Berita Bisnis

KUNCI LAJU BISNIS RUMAH123.COM

Mampu menarik perhatian pengunjung. (Foto: Ist)Mampu menarik perhatian pengunjung. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pertengahan September 2012, Dewi Fortuna menghampiri Mona Noviyanti. Wanita kelahiran tahun 1982 itu dinobatkan sebagai pemenang utama kontes Rebutan Rumah Gratis, Semudah 1-2-3! yang digelar situs Rumah123.com. Mona berhasil menyisihkan sekitar 70 ribu peserta dan berhak atas rumah senilai Rp 500 juta di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Promo berhadiah itu dilansir sejak medio Mei silam dan berakhir dalam tempo kurang lebih 4 bulan. Peserta yang mencapai 70 ribu dari seluruh Indonesia tentu saja merupakan bukti nyata bahwa program itu menuai sukses. Bahkan, gara-gara Rebutan Rumah Gratis, jumlah pengunjung Rumah123.com diakui sempat lebih dari 2 juta pengunjung pada medio Agustus lalu.

Bagi Rumah123.com, situs yang bernaung dalam jaringan portal properti asal Malaysia bernama iProperty Group, kontes Rebutan Rumah Gratis, Semudah 1-2-3! sejatinya adalah event akbar pertama yang digelar. Ke depan, Rumah123.com malah sudah berencana bakal melaksanakan lagi event sejenis atau pun menyelenggarakan program promo lainnya yang dinilai mampu menarik perhatian pengunjung.

Bukan apa-apa. Itu semua dilakukan demi pencapaian target 2,5 juta pengunjung situs hingga akhir Desember mendatang. Dalam satu kesempatan ke media, Alexander Louiciano, Marketing Communications Manager Rumah123.com, mengatakan bahwa selama kuartal pertama tahun ini, jumlah pengunjung Rumah123.com sudah mencapai satu juta pengunjung.

Tiga bulan berikutnya, angka itu berubah menjadi 1,5 juta pengunjung. Dan, di medio Juli sampai September 2012, Rumah123.com mengklaim telah berhasil menarik perhatian 2 juta pengunjung. Itu pula sebabnya, di lamannya, Rumah123.com sudah memproklamirkan dirinya sebagai portal properti nomor satu di Indonesia. Bahkan, Rumah123.com menyatakan dirinya menjadi sumber nomor satu acuan kualitas dalam industri properti.

Terlepas dari urusan klaim dan ambisi di atas, jurus yang dipertontonkan oleh Rumah123.com sampai saat ini, agaknya patut untuk disimak. Paling tidak -tanpa bermaksud lebay- bisa menjadi bahan pembelajaran yang berguna.

Ambil contoh, implementasi aplikasi khusus di BlackBerry maupun smartphone semacam Android dan iPhone. Kelompok usaha iProperty Group sebelumnya telah berhasil menerapkan aplikasi tersebut di beberapa negara, seperti di Malaysia, Singapura, dan Hongkong.

Bergabung dalam  jaringan situs iProperty.com yang sudah beroperasi lebih dulu di  beberapa negara. (Foto: Ist)Bergabung dalam jaringan situs iProperty.com yang sudah beroperasi lebih dulu di beberapa negara. (Foto: Ist)Nah, bagaimana dengan Indonesia? Tanpa analisa njelimet, iProperty Group yakin aplikasi itu bakal memperoleh animo tinggi dari konsumen Indonesia. Alasannya, sederhana saja. Indonesia adalah "surga" pengguna internet sekaligus "nirwana" bagi pengguna smartphone. Fakta ini tentu saja sulit untuk diabaikan oleh para pemasang iklan. Alhasil, bermodalkan aplikasi yang beroperasi dengan mulus, maka bidikan selanjutnya berupa belanja iklan properti, tampaknya akan mudah untuk digapai.

Rumah123.com pernah mengungkapkan data, bahwa pada tahun ini, total belanja iklan properti Indonesia ditaksir lebih dari US$ 100 ribu. Akan tetapi, dari jumlah tersebut, hanya sekitar 10 persen yang dikucurkan ke media online. Mengapa? Bisa jadi berawal dari anggapan bahwa jumlah populasi yang terpapar iklan media online belum seefektif dan sebanyak media konvensional. Lewat aplikasi khusus tadi, iProperty Group ingin meluruskan pemahaman itu sekaligus berambisi mendulang fulus dari belanja iklan media online.

Berikutnya adalah pengembangan kemitraan strategis dengan pihak-pihak yang dinilai potensial untuk mendatangkan pengunjung Rumah123.com. Salah satunya adalah Real Estate Indonesia (REI). Melalui kerjasama yang diteken pada medio April 2012 di Manado itu, Rumah123.com memberikan kesempatan istimewa bagi anggota REI untuk mempromosikan beragam proyek propertinya.

Di sisi lain, Rumah123.com juga merangkul portal Tempo.co.id, Kontan.co.id, Urbanesia.com, dan Republika.co.id. Di Tempo.co.id misalnya, kemitraan itu terwujud lewat hubungan tautan Rumah123.com langsung ke http://properti.tempo.co dan sebaliknya konsumen juga akan memiliki tautan langsung kembali ke Rumah123.com. Pendek kata, Rumah123.com mengincar trafik yang tinggi dari jalinan kerjasama tersebut.

Jurus lain adalah pengayaan data base produk properti yang dipajang. Beberapa waktu lalu, Rumah123.com menyampaikan informasi menarik bahwa dari total 57.258 pencarian properti pada medio Agustus 2012, sebanyak 8.035 pencarian adalah pencarian hunian di kawasan Bumi Serpong Damai. Jumlah tersebut meningkat sebesar 20 persen ketimbang bulan sebelumnya. Jujur, tanpa listing yang memadai, kondisi seperti itu kelihatannya sulit untuk diceritakan.

Masih di lamannya, Rumah123.com pun mengabarkan bahwa dirinya telah berhasil menghimpun lebih dari 90 ribu listing online plus kurang lebih 6,500 agen properti yang aktif beriklan. Perihal developer yang beriklan, disebutkan mencapai ratusan pengembang. Rumah123.com optimis angka-angka tersebut bakal semakin menanjak di masa-masa mendatang mengingat berbagai inovasi yang akan dilakukan di kemudian hari.

Menggelar berbagai  inovasi yang akan dilakukan di kemudian hari. (Foto: Ist)Menggelar berbagai inovasi yang akan dilakukan di kemudian hari. (Foto: Ist)Situs Rumah123.com semula dimiliki dan dikelola oleh PT Web Marketing. Namun, medio Juni tahun lalu, IPGA Limited alias IProperty Group mengakuisisinya bermodalkan dana sebanyak 1 juta dolar Australia. Selain itu, IPGA Limited juga membeli situs rumahdanproperti.com yang dikelola Web Marketing.

Otomatis kedua situs itu bergabung dalam jaringan situs iProperty.com milik IPGA Limited yang sudah beroperasi lebih dahulu di pasar properti online di Malaysia, Singapura, Hongkong, Filipina, dan India.

Tanpa menafikan fakta yang ada, kenyataan ini tentu saja merupakan modal yang sangat besar bagi laju bisnis Rumah123.com di kemudian hari. Karena itu pula, dibanding pebisnis sejenis, langkah Rumah123.com tampak jauh lebih bertenaga dan agresif. Buktinya, di media cetak, Rumah123.com hadir lewat majalah Rumah123.com dan tabloid Rumah123.com. Pun, di bidang event, ada Rumah123.com Property Fair.

Yang terbaru adalah Rumah123.com mengadakan lomba foto rumah dengan logo Rumah123.com untuk 123 finalis sejak Juni hingga September 2012. Nantinya, 11 pemenang terpilih akan memperoleh rumah gratis. Setali tiga uang dengan Rebutan Rumah Gratis, Semudah 1-2-3!, lomba foto itu juga digelar dengan tujuan agar pamor dan bisnis Rumah123.com bisa meningkat.

Untuk saat ini, kombinasi program promo, aplikasi khusus, kemitraan strategis, dan pengayaan data yang intensif ampuh menjadi kunci laju bisnis Rumah123.com. (BB/dbs/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyambut usianya yang ke-14, situs belanja
(Berita-Bisnis) - Dengan menampilkan fitur KR Map dan fitur KR ID, PT Comim
(Berita-Bisnis) - Diklaim seharga Rp 2 ribu per kartu, PT BrainCode Solutio