Berita Bisnis

TRIK KFC GARAP PELANGGAN MUDA

Melibatkan artis papan atas. (Foto: Ist)Melibatkan artis papan atas. (Foto: Ist)(BeritaBisnis) - Di bulan November 2011, Justinus Dalimin Juwono, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk., mengutarakan rencana bisnis pihaknya pada tahun ini. Katanya, Fast Food Indonesia ingin menambah 20 restoran baru agar bisa meraih penjualan sebesar Rp 3,78 triliun sepanjang tahun 2012.

Bisakah?

Ya atau tidak, waktu jualah yang pantas menilai.

Yang jelas, di awal tahun 2011, persisnya pertengahan Januari, pengelola restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) itu meluncurkan game online kategori dress up game bertajuk Putri Impian.

Bekerjasama dengan vendor RedThree, Putri Impian dirancang sebagai permainan simulasi tentang bagaimana merancang busana dan aksesoris supaya menjadi cantik seperti putri raja.

Yang menjadi sasaran game online ini tentu saja para pelanggan KFC, khususnya anak-anak perempuan berusia 5 tahun sampai 13 tahun.

Adapun label Putri Impian diambil dari judul lagu yang dipopulerkan oleh 3C (baca: tri-si).  Trio penyanyi cilik di bawah naungan MFI KFC itu sekaligus menjadi ikon dalam permainan ini.

Cara memainkan game online Putri Impian sangat mudah. Pengunjung cukup mengakses situs www.putriimpian.com dan kemudian mendaftarkan diri sebagai pemain. Setelah itu, dipersilahkan untuk memilih karakter yang akan didandani.

Pada tahap inilah, pemain asyik melakukan dressing up, ganti baju, pasang aksesori, ganti model rambut, dan lain sebagainya.

Menyisipkan materi  edukasi untuk anak-anak. (Foto: Ist)Menyisipkan materi edukasi untuk anak-anak. (Foto: Ist)Agar bisa tampil maksimal, ada juga kostum dan aksesori yang dapat dibeli melalui pengisian poin di berbagai gerai KFC. Per vouchernya dihargai Rp 5 ribu. Jika dibeli, maka pemain alias si anak otomatis mengantongi uang virtual senilai Rp 500 ribu.

Selain menyedikan nuansa permainan, Putri Impian juga menyisipkan materi edukasi yaitu anak-anak diberi kesempatan dan pelajaran untuk mengelola keuangannya sendiri.

Meski baru seumur jagung, Putri Impian memperoleh sambutan yang luar biasa. Dalam catatan KFC, lebih dari 57 ribu visitor telah mengunjungi dan bermain game online Putri Impian. Adapun jumlah real player (mereka yang rutin bermain) mencapai sekitar 14 ribu, melewati target yang dipatok KFC, yakni 10 ribu real player. Sementara waktu yang dihabiskan para pemain rata-rata tujuh menit.

Sebelumnya, KFC juga telah menghadirkan www.kfcgaul.com yang diposisikan sebagai sarana interaksi KFC dengan para pelanggannya yang berasal dari kalangan kawula muda. Dan, sesuai dengan keinginan segmen tersebut, www.kfcgaul.com pun dilengkapi dengan fitur semacam KFC Youtube, KFC Music Video, dan lomba upload foto.

Khusus KFC Music Video, fitur ini memungkinkan pelanggan untuk meng-upload video ekspresif mereka sembari makan ayam goreng KFC dan kemudian akan diperlombakan. Pemenangnya punya peluang menjadi bintang iklan TVC KFC. Sementara pemenang lomba upload foto akan mendapat kesempatan tampil di dinding-dinding gerai KFC.

Menurut Novrizal, Brand Manager Fastfood Indonesia, perhatian terhadap pelanggan berusia muda sudah dilakukan sejak tahun 2006 silam. Program yang diluncurkan ketika itu adalah Music Hit List.

Di samping menjaring musisi-musisi muda yang baru, Music Hit List juga diarahkan menjadi jembatan komunikasi antara KFC dengan pelanggannya. Tak terkecuali program Combo Hit List yang saat ini sudah berhasil menghimpun 400 ribu lebih member.

Sama seperti Putri Impian, program musik itu juga menuai sukses. Apalagi setelah sukses menggandeng artis papan atas terlibat dalam Musik Hit List, penjualan langsung melejit hingga menembus 600 ribu keping CD per bulan. Kondisi yang masih berlangsung sampai sekarang.

Hampir menembus batas mayoritas. (Foto: Ist)Hampir menembus batas mayoritas. (Foto: Ist)Putri Impian, www.kfcgaul.com, dan program musik Hit List sejatinya mencerminkan kejelian KFC untuk menghadirkan gaya hidup modern kepada para pelanggan mudanya lewat pemanfaatan teknologi informasi.

Dan, bersama aktifitas pemasaran lainnya, seperti renovasi gerai dan pergeseran cara pandang sumber daya manusianya terhadap pekerjaan yang dilakoninya, membuat KFC kembali menempati posisi bagus di benak konsumen sebagai tempat makan sekaligus hang out yang sesuai dengan life style saat ini.

Dalam catatan KFC, selama 5 tahun terakhir, jumlah pelanggan usia muda yang berkunjung ke 406 gerai KFC yang tersebar di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan, nyaris menembus batas mayoritas. Asal tahu saja, tak kurang dari 15 juta pengunjung datang ke gerai KFC setiap bulan.

Memang, life style kini menjadi centrum yang tak boleh terlupakan dalam dunia pemasaran. KFC pun memetik keuntungan dengan merangkainya bersama game online dan program musik.

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Setelah mengelola Favehotel Wachid Hasyim, Kemang, Pasar
(Berita-Bisnis) - Bercermin dari keberhasilan penjualan e-voucher MOLPoints
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka merayakan 75 tahun usia Larutan Penyegar Cap