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas perusahaan; serta pencapaian SDGs perusahaan.

Cikarang Listrindo mulai melayani pelanggannya sejak tahun 1993 dan sampai saat ini telah melayani lebih dari 2,500 pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang, Bekasi. Di sisi lain, sejak tahun 1996, Cikarang Listrindo juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dengan kapasitas pembangkitan yang sebesar 1.144 MW ditambah 2,4 MWp PLTS Atap energi terbarukan membuat Cikarang Listrindo menjadi salah satu perusahaan listrik berkapasitas terbesar di Indonesia. (BB/as/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Upaya PT Dafam Hotel Management untuk memperkokoh posisin
(Berita-Bisnis) - Bagi peritel, termasuk peritel produk kesehatan dan kecan
(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Home Center Indonesia -pengelola gerai Informa