Berita Bisnis

BERAMAI-RAMAI BERBISNIS TAMAN WISATA AIR

Terhitung sebagai pionir taman wisata air. (Foto: Ist)Terhitung sebagai pionir taman wisata air. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Kecerdikan dan kejelian melihat peluang adalah pilar penting bagi pebisnis untuk berkembang pesat. Hal inilah yang tampak jelas ketika Ciputra Grup melalui anak usahanya PT Ciputra Residences meluncurkan taman wisata air Amanzi Water Park di Palembang, baru-baru ini.

Amanzi Water Park beroperasi sebelum event Sea Games 2011 mulai digelar di Palembang.

 

Oleh pengelolanya, PT Gelora Matra Raya Samudera (perusahaan patungan PT Ciputra Residences dengan mitra lokal Palembang), Amanzi Water Park ditargetkan bakal mampu menarik pengunjung sebanyak 4.000 orang per harinya.

Angka ini tampaknya tidak berlebihan mengingat relatif sulit untuk menemukan taman wisata air sejenis bahkan sekelas Amanzi Water Park di wilayah sekitar.

Amanzi Water Park dibangun di atas lahan 4 hektar dan berada di dalam kawasan pemukiman Citra Grand City, Palembang. Yang disebut terakhir, juga merupakan aset properti yang dikuasai Ciputra Grup.

Bagi Ciputra Grup, Amanzi Water Park adalah proyek taman wisata air yang kedua setelah Ciputra Waterpark yang berlokasi di Citra Raya Surabaya. Ciputra Waterpark diklaim sebagai water attraction park terbesar di Indonesia karena menempati lahan lebih dari 5 hektar.

Jauh sebelumnya, persisnya medio Maret 1998, Lippo Group telah meluncurkan Water Boom Cikarang yang berada di dalam kawasan hunian Lippo Cikarang. Boleh dibilang Lippo adalah pelopor taman wisata air di Indonesia.

Water Boom Cikarang berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar dan diposisikan sebagai sarana rekreasi bernuansa Bali. Taman wisata air besutan Lippo itu mampu menampung 4.600 pengunjung. Dan, seiring berjalannya waktu, Water Boom Cikarang dikenal sebagai taman wisata air yang memiliki lingkungan teduh.

Belakangan, Water Boom Cikarang bahkan menyediakan fasilitas spa dalam lokasi khusus yang menempel dengan lokasi taman wisata air sehingga memungkinkan semua anggota keluarga dapat menikmati liburan secara bersama-sama di dalam satu lokasi dengan biaya kompetitif.

Penambahan fasilitas tersebut tentu erat kaitannya dengan gurihnya bisnis taman wisata air. Itu sebabnya, tak aneh bila kemudian banyak pemain besar yang terlibat didalamnya. 

The Jungle Water Park adalah contoh lain. Taman wisata air yang berlokasi di area pemukiman Bogor Nirwana Residence ini bahkan diklaim sebagai wahana wisata air yang termodern dan terlengkap di Indonesia.

Berhubung semua fasilitas yang ada dipersiapkan oleh beberapa tim ahli, seperti dari Australia, Kanada dan Belgia. Salah satu kabar menyebutkan, total investasi yang dibenamkan oleh pemiliknya, yaitu Bakrie Grup, mencapai sekitar Rp 200 miliar.

Di Tangerang Selatan, BSD City (Sinarmas Grup) seolah tak mau ketinggalan juga. BSD City menghadirkan Ocean Park Water Adventure yang diproyeksikan mampu menggaet lebih dari 12 ribu orang seharinya.Menghadirkan   kerindangan alam. (Foto: Ist)Menghadirkan kerindangan alam. (Foto: Ist)

Nilai investasi Ocean Park Water Adventure yang menghadirkan suasana kawasan pantai dan laut tersebut diperkirakan lebih dari Rp 30 miliar. Ocean Park Water Adventure yang berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar diproyeksikan bisa menampung hingga 6.000 orang.

Di Depok, kiprah Sinasmas Grup di bisnis wisata taman air dapat juga ditemukan di Aquatic Fantasy Telaga Golf Sawangan.

Cerita Agung Sedayu Grup beda lagi. Setelah meraup kesuksesan di Bali melalui keberhasilan Water Boom Kuta Bali, barulah Agung Sedayu Grup menghadirkan Water Boom Jakarta di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Water Boom Jakarta yang dibuka mulai akhir tahun 2006, dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan nilai investasi sebesar US$ 7 juta.

Grup Sumber Mitra Realtindo, melalui anak perusahaannya, PT Dinamika Alam Sejahtera, yang mengembangkan township Grand Depok City, juga menghadirkan Depok Fantasy Waterpark seluas 1,5 hektar di kawasan Grand Depok City dengan biaya sebesar Rp 30 miliar lebih.

Di Balikpapan, persisnya di kawasan hunian Balikpapan Regency, hadir juga Caribbean Island Water Park yang mulai beroperasi pada Juli 2007. Caribbean Island Water Park yang dikembangkan Grup Sumber Mitra Realtindo disebut-sebut sebagai taman wisata air terbesar di Indonesia bagian Timur sampai saat ini.

Di Cibubur, Kota Legenda Wisata juga menawarkan taman wisata air Eldorado.

Pebisnis lain yang juga turut berkecimpung adalah PT Pondok Solo Permai yang membangun Pandawa Water World dengan investasi sebanyak Rp 50 miliar di kawasan Solo Baru, Jawa Tengah. Plus investor lokal Indramayu yang menghadirkan Patrol Water Park dengan biaya Rp 3,7 miliar.

Tentu saja Snowbay di Taman Mini Indonesia Indah, Atlantis Water Adventures di Taman Impian Jaya Ancol dan Sumber Udel Waterpark di Blitar tidak bisa dikesampingkan. Cuma berbeda dengan pemain-pemain yang telah disebutkan sebelumnya, para pemiliknya bukanlah sepenuhnya swasta. Meski demikian, gurihnya bisnis taman wisata air ini tetap bisa dinikmati.







Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dari tanggal 15 Juli hingga 3 Agustus mendatang, PT Pemba
(Berita-Bisnis) - Mulai awal Juni 2013, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk -peng
(Berita-Bisnis) - Guna mengejar total pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun hin