Berita Bisnis

DARI KEBUGARAN, FULUS MENGALIR BERLIMPAH

Pemilik klub pusat kebugaran yang terbesar di Indonesia. (Foto: Ist)Pemilik klub pusat kebugaran yang terbesar di Indonesia. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Bila sore mulai menjelang, karyawan yang menenteng atau menyandang tas berukuran lumayan besar di pundaknya yang bersiliweran di berbagai pusat perbelanjaan agaknya sudah menjadi pemandangan biasa saat ini. Bukan hal aneh pula jika melihat mereka melangkahkan kakinya dengan bersemangat menuju pusat kebugaran.



Ya. Setelah seharian bekerja, perlu bagi mereka untuk berolahraga. Dan, sesuai tuntutan gaya hidup masa kini, pusat kebugaran yang berada di lokasi mal atau pun perkantoran adalah tujuan utama. Selain dekat dengan kantor, pusat kebugaran itu pun punya space nyaman dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap.

Cukup jadi member, silahkan sepuas hati untuk menikmatinya.

Hebatnya lagi, tampilan pusat kebugaran yang masih beroperasi saat ini di berbagai mal di Jakarta misalnya, tidak melulu dipenuhi peralatan latihan saja. Cukup banyak ruang yang dihadirkan dan didesain apik agar para pengunjung betah berlama-lama.

Coba tengok Fitness First Platinum di Grand Indonesia, Jakarta. Pusat kebugaran itu menggabungkan konsep kebugaran dengan hiburan. Alhasil, salah satu klub yang dikelola oleh PT Fitness First Indonesia itu selalu ramai dikunjungi. Strategi yang sama juga dihadirkan di klub lain yang dioperasikan Fitness First Indonesia.

Yang terbaru, Fitness First Indonesia malah menghadirkan program anyar bertajuk latihan kebugaran berbasis Muaythai. Seperti tercantum di dalam materi promosinya, program baru itu diklaim mampu meningkatkan kekuatan fisik, koordinasi, stabilitas, stamina, dan kesigapan tubuh. Maklumlah, Muaythai adalah olah raga bela diri yang dinamis.

Agar tujuan itu bisa tercapai, Fitness First Indonesia telah melatih 190 Personal Trainer yang bakal membantu para member maupun calon member yang ingin mengikuti pelatihan kebugaran berbasis Muaythai.

 

Semua Personal Trainer itu dilengkapi dengan sertifikasi yang diterbitkan oleh World Muaythai Council (WMC) dan sudah memperoleh arahan langsung dari Stephan Fox, mantan juara dunia dan Wakil Ketua WMC.

Kata Julia Nurdin, Marketing Manager Fitness First Indonesia, selain menambah layanan produk, pelatihan kebugaran berbasis Muaythai itu juga diarahkan untuk menggaet member baru.

Jaringan pusat kebugaran Fitness First yang berdiri pada tahun 1992 di Inggris, masuk ke Indonesia pertama kali dengan bendera Fitness First Indonesia pada tahun 2005. Lokasi klub pertamanya berada di Plaza Semanggi, Jakarta.

Tanpa menunggu waktu lama, Fitness First Indonesia menambah jumlah klub kelolaannya dan kini telah berjumlah 8 klub serta tersebar di beberapa lokasi, seperti di pusat perbelanjaan Cibubur Junction, Pluit Village, Oakwood (Mega Kuningan, Jakarta Selatan), Grand Indonesia, Pacific Place, dan Senayan City.

Mengelola 8 klub di  berbagai lokasi. (Foto: Ist)Mengelola 8 klub di berbagai lokasi. (Foto: Ist)Setahun sebelumnya, persisnya Februari 2004, Celebrity Fitness sudah lebih dulu membuka pusat kebugaran yang mengkombinasikan olah tubuh dengan musik dan film di Plaza Indonesia Entertainment Center (EX).

Artinya, setahun setelah dibuka tiga serangkai John Franklin, Mike Anderson dan John J. Sweeney pada tahun 2003, bendera bisnis Celebrity Fitness sudah berkibar di Indonesia.

Tentu saja ada alasan khusus bagi mereka bertiga saat memilih label Celebrity untuk bisnis kebugarannya. Dalam rancangan mereka, setiap member yang bergabung bakal diperlakukan bak seorang selebriti. Jadi, bisa memilih personal trainer-nya sendiri dan can work-out in environments yang diinspirasi fasilitas bar, night club dan celeb hangouts seperti layaknya di Hollywood, Beverly Hills, dan Miami Beach.

Mengapa bisa begitu? John Franklin, Mike Anderson dan John J. Sweeney paham bahwa nantinya tidak sedikit pengunjung Celebrity Fitness yang datang hanya untuk 'bergaul', bukan untuk exercise, atau bisa jadi keduanya. Alhasil, ambiance Celebrity Fitness pun terasa bukan pusat kebugaran semata.

Sampai saat ini, Celebrity Fitness mengklaim telah menghimpun lebih dari 100 ribu member yang tersebar di kawasan Asia Tenggara dan punya lebih dari 30 klub yang berlokasi di Indonesia maupun Malaysia.

Yang paling gres, Celebrity Fitness baru saja mengoperasikan klub barunya di Paragon Mall Semarang. Dengan demikian, Celebrity Fitness telah memiliki lebih dari 20 klub di Indonesia sampai saat ini, yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, Surabaya, Semarang, dan Medan. Itu pula sebabnya, Celebrity Fitness menyatakan dirinya sebagai fitness chain terbesar di Indonesia. Adapun di Malaysia, Celebrity Fitness menempati peringkat kedua.

Pada tahun 2006, Gold's Gym turut meramaikan pentas bisnis pusat kebugaran di Indonesia. Hampir sama dengan kedua pemain tadi, dalam tempo cepat sejak mengoperasikan klub pertamanya di Menteng Huis, Cikini, Jakarta Pusat, Gold's Gym sudah mengelola sembilan klub di Jakarta, Tangerang, dan Bandung sampai pada tahun 2008.

Tidak jauh berbeda dengan Fitness First dan Celebrity Fitness, Gold's Gym pun menghadirkan kombinasi gaya hidup modern di pusat kebugarannya. Setali tiga uang dengan lokasi klubnya, pusat perbelanjaan dan kawasan perkantoran menjadi pilihan utama bagi Gold's Gym. Dan, agar dirinya punya perbedaan yang bisa didorong menjadi poin keunggulan, Gold's Gym sengaja mendesain dan menyediakan studio olahraga khusus perempuan.

Di tengah pertempuran tiga pebisnis tadi, ada juga memang brand lain yang ikut berkecimpung di bisnis pusat kebugaran ini. Namun, tidak seperti ketiganya, nafas dan usia mereka agaknya tidak begitu panjang. Kalau pun masih bertahan, lebih banyak yang memilih lokasi di pinggiran kota besar atau pusat perbelanjaan yang beroperasi di pemukiman-pemukiman kelas menengah.

Lebih dari 100 ribu member. (Foto: Ist)Lebih dari 100 ribu member. (Foto: Ist)Artinya, mereka lebih memilih merebut jenis "kue" lain ketimbang harus berhadap-hadapan dengan para pebisnis dengan modal besar. Pilihan yang kemudian ternyata jitu. Buktinya, kendati tidak sebesar Fitness First, Celebrity Fitness, dan Gold's Gym, toh mereka bisa beroperasi hingga saat ini.

Ditilik dari jumlah klub yang dikelola sampai saat ini, Celebrity Fitness memang tercatat sebagai pemilik klub pusat kebugaran yang terbesar. Lebih dari 20 klub beroperasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, Surabaya, Semarang, dan Medan. Medio Januari 2012, klub baru Celebrity Fitness bakal dibuka di Lotte Mart Bintaro. Menyusul kemudian Gold's Gym yang mengelola sebelas klub dan Fitness First yang menaungi 8 klub.

Berapa banyak member-nya? Tiga tahun lalu saja, Celebrity Fitness EX sudah menghimpun lebih dari 8 ribu anggota. Hingga kini, dari seluruh klub yang buka, lebih dari 200 ribu member telah berhasil digaet. Gold's Gym sendiri mencatat tak kurang dari 100 ribu member dan Fitness First meraup jumlah yang tidak sedikit, lebih dari 50 ribu member.

Dengan biaya keanggotaan yang lumayan plus penjualan berbagai macam merchandise dan produk lain yang ditawarkan seperti yang dilakukan oleh Celebrity Fitness, tak pelak pusat kebugaran memang merupakan ladang bisnis yang sangat potensial untuk digarap dan mampu menghasilkan duit berlimpah.

Berhubungan Dengan: