Berita Bisnis

AKSELERASI BISNIS ALA TOKOBAGUS.COM

Mendorong percepatan bisnis yang dilakoni. (Foto: Ist)Mendorong percepatan bisnis yang dilakoni. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Kiprah selama tujuh tahun belakangan ini akhirnya membuahkan hasil yang positif. Lewat survei Indonesia Brand Champion Award 2012 yang dilakukan MarkPlus Insight pada 10-14 Februari 2012 di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar, situs Tokobagus.com dinobatkan sebagai The Most Popular Online Shop Brand dalam segmen situs niaga.

Asal tahu saja, Indonesia Brand Champion Award adalah ajang apresiasi yang melibatkan pelaku industri di bidang teknologi, komunikasi, informatika, dan perangkat selular serta digital di Indonesia.

Memang, dalam skala ekonomi sebuah entitas bisnis, penghargaan tidak otomatis berkorelasi linier dengan pertumbuhan pendapatan, apalagi bila bicara keuntungan. Kendati begitu, toh sebuah penghargaan dapat berbicara banyak. Dan, tentu saja, kelak bisa mendatangkan benefit positif yang lebih banyak lagi.

Tokobagus.com terhitung pemain yang datang belakangan di ranah bisnis situs jual-beli di Indonesia. Jauh sebelumnya, plasa.com, tokopedia, indonetwork, maupun situs lainnya lebih dahulu berkiprah di pentas bisnis yang satu ini.

Namun, Tokobagus.com bisa dibilang adalah situs e-commerce pertama di Indonesia yang berani berpromosi melalui media konvensional televisi.

Menurut Arnold Sebastian Egg, pendiri Tokobagus.com, aktifitas marketing melalui iklan TVC tersebut adalah siasat pihaknya untuk tetap eksis di tengah-tengah persaingan situs jual-beli sekarang ini.

Bersamaan dengan itu, dengan tampil di layar monitor televisi, Tokobagus.com juga ingin memperluas awareness plus berguna untuk menyapa lebih banyak lagi jumlah para shopaholic di dunia maya. Lebih dari itu, juga diarahkan sebagai upaya peningkatan branding serta membantu para seller di Tokobagus.com.

Dalam rentang waktu satu hari, iklan televisi Tokobagus.com bisa muncul hampir kurang lebih 50 kali, khususnya di waktu-waktu prime time, di televisi nasional. Memang, durasi tayangan itu relatif singkat, akan tetapi frekuensinya termasuk sering.

Memperoleh  peningkatan revenue yang cukup signifikan. (Foto: Ist)Memperoleh peningkatan revenue yang cukup signifikan. (Foto: Ist)Dan, bagi Tokobagus.com, iklan di televisi itu ternyata mampu mendatangkan hasil yang diharapkan. Menurut Ichwan Sitorus, Public Relation Manager Tokobagus.com, dalam tempo 5 bulan terakhir -semenjak TVC Tokobagus.com ditayangkan di televisi- terjadi peningkatan revenue yang signifikan.

Mulai dari yang memasang iklan di Tokobagus.com atau pun bertambahnya mitra baru yang melayangkan permohonan kerjasama. Para mitra baru itu berasal dari bisnis fashion, otomotif, properti, lifestyle, elektronik, komputer, gadget, jasa, dan lain sebagainya.

Dibanding pebisnis sejenis yang lain, Tokobagus.com menyediakan fitur layanan pemasangan iklan gratis plus verified member yang bermanfaat untuk memverifikasi kebenaran alamat member-nya. Tokobagus.com juga memiliki fitur promo point sebagai sarana tambahan bagi pemasang iklan agar iklannya mudah dilihat oleh para pengunjung situs.

Manakala kemasan apik produk ini disosialisasikan lebih luas via monitor televisi, tak ayal sambutan yang diperoleh pun semakin banyak. Pendek kata, iklan di televisi terbukti mampu mendorong percepatan atau akselerasi bisnis yang dilakoni Tokobagus.com.

Bukti untuk itu adalah update iklan yang tercatat lebih dari 50 ribu listing iklan baru yang bersumber dari berbagai macam produk maupun jasa. Pararel dengan situasi tersebut, anggota aktif Tokobagus.com pun kini lebih dari 2 juta. Soal pengunjung, data Tokobagus.com memperlihatkan tak kurang dari 10 juta visitors berkunjung setiap harinya ke situs yang didirikan pertama kali pada tahun 2005 silam. (BB/dbs/Christov)









Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyambut usianya yang ke-14, situs belanja
(Berita-Bisnis) - Dengan menampilkan fitur KR Map dan fitur KR ID, PT Comim
(Berita-Bisnis) - Mengantisipasi meluasnya penetrasi smartphone yang dileng