Berita Bisnis

JURUS DANAMON UNTUK KARTU BARUNYA

Sebanyak 38 nasabah akan dikirim ke Old Trafford setiap tahun. (Foto: Ist)Sebanyak 38 nasabah akan dikirim ke Old Trafford setiap tahun. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Pertengahan Maret lalu, persisnya pada Minggu 11 Maret 2012, tim Consumer Banking Bank Danamon secara serentak berada di enam kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan Makassar.

Apa pasal? Bukan apa-apa. Bersama penggemar klub Manchester United (MU), mereka sedang nonton bareng (nobar) pertandingan sepak bola MU versus West Bromwich Albion, kala itu.

Ambil contoh di Yogyakarta. Event nobar itu dilangsungkan di Lumbung Padi dan dihadiri tak kurang dari 100 pecinta MU. Adapun di Medan, hajatan serupa dilaksanakan di Merdeka Walk dengan jumlah pengunjung beda tipis dengan penonton di kota gudeg.

Kelak, nobar semacam itu bakal dilaksanakan secara rutin sekali sebulan. Itu kata Dessy Masri, Executive Vice President Card Business Head Bank Danamon yang hadir di Merdeka Walk.

Dessy dan rekan-rekannya sejatinya bukan sedang plesiran. Justru mereka sedang berjualan, menawarkan kartu Debit/ATM Danamon hasil kerjasama co-branding antara PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dengan MU yang telah dirilis secara resmi pada awal Maret 2012.

Buktinya, terbuka kesempatan besar bagi pecinta MU maupun penonton nobar yang hadir untuk membuka tabungan sekaligus memperoleh kartu Debit/ATM Danamon MU secara langsung di lokasi itu juga. Cukup menyetor Rp 250 ribu sebagai setoral awal, kartu sudah bisa dibawa pulang.

Masih di acara yang sama, fans MU serta penonton bisa juga mengajukan aplikasi kartu kredit Danamon MU yang telah lebih dulu hadir ketimbang kartu Debit/ATM.

Cara serupa diterapkan di Lumbung Padi Yogyakarta. Denny Dilham, Vice President Telemarketing, Portfolio & Loyality Head Bank Danamon, bersama timnya menjajakan kartu Debit/ATM Danamon MU. Hasilnya, mereka memperoleh respon yang positif.

Tapi, jangan salah. Itu baru langkah awal dari rencana Bank Danamon yang mengincar 5 ribu hingga 10 ribu pemegang kartu Debit/ATM barunya untuk wilayah pemasaran Yogyakarta dan sekitarnya.

Sementara secara nasional, demikian menurut Michellina Triwardhany, Consumer Banking Director Bank Danamon, pihaknya menargetkan 400 ribu nasabah baru pemegang kartu Debit/ATM Danamon MU.

Strategi co-branding dengan klub Setan Merah itu sesungguhnya merupakan cara yang ditempuh Bank Danamon untuk menambah jumlah pemegang kartu kredit maupun Debit/ATM-nya. Sekedar informasi, pada tahun 2011, Bank Danamon baru bisa mengumpulkan 1,4 juta pemegang kartu Debit/ATM. Sedangkan, angka pemegang credit card-nya, tampaknya masih jauh ketinggalan. Baru berkisar 600 ribu nasabah hingga pertengahan tahun lalu.

Memanfaatkan kecintaan para fans MU. (Foto: Ist)Memanfaatkan kecintaan para fans MU. (Foto: Ist)Di saat yang sama, jumlah pemakai kartu kredit BCA sudah menyentuh angka 2,2 juta nasabah. Bank Mandiri sendiri telah berhasil menghimpun 2 juta pemegang kartu kredit. Pendek cerita, posisi kartu kredit Bank Danamon masih di luar lima besar penerbit kartu kredit di Indonesia, waktu itu. Bagaimana dengan posisi kartu Debit/ATM-nya? Kelihatannya, nasibnya juga tak jauh berbeda.

Itu sebabnya, MU pun diajak bekerjasama. Bak gayung bersambut, MU menerima pinangan itu. Klub pelanggan juara Premier League Inggris ini melihat ada kurang lebih 30 juta fansnya di Indonesia. Via Facebook, tercatat kurang lebih 3 juta fans MU di Indonesia. Lebih dari itu, pertandingan MU tercatat disaksikan hampir 300 juta kali di Indonesia, pada musim pertandingan lalu.

Meski demikian, ada juga alasan lain bagi MU untuk bersedia bekerjasama dengan Bank Danamon. Menurut Richard Arnold, Commercial Director Manchester United ke berbagai media, co-branding kartu kredit Danamon MU yang telah dihadirkan sebelumnya, terhitung sebagai salah satu program yang sukses. Jadi, mengapa tidak, kalau kerjasama itu dilanjutkan kemudian untuk kartu Debit/ATM?

Persoalannya, co-branding semacam ini bukan semata milik Bank Danamon. Kurang lebih seminggu lalu, Bank Negara Indonesia (BNI) baru saja mengumumkan jalinan kerjasamanya dengan Chelsea FC. Hebatnya lagi, BNI adalah bank pertama di kawasan Asia yang bermitra dengan Chelsea FC untuk produk kartu kredit.

Asal tahu saja, sampai pertengahan tahun 2011 -merujuk ke data yang dirilis Bank Indonesia- jumlah pemegang kartu kredit BNI telah mencapai 1,6 juta nasabah. Dan, hingga akhir tahun lalu, jumlah pemegang kartu Debit BNI tercatat sebanyak 11 juta nasabah.

Maka dari itu, wajar bila kemudian muncul pertanyaan, apa saja yang akan dilakukan Bank Danamon untuk meraih targetnya?

Contoh nobar di atas adalah salah satunya, sebab komunitas pecinta MU punya posisi sentral dalam rencana ekspansi jumlah pemegang kartu kredit sekaligus Debit/ATM Danamon MU.

Selebihnya adalah keunggulan fitur kartu Debit/ATM Danamon MU itu sendiri. Masih menurut Michellina Triwardhany, kartu Debit/ATM Danamon MU menyediakan tiga istimewa. Yang pertama adalah Red Match.

Fitur ini memberikan kesempatan kepada minimal 38 nasabah untuk menyaksikan secara langsung pertandingan MU di stadion Old Trafford, Inggris. Dengan Red Match, para nasabah juga dapat mengikuti rangkaian kegiatan, antara lain, berlatih sepakbola langsung dengan para pelatih klub, bertemu dengan pemain, melihat langsung ruang ganti pemain, maupun mengikuti tur stadion atau museum MU.

Fitur kedua, Red Rewards, membuka kesempatan bagi nasabah untuk mengumpulkan poin melalui transaksi debit yang dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan gratis (melalui program mileage). Sebagai ganjarannya, maka nasabah yang bersangkutan -yang mengumpulkan poin sesuai dengan ketentuan- dimungkinkan untuk pergi ke Old Trafford atau destinasi lainnya.

Strategi co-branding  cukup banyak menopang kesuksesan brand lain. (Foto: Ist)Strategi co-branding cukup banyak menopang kesuksesan brand lain. (Foto: Ist)Selain itu, poin juga dapat ditukarkan dengan berbagai merchandise asli MU, seperti jersey dengan tanda tangan pemain, syal, topi, tas dan berbagai pilihan voucher belanja lainnya. Nah, ini yang lebih istimewa lagi: pengumpulan poin Red Rewards bakal tiga kali dipercepat untuk semua transaksi debit pada hari kemenangan MU di Liga Inggris.

Yang ketiga Red Hot Deals. Fitur ini memberikan berbagai penawaran menarik dan istimewa di kafe, gerai olahraga, fashion, arena futsal dan outlet-outlet pilihan lainnya.

Oh ya, pada saat perkenalan kartu Debit/ATM Danamon MU pada awal Maret 2012, Bank Danamon membuka kesempatan unik bagi para pengunjung yang hadir di acara tersebut. Dengan setoran Rp 50 ribu, hadirin yang mengajukan aplikasi berhak memperoleh kartu baru itu. Alhasil, dalam hitungan hari, tak kurang dari 6 ribu nasabah sudah berhasil direngkuh.

Yang terbaru adalah kedatangan Dwight Yorke dan Gordon McQueen, dua pemain legendaris MU ke Indonesia. Kehadiran keduanya tentu saja tak lepas dari rangkaian aktifitas pemasaran yang dilakukan Bank Danamon untuk menggenjot jumlah nasabah kartu barunya itu. Tak terkecuali rencana untuk mendatangkan Piala Liga Inggris yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Akankah Bank Danamon berhasil? Waktu jualah yang menentukan. Yang terang, co-branding terbukti cukup banyak menopang kesuksesan pebisnis atau pun brand yang lain. (BB/dbs/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Era dimana klub sepakbola domestik memiliki posisi yang p
(Berita-Bisnis) - Dengan mengincar segmen usia 18-30 tahun, PT Bank Rakyat
(Berita-Bisnis) - Pertumbuhan kredit sebesar 17,25 persen -atau setara deng