Berita Bisnis

RUMAH KOMUNITAS, KREASI BARU ALFAMART UNTUK MENJAGA PELANGGANNYA

Menyediakan ruang khusus untuk aktifitas semua lapisan masyarakat. (Foto: Ist)Menyediakan ruang khusus untuk aktifitas semua lapisan masyarakat. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Di tengah perkembangan dunia ritel yang begitu pesat, pelaku bisnis yang berkecimpung di sektor usaha itu agaknya harus cermat menghitung langkahnya. Tak terkecuali, waspada terhadap jurus-jurus marketing yang dilancarkan para kompetitor. Sebab, jika lengah sedikit, resiko yang mesti ditanggung terhitung cukup besar. Kalau pun tidak segera tutup, bisa-bisa toko yang dikelola bak hidup segan mati tak mau.

Apa yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. bisa menjadi contoh yang menarik untuk disimak. Pemilik jaringan minimarket Alfamart ini baru saja menghadirkan Rumah Komunitas berupa satu ruang khusus yang bisa dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat untuk berkumpul, bersosialisasi, berinteraksi, bermusyawarah, dan beragam aktivitas di luar SARA dan POLITIK.

Dan, merujuk ke informasi yang sudah disebar, cara pemanfaatan Rumah Komunitas cukup mudah. Bagi masyarakat atau komunitas yang ingin menggunakannya -seperti ulang tahun, nonton bareng, demo masak, senam, karang taruna, rapat warga, dan beragam aktivitas lainnya- tinggal datang ke gerai yang dilengkapi dengan Rumah Komunitas.

Di tempat itu, mereka diperkenankan untuk mengecek jadwal yang kosong sekaligus bertemu dengan pejabat toko atau staf gerai Alfamart yang bertugas untuk layanan tersebut. Setelah mengisi form yang tersedia, calon pemakai kemudian mesti memperoleh ijin dari RT/RW setempat dimana Rumah Komunitas tersebut berdomisili.

Tahap selanjutnya adalah pengecekan ulang dari staf gerai Alfamart. Jika disetujui, calon pengguna bakal mendapat struk jadwal pemakaian ruangan Rumah Komunitas. Bila tiba waktunya, struk tersebut kembali diperlihatkan kepada staf gerai atau pun pejabat toko untuk divalidasi. Setelah itu, barulah masyarakat dapat menggunakan Rumah Komunitas secara gratis.

Kata Solihin, Corporate Affair Director Alfamart, Rumah Komunitas itu adalah wujud konkrit bentuk pengabdian pihaknya kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan ruang khusus untuk beraktivitas. Selain itu, Rumah Komunitas juga diposisikan sebagai sarana untuk mendekatkan Alfamart ke masyarakat sekitar maupun komunitas-komunitas yang berada tak jauh dari gerai.

Rumah Komunitas diarahkan untuk meningkatkan awareness Alfamart.  (Foto: Ist)Rumah Komunitas diarahkan untuk meningkatkan awareness Alfamart. (Foto: Ist)Tentu saja, pesan yang tak boleh dilupakan via dibukanya Rumah Komunitas itu adalah target Sumber Alfaria Trijaya untuk meningkatkan awareness Alfamart di benak pelanggannya. Dan, yang lebih penting lagi adalah Rumah Komunitas tampaknya merupakan jawaban baru Sumber Alfaria Trijaya guna mensiasati "pertempuran" yang terjadi di bisnis minimarket yang nyaris tidak bisa dibedakan secara sepintas dengan convenience store.

Yang disebut terakhir itu, belakangan memang memperlihatkan dinamika bisnis yang sangat riuh. Bahkan, gerai salah satu pebisnis convenience store jamak ditemui di berbagai sudut-sudut strategis. Diakui atau tidak, kehadiran convenience store itu pun bisa menjadi ancaman serius yang tak boleh diabaikan oleh Alfamart.

Rumah Komunitas memang bukan satu-satunya program yang dihadirkan oleh Sumber Alfaria Trijaya untuk mensiasati turbulensi bisnis minimarket. Sebelumnya, Arisan Bareng Member Alfamart sudah dirilis dan ditujukan kepada pelanggan yang tercatat sebagai member Alfamart.

Tidak jauh berbeda dengan persyaratan Rumah Komunitas, event arisan yang akan disponsori Alfamart itu juga mewajibkan member Alfamart terlebih dahulu mendaftarkan atau mereferensikan grup arisannya ke gerai Alfamart terdekat.

Tapi, jangan lupa. Selain menulis nama dan nomor kartu member Alfamart, pelanggan juga diminta untuk bercerita singkat perihal kelompok arisannya. Mulai dari nama dan jumlah anggota, jadwal arisan serta kegiatan yang sering dilakukan plus mencantumkan alasan mengapa disponsori oleh Alfamart.

Khusus wilayah Jabotabek, pendaftaran bisa dilakukan melalui email ke Customer Care atau fan page Facebook Alfamart Sahabat Indonesia dan twitter @alfamartku serta berlangsung mulai dari 1 Januari hingga akhir tahun ini. Adapun support Alfamart bakal dimulai dari tanggal 1 April sampai 31 Desember 2011. Dipastikan, beberapa event grup arisan akan disponsori setiap bulannya.

Program arisan di atas sesungguhnya beranjak dari profil segmen pasar yang dibidik Alfamart. Diketahui, mayoritas pengunjung sekaligus pembeli produk-produk yang tertata rapi di rak-rak Alfamart adalah kaum ibu rumah tangga yang akrab dengan event arisan. Jadi, demi meningkatkan kualitas layanan sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggannya, Alfamart pun tak sungkan lagi mendukung acara arisan member-nya. Toh, komunitas inilah yang selama ini tetap setia mampir ke gerai-gerai Alfamart.

Tak lepas dari profil segmen pasar yang dibidik Alfamart. (Foto: Ist)Tak lepas dari profil segmen pasar yang dibidik Alfamart. (Foto: Ist)Jauh sebelumnya, sudah hadir pula layanan payment point untuk pembayaran cicilan kredit motor dengan FIF dan WOM maupun pembayaran PLN yang dilakukan secara bertahap mulai dari Jabodetabek hingga ke seluruh Indonesia di gerai-gerai Alfamart. Atau, tersedianya layanan pesan antar untuk minimal belanja senilai rupiah tertentu plus penempatan mesin ATM di beberapa toko yang potensial.

Menurut Velina Yulianti, Director Marketing & Business Development Alfamart, semua layanan tersebut didesain untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada para pelanggan.

Tak terkecuali, Rumah Komunitas yang sementara ini baru dioperasikan di gerai Alfamart kawasan Pasar Minggu. Ke depan, Rumah Komunitas-Rumah Komunitas lainnya besar kemungkinan akan segera dihadirkan di berbagai lokasi.

Maklumlah, seiring merebaknya gaya hidup modern, minimarket tampaknya tidak lagi hanya sekedar tempat pertemuan penjual dan pembeli. Ada perubahan perilaku konsumen yang saat ini gandrung bertemu atau sekedar hang out di gerai-gerai minimarket maupun convenience store yang perlu dipantau dengan serius. (BB/dbs/Christov)







Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Bercermin dari keberhasilan penjualan e-voucher MOLPoints
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka merayakan 75 tahun usia Larutan Penyegar Cap
(Berita-Bisnis) - Jika tak ada aral melintang, PT Catur Mitra Sejati Sentos