Berita Bisnis

IMPROVING PRODUKTIVITY & RAISING WORK EFFICIENCY THROUGH KAIZEN 5S

Cara efektif menerapkan 5S. (Foto: Ist)Cara efektif menerapkan 5S. (Foto: Ist)By PROVIDENCIA


PENGANTAR:

KAIZEN 5S merupakan pondasi bagi industri manufaktur dalam memenangkan persaingan di era globalisasi yang serba cepat dalam perubahan kebijakan, teknologi, dan cara kerja. KAIZEN 5S berasal dari Jepang, bukan merupakan program bersih-bersih. KAIZEN 5S adalah disiplin diri di setiap individu di dalam organisasinya dalam mengelola tempat kerjanya masing-masing guna meningkatkan pelayanan kepada Pelanggannya.

Banyak perusahaan yang merasa sudah menerapkan KAIZEN 5S dengan membuat tempat kerjanya menjadi lebih indah dipandang, melakukan pengecatan, membuat garis, rambu-rambu tetapi pada kenyataannya tidak terjadi peningkatan produktivitas bahkan justru sebaliknya. Pada awalnya nampak menjadi lebih bersih, tetapi di kemudian hari justru sebaliknya menjadi kelihatan lebih kotor, disertai biaya yang tinggi akibat dari upaya menjaga kebersihan dan keteraturan di tempat kerjanya.

Manfaat dari penerapan KAIZEN 5S antara lain adalah sebagai berikut:
* Tempat kerja yang lebih aman/Identifikasi masalah menjadi lebih cepat
* Mengembangkan pengendalian melalui visualisasi
* Menurunkan downtime
* Meningkatkan antusiasme karyawan
* Membangun tempat kerja yang nyaman
* Memperkuat karyawan yang bangga terhadap pekerjaannya
* Mempromosikan komunikasi antar karyawan yang lebih baik
* Memberdayakan karyawan untuk turut mempertahankan area kerjanya

Program workshop ini dirancang untuk membantu para penanggung jawab perusahaan industri manufaktur dalam meningkatkan kinerja operasionalnya seperti efisiensi, produktivitas, dan mutu di dalam organisasinya.

Dengan metodologi yang sederhana (Konsep – Contoh – Simulasi – Rencana Tindak Lanjut) serta dipandu oleh konsultan yang menguasai konsep dan berpengalaman dalam membina serta menerapkan konsep Kaizen 5S di berbagai industri manufaktur, maka peserta akan dengan mudah mendapatkan bekal untuk memulai penerapan di tempat kerjanya.

Setelah mengikuti workshop ini, para peserta akan mendapatkan sertifikat, hand out, Compact Disc (CD) berisikan: materi workshop (file pdf), alat-alat bantu penerapan (.xls), video penerapan 5S (.flv), dan contoh penerapan 5S dari perusahaan penerap 5S (.pdf).

Perusahaan yang mengirimkan 3 (tiga) orang peserta atau lebih akan mendapatkan kunjungan diagnosis setengah hari dari konsultan ke tempat kerja Anda dan presentasi kepada Pimpinan dengan durasi maksimum 2 jam guna memantapkan penerapan menyeluruh di perusahaan Anda. Apabila lokasi peserta berada di luar JABODETABEKSER, maka akomodasi dan transportasi disediakan oleh perusahaan peserta.


SASARAN:

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan mampu :
* Memahami konsep 5S dan hubungannya dengan falsafah KAIZEN
* Memahami bagaimana cara yang efektif menerapkan 5S
* Memahami langkah-langkah penerapan 5S di perusahaan
* Memahami kiat sukses penerapan dari pengalaman perusahaan penerap 5S
* Mendapatkan bekal untuk memulai penerapan 5S atau meningkatkan mutu penerapan saat ini bagi yang sedang menerapkan 5S


RABU-KAMIS
12-13 JUNI 2013
08.00-16.00 wib


GARIS BESAR PROGRAM:

* GEMBA Management dan 5S
* Tahapan KAIZEN 5S dalam peningkatan efisiensi, produktivitas, mutu, dan keselamatan kerja
* Peran karyawan dalam organisasi dan menjadikan penerapan 5S sebagai budaya perusahaan
* 7 langkah penerapan 5S di pabrik
* Program evaluasi penerapan 5S di pabrik


METODE & PENDEKATAN PROGRAM:

Program workshop ini interaktif dan hands on learning melalui ceramah, diskusi, simulasi, contoh dengan presentasi video, berbagi pengalaman dari perusahaan penerap yang akan mendorong suasana belajar yang dinamis dan produktif. Pembicara akan selalu menjelaskan konsep, metodologi dan contoh yang konkrit, sehingga para peserta akan mampu menyerap dan mengaplikasikannya dalam latihan yang telah disiapkan.


AGENDA HARI 1:


* KAIZEN dan 5S
* L-1: PERSIAPAN PENERAPAN 5S
* L-2: MENGENALKAN PENERAPAN 5S
* L-3: SEIRI-SORT-SISIH-RINGKAS
* L-4: SEITON-SET IN ORDER-SUSUN-RAPI

AGENDA HARI 2:


* L-5: SEISO-SHINE-SAPU-RESIK
* L-6: SEIKETSU-STANDARDIZE-STANDARISASI-RAWAT
* L-6: SEIKETSU-STANDARDIZE-STANDARISASI-RAWAT (Lanjutan)
* L-7: SHITSUKE-SUSTAIN-SWA DISIPLIN-RAJIN


FASILITATOR:

Ir. CAKRAWIJAYA

Memulai perjalanan karirnya sejak 20 tahun yang lalu dengan pendekatan cara orang belajar naik sepeda. Berbekal pengalaman jatuh bangun yang sangat berharga ini, ia belajar langsung dari sumbernya di perusahaan-perusahaan terkemuka tempatnya bekerja, termasuk dari guru-guru yang hebat disana. Tumbuh, berkembang dan sangat mencintai pekerjaannya dalam berbagi ilmu di shopfloor. Meyakini bahwa Produktivitas, Mutu dan Improvement adalah cara menyelamatkan diri dari persaingan. Dengan berbagi pengalaman dan pemahamannya, mudah-mudahan rekan-rekan para praktisi di shopfloor akan mendapatkan manfaat dari sini.

Sejak awal tahun 2000 sebagai konsultan, Cakrawijaya telah membantu penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai industri baik lokal maupun internasional di Indonesia antara lain: Automotive Manufacturer, Automotive Component Manufacturer, Automotive Sales and Services Provider, Cable Manufacturer, Cast Acrylic Sheet Manufacturer, Ceramic Tile Manufacturer, Coal Mining Industry, Consumer Product Industry (toilet soaps, powder and bar detergents, floorcleaners, fabric softeners, sanitary napkins, tissue and personal care products, etc), Construction Machinery Manufacturer, Electronics and Semiconductor Manufacturer, Float Glass Manufacturer, Flour Mills Industry, Food Industry, Logistic, Distribution and Warehousing Service Provider, Knitting Mills Industry, Paint and Chemical Coating Industry, Melamine Decorative Sheet Manufacturer, Life Insurance Service Provider, Oil & Gas Service Provider, Optical Manufacturer, Pigments Manufacturer, Polyester Industry, Printing, Pencil Lead Manufacturer, Packaging and Flexible Packaging Manufacturer (can, glass, papper and plastic), Steel Manufacturer, Telecomunication Service Provider, Tobacco Clove Cigarette Manufacturer, Wood Working Industry.

Cakrawijaya adalah lulusan dari Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Indonesia, jurusan Teknik Mesin. Pernah bekerja di PT Astra Daihatsu Motor, Engine Plant - Sunter dan Casting Plant – Karawang, Heckert Werkzeugmaschinen – Jerman dan PQM Consultants - Jakarta.


INFO & PENDAFTARAN:

Vera
Telp  : (021) 2902 2128 – 29
Fax   : (021) 2902 2121
Email : Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Berhubungan Dengan:
HOW TO INTERPRET FINANCIAL STATEMENT FOR BETTER DECISIONBy PROVIDENCIA
By PROVIDENCIA
MASTERY FUNDAMENTAL LEADERSHIP TO BECOME INSPIRING SUPERVISOR By PROVIDENC