Berita Bisnis

MANAGING DEBT COLLECTION PRODUCTIVITY WORKSHOP

Ketrampilan melakukan teknik-teknik collection. (Foto: Ist)Ketrampilan melakukan teknik-teknik collection. (Foto: Ist)By INTIPESAN KONSULINDO


PENGANTAR:
Siapapun Anda dan apapun posisi Anda di dalam perusahaan!!! Ketika Finance Director, CFO dan Finance Manager atau Sales Director dan Sales Manager bahkan Credit Director atau Operational Director dan CEO dihadapkan dengan permasalahan internal, sehubungan dengan terjadinya gap financing, short cash flow atau negative cash flow yang mengakibatkan memburuknya likuiditas perusahaan karena:

* Bad Debt!!! (tagihan bermasalah, piutang bermasalah, kredit macet) Kesulitan dalam melakukan akuisisi terhadap aset
* Debitur??? Maka……kebanyakan perusahaan menjadi reaktif dan terjerumus secara tidak sengaja mengambil langkah yang salah (sibuk mencari debt collector dan pengacara)
* Ingat krisis dan kejadian yang sama bisa terulang kembali seperti tahun 1985-1991-1997-2008 hingga kini sedang berlangsung (cashflow-jantung perusahaan terganggu), tidak perduli apakah perusahaan raksasa, besar maupun kecil, semuanya akan terimbas.

APAKAH PERUSAHAAN ATAU INSTITUSI ANDA TERMASUK DI DALAMNYA? Atau mungkin bank Anda atau debitur Anda sudah mengalaminya atau belum. Atau akan mengalami hal yang sama, NAMUN BELUM MENJADI SUMBER PEMBERITAAN NEGATIF.

KINI ANDA CUKUP MENJAWAB DUA PERTANYAAN:
1. JIKA BELUM MENJADI SUMBER BERITA, APAKAH ANTISIPASI SUDAH DILAKUKAN ?
2. JIKA MENJURUS KEPADA SUMBER PEMBERITAAN, BAGAIMANA CARA MENGATASINYA ?


TUJUAN:
MENINGKATKAN KINERJA CASHFLOW DAN MEMPERBAIKI KINERJA PERUSAHAAN ATAU NPL YANG RENDAH BAGI BANK, dengan cara:

* Membangun paradigma baru Debt Collection
* Mengurangi resiko penagihan pada saat penjualan
* Menerapkan teknik-teknik collection yang elegan
* Menagih dengan "Solusi yang Kreatif" (Mengungkapkan semua rahasia sukses dalam penagihan oleh praktisinya secara langsung)
* Dilengkapi dengan aspek hukum yang memang sangat penting dalam mengelola produktivitas penagihan


DIPASTIKAN MEMAHAMI:
* Cara membangun paradigma baru terhadap Debt Collection
* Fungsi dan tujuan Debt Collection yang sesungguhnya
* Risk Management khususnya dalam Debt Collection
* Ketrampilan melakukan teknik-teknik collection
* Tahapan dalam melakukan collection yang baik
* Bagaimana meningkatkan kinerja penagihan
* Teknik restrukturisasi keuangan yang benar & akurat pada Debt Collection
*  Prinsip-prinsip dalam melakukan collection yang sukses
* Strategi membangun remedial account
* Legal Aspect dalam Debt Solutions
* Apa perlunya tindakan preventive & monitoring system
* Teknik-teknik approach yang benar dan akurat dalam managing Debt Collection


RABU-KAMIS, 29-30 APRIL 2015
Hotel THE RITZ CARLTON
JAKARTA


HARI PERTAMA, RABU - 29 APRIL 2015

1. New Paradigm on Debt Collection Management

2. Risk Management on Credit & Collection

3. Key point of Success on Management Debt Collection


HARI KEDUA, KAMIS - 30 APRIL 2015

4. 3 (Tiga) Strategi Membangun Remedial Account B to B

5. Pilihan Strategis dan Tindakan Penagihan Pada Corporate Service Industry Model, Consumer Finance Model, Retail Business Model

6. Legal Aspect on Debt Solution

7. Preventive and Monitoring System


INSTRUKTUR:

RYDON SAGALA, SE.Ak, MBA

Kelahiran 26 Februari 1957 Tapanuli Balige. Memulai pendidikan TK, Sekolah Dasar hingga SMA dan dibesarkan di Kota Medan, Sumatera Utara. Lulusan Sarjana Ekonomi Bidang Akuntansi tahun 1986 Universitas HKBP Nommensen Medan. Pada 1999 menyelesaikan S2 Human Resource Management & Organization Development dan Alumni IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).
Memiliki pengalaman praktek terbaik dan praktis dalam konsultasi Debt Collection Management pada berbagai jenis perusahaan industri dan jasa, sehingga cocok diterapkan pada berbagai industri, jasa keuangan perbankan dan non bank, leasing, automotif, retail, consumer goods maupun distribusi.
Dalam perjalanan karirnya sebagai profesional lebih dari 20 tahun dan konsultan lebih dari 15 tahun, pernah berperan menguasai keahlian bidang perbankan, internal audit, human resource management, sales & marketing.
Berpengalaman sebagai Internal Auditor perbankan selama 7 tahun, praktisi Manager Credit & Operasional perbankan 12 Tahun, Business Development dan HR Consultant 15 tahun. Mengawali karier pada dua bank devisa terkemuka (Bank Niaga dan Bank Danamon) hingga menduduki posisi Senior Executive dan General Manager pada sister company Group Metro TV/Media Indonesia.
Pernah memperoleh penghargaan bidang management dan business di tingkat Asia dan Nasional. Sering diundang menjadi pembicara umum dalam business gathering maupun seminar di beberapa kampus Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri.
Berpengalaman memberikan pelatihan Kepemimpinan dan Management serta Motivasi bersifat praktis dalam berbagai bidang diantaranya, Leadership, Managing People, Business Strategic and Planning, Selling and Marketing Bank, Credit & Trade Finance, Customer Care and Satisfaction, Operational and Service Quality, Service Excellent, Brain Power Management and NLP, Corporate Culture, Seven Habits, Negotiation Skill, Re–Engineering, Team Building, Total Quality Management, Corporate Governance, Balance Scorecard & Strategy Maps, dan bidang Human Resources Development and Management yang terangkum dalam Human Capital and Knowledge Management.
Sudah memberikan berbagai jenis pelatihan soft-skill maupun hard-skill dan Risk Management kepada profesional di berbagai level manajemen (mulai dari tingkat pelaksana hingga pengambil keputusan), kepada lebih dari 50 ribu peserta, serta konsultasi manajemen untuk mengatasi berbagai kasus yang terkait kepada penurunan produktifitas kinerja dan nilai-nilai perusahaan, yang berdampak dan bermuara pada kinerja keuangan.         


DR. GUNAWAN WIDJAYA, SH., MM., MH.


Kelahiran 12 Mei 1969 Medan, Sumatera Utara. Lulusan Sarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia 1990. Memperoleh gelar MM pada 2001 dan Doktor Ilmu Hukum pada 2002 dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
Beliau banyak terlibat dalam berbagai kegiatan dan keanggotaan profesi dalam bidang Hukum antara lain di Jakarta Lawyers Club, AKPI, PERADI, HKPM dan IPPUI.
Semua keterlibatan beliau dalam rangka menunjang dan meng-update profesonalisme di berbagai bidang seperti Advokat, Konsultan Hukum Pasar Modal, Kurator dan Pengurus serta Konsultan Pajak.
Beliau juga sangat aktif dan banyak menulis buku-buku yang berhubungan dengan seri Hukum. Kini jumlahnya lebih dari 50 judul buku, yang sudah diterbitkan dalam berbagai bidang Hukum Bisnis Kepailitan dan Pasar Modal.
Di samping kegiatan sebagai profesional murni, juga aktif sebagai Lektor yang memberi perkuliahan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri di Pulau Jawa, pada mata perkuliahan dalam Aspek Hukum dalam Bisnis, Hukum Acara Perdata, Hukum Persaingan Usaha, Hukum Kepailitan dan PKPU, Hukum Perlindungan Konsumen, dan Praktek Hukum Bisnis.


INVESTASI:


Rp 4.950.000,-/peserta

Rp 3.950.000,-/3 peserta atau lebih

Rp 3.500.000,-/(Early Bird) hanya terbatas pada 15 peserta pendaftar pertama


PEMBAYARAN:

BCA
KCP Pasar Minggu Center Jakarta
Rek. 5470305055
a/n. PT INTIPESAN PARIWARA

BANK BNI
Cab. Melawai Raya Jakarta
AC. 173.68.567
a/n. PT INTIPESAN PARIWARA


INFORMASI PENDAFTARAN:
INTIPESAN KONSULINDO
Jl. Baung IV No. 36 A Kebagusan - Jakarta 12520

Frida
(021) 781 5858 ext. 107
(021) 7883 8781, 781 9830
Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Berhubungan Dengan: