Berita Bisnis

LEWAT EVENT DEMO, NAMA ROYCO MELAMBUNG

Melaksanakan event demo secara konsisten, sistematis dan masif. (Foto: Ist)Melaksanakan event demo secara konsisten, sistematis dan masif. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, babak final kontes itu digelar. Persisnya pada minggu pertama April 2012 lalu. Sedikitnya 20 orang ibu yang menjadi finalis Ibu Serba Bisa Ibu Royco All-in-One tampak sibuk memberikan presentasi di depan juri.

Selain menjelaskan inovasi resep masakan yang dilakukan, para finalis juga wajib bercerita tentang frekuensi sosialisasi program yang telah dilaksanakan ke lingkungan masing-masing selama dua bulan terakhir plus jumlah pengunjungnya.

Dua puluh finalis tadi adalah hasil penyaringan yang telah dilakukan sebelumnya kepada 100 peserta ibu rumah tangga yang berasal, antara lain, dari Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Tapi, jangan salah, para ibu rumah tangga itu adalah ibu-ibu rumah tangga yang tercatat sebagai anggota komunitas ibu-ibu rumah tangga bentukan brand Royco.

Oh ya, saat para peserta kontes mempresentasikan kreasi masakannya, mereka harus bisa memastikan bahwa mereka telah menggunakan bumbu kaldu Royco All-in-One di dalam sajiannya. Bukan apa-apa. Tujuan penyelenggaraan kontes tadi erat kaitannya dengan promosi Royco All-in-One yang dibesut PT Unilever Indonesia Tbk.

Bumbu kaldu Royco All-in-One memang terhitung baru diluncurkan oleh Unilever Indonesia. Kurang lebih di awal tahun ini. Dengan demikian, varian baru itu melengkapi daftar rangkaian produk bumbu penyedap masakan yang sebelumnya telah dipasarkan oleh Unilever Indonesia, seperti Royco Kuah Kaldu Gel, RoycoCream Soup, dan Royco penyedap rasa serbuk. Yang disebut terakhir ini malah sudah hadir sejak tahun 1972.

Membentuk komunitas ibu-ibu rumah tangga. (Foto: Ist)Membentuk komunitas ibu-ibu rumah tangga. (Foto: Ist)Nah, menurut Heru Prabowo, Senior Brand Manager Royco kepada media dalam satu kesempatan, sejak dirilis pada medio Januari 2012 silam, Royco All-in-One sudah over demand sampai saat ini.

Pertanyaannya -tentu saja- adalah bagaimana caranya?

Dalam rangka menjawab pertanyaan itu, mungkin ada baiknya bila aspek produk, distribusi, serta jaringan pemasaran yang dimiliki Unilever Indonesia tidak dibahas berkepanjangan. Pasalnya, sebagian besar -bahkan nyaris semua pihak- pastilah sudah paham akan kehandalan perusahaan consumer goods skala global ini di berbagai aspek tadi. Karena itu, mari menyimak cara Unilever melakukan edukasi pasar.  

Dua tahun lalu, Unilever Indonesia menyelenggarakan event berlabel Bintang Dapur Royco. Mirip dengan konsep Ibu Serba Bisa Ibu Royco All-in-One, program itu menyaring ribuan peserta selama empat bulan di beberapa kota, seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Hasilnya, Unilever Indonesia memilih 13 tim terbaik Bintang Dapur Royco.

Tahun lalu, tepatnya pada Juli 2011, dengan menggandeng Natural Cooking Club, Komunitas Femina, Komunitas Nova, Komunitas Cooking Modena, plus beberapa komunitas hobi masak lainnya, Unilever Indonesia menggelar Soup MasterClass di Central Park, Jakarta Barat.

Bersama Chef Karen Carlotta -brand ambassador Royco- para peserta diajak untuk mencoba berbagai masakan dan hidangan sup yang lezat serta bernutrisi dengan menggunakan Royco Kuah Kaldu Gel yang baru saja diluncurkan.

Februari kemarin, masih dalam rangkaian promosi Royco All-in-One, sekitar 50 ibu rumah tangga yang terpilih dari beberapa komunitas pos yandu dan arisan diajak untuk mengikuti acara Pondok Ibu Royco All-in-One di Wisma Wanita, Bandung.

Menggandeng Chef Karen  Carlotta sebagai brand ambassador Royco. (Foto: Ist)Menggandeng Chef Karen Carlotta sebagai brand ambassador Royco. (Foto: Ist)Selain berbagi resep kreasi masakan sehari-hari sekaligus belajar mengatur pola makan keluarga, Hermien Susilo selaku Country Chef Unilever Indonesia pun membagikan tips dan trik kreasi makanan sehari-hari, saat itu. Tak ketinggalan pula pakar nutrisi Andriyani Wagianto menjelaskan kiat-kiat untuk mengatasi masalah makan keluarga dan pembentukan pola makan yang seimbang.

Di luar contoh di atas, event serupa banyak juga dilaksanakan di berbagai lokasi dan di berbagai kota secara konsisten, sistematis dan masif. Baik untuk produk Royco yang sudah hadir lebih dulu maupun untuk Royco All-in-One. Hasilnya, ya itu tadi, ada kelebihan permintaan terhadap Royco All-in-One.

Memang, relatif sulit untuk menemukan data detil penjualan Royco. Akan tetapi, bila bercermin dari data pertumbuhan Unilever Indonesia secara keseluruhan, kinerja produk yang tergolong dalam segmen makanan dan minuman di dalam radar bisnis Unilever Indonesia itu, diperkirakan cukup cemerlang.

Coba lihat data yang ditampilkan oleh Sancoyo Antarikso, Corporate Secretary Unilever Indonesia ke Bursa Efek Indonesia, beberapa waktu lalu. Sepanjang tahun 2011, perusahaan multinasional sektor konsumer terbesar di Indonesia itu, berhasil mencatat penjualan bersih sebanyak Rp 23,47 trilliun. Di saat yang sama, laba bersihnya sendiri tercatat sebanyak Rp 4,16 trilliun atau naik sebesar 23,5 persen dibanding laba bersih tahun sebelumnya (Rp 3,38 trilliun).

Sebagaimana halnya segmen kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh yang memberikan kontribusi hingga lebih 70 persen, segmen makanan dan minuman pun turut memberikan andil yang tidak sedikit kepada data penjualan bersih di atas. Dan, Royco All-in-One adalah salah satu cara Unilever Indonesia untuk memperbesar porsi penjualan segmen makanan dan minumannya sepanjang tahun ini.

Mengalami kelebihan permintaan terhadap Royco All-in-One. (Foto: Ist)Mengalami kelebihan permintaan terhadap Royco All-in-One. (Foto: Ist)Menurut Heru Prabowo, sampai sejauh ini, event demo masakan adalah cara efektif untuk mempromosikan produk bumbu kaldu Royco. Sebab, sering terjadi, dari acara seperti itulah efek gethuk tular bakal menjalar yang pada akhirnya berujung kepada meningkatnya permintaan pasar terhadap rangkaian bumbu kaldu Royco sekaligus melambungkan namanya di pasar bumbu kaldu di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, guna melengkapi kebutuhan para ibu rumah tangga yang memerlukan informasi tentang berbagai menu yang akan dimasak, Royco pun tak lupa menghadirkan portal www.masakapahariini.com yang menyajikan beragam tips menarik. (BB/dbs/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Mengusung isu kebersihan toilet sekolah, PT Unilever Indo
(Berita-Bisnis) - Setelah melalui riset selama dua tahun, PT Unilever Indon
(Berita-Bisnis) - Selama medio Februari lalu, jaringan ritel Lotte Mart ber