Berita Bisnis

MEREK MELESAT BERKAT JINGLE MENARIK

Cepat meresap di benak konsumen. (Foto: Ist)Cepat meresap di benak konsumen. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Jangan pernah meremehkan kekuatan jingle. Apalagi jingle Sari Roti. Disengaja atau tidak, jingle yang satu ini pernah menyedot perhatian masyarakat Indonesia gara-gara menyelinap dalam wawancara langsung Nazaruddin dengan Metro TV.

Sayangnya, setelah peristiwa itu, belum ada satu survei pun yang digelar untuk menelisik berapa besar andil momen yang menghebohkan itu kepada brand value Sari Roti.

Namun, yang pasti, mayoritas masyarakat tampaknya sudah akrab dengan jingle ini. Bahkan, bisa jadi, jingle inilah yang selalu setia dan yang pertama menyapa para pelanggannya di pagi hari.

Kurang lebih 2 juta potong roti tawar dan roti manis Sari Roti diproduksi di lima pabrik milik PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. setiap harinya. Dari dua pabrik di Cikarang plus pabrik yang berlokasi di Pasuruan, Semarang, dan Medan, Nippon Indosari Corpindo kemudian menyebarkannya ke berbagai jaringan distribusi yang telah tertata rapi.

Selain menghampiri agen dan 24 ribu outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, Sari Roti pun mendekati pelanggan melalui 2300 armada gerobak sepedanya. Di tangan pasukannya inilah, jingle lantas menjadi sarana komunikasi ampuh yang melesatkan merek Sari Roti.

Menurut Yusuf Hady, Direktur Operasional Nippon Indosari Corpindo, sedari awal jingle itu memang dipakai sebagai alat untuk meraih top of mind di benak masyarakat. Nah, bila merek sudah diingat, maka usaha untuk mendekati sekaligus meraih loyalitas pelanggan diperkirakan akan lebih mudah. Kurang lebih begitulah alur pemikirannya yang belakangan terbukti menuai hasil yang menggembirakan.

Alat meraih top of  mind di benak masyarakat. (Foto: Ist)Alat meraih top of mind di benak masyarakat. (Foto: Ist)Sewaktu memilih jingle, Nippon Indosari Corpindo mempertimbangkan dua hal. Yang pertama adalah jingle mesti terkait dengan merek. Dan, yang kedua, harus sederhana sehingga cepat meresap di benak konsumen.

Faktor lain yang juga menjadi bahan pertimbangan adalah jingle jangan terlalu panjang dan juga jangan terlalu pendek. Namun, mudah diucapkan dan cukup menarik untuk didengar.

Yusuf mengakui, armada pasukan penjual berkeliling yang wajib memperdengarkan jingle tersebut memiliki andil yang sangat vital. Terlebih-lebih membantu mengembangkan penetrasi distribusi Sari Roti hingga ke tangan konsumen.

Keberadaan jingle memang cuma salah satu aspek pendorong kesuksesan Nippon Indosari Corporindo dengan Sari Roti-nya sampai saat ini. Tapi, jangan lupa, jingle itu pula yang turut mengantar Sari Roti berhasil meraih Top Brand Award pada tahun 2009-2010 dan Top Brand Kids Award di tahun 2009-2011 sebagai produk yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Jejak jingle yang sama juga tertoreh di saat Nippon Indosari Corpindo menjadi salah satu dari tiga perusahaan Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar 200 Best Under A Billion versi Majalah Forbes. (BB/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dewi Fortuna tampaknya sedang 'tersenyum lebar' kepada Ta
(Berita-Bisnis) - Mengusung isu kebersihan toilet sekolah, PT Unilever Indo
(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng PT Unilever Food Solutions, PT Eka Bog