Berita Bisnis

BUKAN SEKEDAR MENGGANTI LOGO

Memodernisasi jaringan terlebih dahulu. (Foto: Ist)Memodernisasi jaringan terlebih dahulu. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) – Di tengah riuh rendah persaingan industri telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. beberapa waktu lalu tiba-tiba merilis slogan barunya: XLangkah Lebih Maju.

Slogan itu, begitu kata pihak XL, adalah bentuk nyata komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman dan manfaat lebih kepada pelanggannya. Selain berupa produk, manfaat yang dijanjikan adalah pelayanan yang melebihi harapan.

Terdengar berlebihan? Atau cukup masuk akal?

Mari kita lihat.

Agar akses layanan data dan internet yang luas dan cepat, mudah, serta murah, bisa dirasakan, XL Axiata terlebih dahulu membenahi dan memodernisasi jaringannya. Proyek ini dikerjakan jauh sebelum November 2011. Jika Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata sebelumnya hanya nangkring di jaringan 2G, belakangan ditingkatkan kelasnya menjadi 3G Node B.

Bukan apa-apa. Di samping mencapai tujuan seperti yang disebut tadi, XL Axiata sadar bahwa sesungguhnya kalau dirinya didukung infrastruktur yang kuat, maka ke depannya, XL Axiata bakal semakin leluasa menciptakan banyak inovasi.

Itu sebabnya, ketika mengumumkan pemakaian slogan baru XLangkah Lebih Maju sekitar awal November 2011, XL Axiata tampak gagah menawarkan layanan HotRod 3G+ kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Disebutkan, teknologi HotRod 3G+ atau jaringan 3,75G yang sudah didukung infrastruktur terbaru, memungkinkan pelanggan menikmati data (video) streaming yang lebih cepat.

Jangan tanya soal short message service yang kerap pending atau blackberry messenger yang tak kunjung sampai ke tujuan. Masalah-masalah semacam itu sudah menjadi cerita lama karena teknologi baru dari XL Axiata. Layanan telepon seluler (ponsel) apalagi, dijamin lebih jernih.

Seolah belum cukup, harga pun tak luput dibenahi. XL Axiata menyediakan paket-paket data yang inovatif dan dikemas dengan harga terjangkau agar bisa menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

Contohnya, paket BlackBerry Xmua 49 yang terdiri dari paket bulanan layanan internet tanpa batas dan paket layanan lengkap.

Ada pula paket BlackBerry Bizz yang mencakup layanan push email dan chatting, serta blackBerry messenger dengan tarif per hari. Termasuk paket menarik untuk ponsel pintar, seperti BlackBerry Bold 9900, Iphone 4, Galaxy S2, dan tablet.

Berbarengan dengan perubahan-perubahan itu, XL Axiata pun menghadirkan portal goKlik untuk semakin memudahkan jalur komunikasi di antara dirinya dengan para pelanggan.

Nah, supaya semua kerja keras itu bisa berjalan mulus, terutama untuk mendukung pertumbuhan bisnis layanan datanya, XL Axiata kemudian merestrukturisasi organisasinya. Terbitlah sebuah unit bisnis baru. Unit bisnis yang secara khusus memberikan perhatian besar kepada layanan mobile data dengan penekanan terhadap service management.Memberikan kepuasan kepada pelanggan. (Foto: Ist)Memberikan kepuasan kepada pelanggan. (Foto: Ist)

Apa komentar Tommy Wattimena? Senior Vice President Branding & Communication XL Axiata itu, menunjukkan satu contoh bukti. Hingga akhir Oktober 2011, portal goKlik telah diakses lebih dari 24,5 juta pelanggan.

Adapun pengguna layanan data XL Axiata bertumbuh signifikan. Jumlahnya telah mencapai 24,1 juta pelanggan dari total 45 juta pelanggan yang kini menggunakan jasa layanan XL Axiata.

Arti contoh di atas sangat jelas. Slogan baru XL Axiata semakin menancap di benak konsumen karena bisa memberikan bukti nyata.

Slogan memang berperan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah merek dan keberlangsungan suatu usaha. Pasalnya, slogan dapat membangun persepsi konsumen mengenai citra sebuah produk maupun perusahaan.

Lebih dari itu, dengan fungsi strategisnya, slogan bisa menjadi aset merek yang paling berharga bila mampu mengakar di ingatan masing-masing konsumen. Karena itu, bersyukurlah bila daya ingat konsumen terhadap slogan bisa bertahan cukup lama.

Tentu saja, perjalanan slogan baru XL Axiata tidak bakal mudah ke depannya, berhubung para pesaing sudah pasti menyiapkan strategi dan amunisi baru untuk menghadangnya.

Namun, berbekal Customer Loyalty Award 2011 dari Octovate Consulting Group & Majalah SWA, serta Service Excellence Award 2011 dari MarkPlus, perjalanan itu agaknya akan bisa dilalui.

Maklum, Customer Loyalty Award 2011 yang diraih XL Axiata untuk kategori layanan GSM Prabayar dan GSM Pasca Bayar, mencerminkan manajemen pengelolaan pelanggan kartu Prabayar dan Pasca Bayar XL, sehingga para pelanggannya bukan saja menjadi loyal, akan tetapi juga bersedia secara sukarela mempromosikan produk tersebut ke orang lain.

Sementara, Service Exellence Award 2011 mencerminkan tingkat kepuasan pelanggan yang maksimal atas layanan XL Axiata, mulai dari sebelum membeli, saat membeli dan sesudah melakukan pembelian.


Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Setelah membuka secara resmi Ibis Styles Bali Benoa dan I
(Berita-Bisnis) - Dengan menawarkan program promo berupa tarif menginap mul
(Berita-Bisnis) - Selama medio Juli ini, PT Cito Putra Utama -pemilik dan p