Berita Bisnis

CARA AMAZONE EKSIS DI BISNIS HIBURAN KELUARGA

Menghadirkan beragam jenis permainan, mulai dari family rides, racing games, hingga sport games. (Foto: Ist)Menghadirkan beragam jenis permainan, mulai dari family rides, racing games, hingga sport games. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Ketika memperoleh penghargaan sebagai juara kedua kategori family entertainment centre Top Brand for Kids and Teen 2012 pada minggu ketiga April lalu, Aulia Rachman mengeluarkan pernyataan yang termasuk tidak "biasa" ke media.

Kata Head of Marketing and Promotion pusat hiburan keluarga Amazone itu, pihaknya tidak punya strategi khusus untuk meraih Top Brand for Kids and Teen 2012.

Benarkah?

Medio Agustus tahun 2001 adalah langkah awal bagi Soegiandi saat mengibarkan bendera PT Fantasi Erestama Cemerlang yang menghadirkan Amazone sebagai pusat hiburan keluarga. Dalam tempo relatif cepat, Fantasi Erestama Cemerlang berhasil mengelola kurang lebih 62 gerai Amazone yang tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia.

Ambil contoh, di Cibubur Plaza, Carefour MT Haryono, Carefour Puri Indah, Mall Artha Gading, Grand ITC Permata Hijau, ITC BSD, Bekasi Square, Plaza Pondok Gede, dan lain sebagainya.

Belakangan, demi menyesuaikan dirinya dengan segmen market yang disasar, Fantasi Erestama Cemerlang merilis brand Amazing untuk kelas premium, yang hadir -misalnya- di Plaza Indonesia, Gandaria City, dan Plaza Kuningan City.

Di Plaza Indonesia, Fantasi Erestama Cemerlang menghadirkan konsep tematik tiga sejarah dunia di arena permainan seluas 1400 meter persegi bertajuk Amazing World Plaza Indonesia itu. Mulai dari Mesa Verde-Grand Canyon, The Great of Astec-Pyramid of The Sun Mexico hingga Machu Pichu-Peru. Adapun di Gandaria City, Fantasi Erestama Cemerlang menawarkan Amazing Town. Sedangkan di Plaza Kuningan City, gerai yang dibuka diberi nama Amazing City.

Di tiga lokasi di atas, tampak jelas Fantasi Erestama Cemerlang mencoba menghadirkan nuansa yang unik di masing-masing tempat. Setali tiga uang dengan kondisi gerai Amazone. Suatu waktu, Amazone Blok M Plaza seluas 900 meter persegi menggelar tema Myths of Princess Gaia. Di lain kesempatan, topik dan nuansa berbeda pun dihadirkan di gerai yang lain.

Menawarkan nuansa  yang unik di masing-masing gerai. (Foto: Ist)Menawarkan nuansa yang unik di masing-masing gerai. (Foto: Ist)Meski demikian, toh di satu dua lokasi, tema yang dihadirkan tidak banyak mengalami perubahan. Hal ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari profil pengunjungnya yang diperkirakan tidak begitu mempedulikan perihal pergantian tema namun lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan selama menikmati berbagai fasilitas permainan yang ada. Atau juga karena pengunjungnya lebih didominasi kalangan anak-anak yang membutuhkan arena permainan yang bersih sekaligus nyaman.

Perihal lokasi, sudah tentu menjadi bahan pertimbangan yang utama bagi Fantasi Erestama Cemerlang. Itu sebabnya gerai Amazone maupun Amazing selalu berada di dalam pusat perbelanjaan. Puluhan jenis permainan yang digelar pun dipastikan bisa mengakomodir keinginan semua anggota keluarga, baik untuk orang tua maupun untuk anak-anak. Faktor lokasi yang menguntungkan inilah yang selalu dipertahankan saat membuka gerai baru di berbagai lokasi.

Oh ya, ada satu hal lagi yang membedakan gerai Amazone ketimbang pusat hiburan keluarga sejenis, yaitu penggunaan koin sebagai alat "pembayaran" saat menggunakan beragam mesin permainan. Diakui atau tidak, pemakaian koin sejatinya memberikan kemudahan bagi siapa pun dibandingkan pemakaian kartu isi ulang yang mensyaratkan besaran nominal tertentu.

Menurut Aulia Rachman dalam satu kesempatan ke media, sampai saat ini, pihaknya masih fokus di ranah below the line saat mengkomunikasikan beragam produknya. Misal, kerjasama dengan pihak ketiga atau pun pemberian voucher gratis via mitra bisnis.

Dan, agar tidak ketinggalan dengan kondisi saat ini, Fantasi Erestama Cemerlang juga tak lupa memanfaatkan social media seperti facebook dan twitter. Dari sarana ini, Fantasi Erestama Cemerlang telah berhasil membangun beberapa komunitas yang sesuai dengan setiap game yang ada di Amazone plus secara rutin menggelar ajang lomba untuk semakin "mengikat" loyalitas pelanggannya.

Mengelola kurang lebih 62 gerai yang tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia. (Foto: Ist)Mengelola kurang lebih 62 gerai yang tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia. (Foto: Ist)Langkah Soegiandi di bisnis pusat hiburan keluarga berawal di sekitar tahun 1994-1996 saat dirinya terlibat dalam tahap awal pembangunan game center modern milik Lippo Group di Karawaci, Tangerang. Di kemudian hari, Soegiandi bergabung dengan pusat permainan Toys R Us sewaktu pertama kali menjejakkan langkahnya di Indonesia. Soegiandi juga sempat turut aktif membangun entertainment center Fun City.

Belakangan, bersama rekannya, Soegiandi merilis Amazone yang pertama di Alfa Medan dengan bermodalkan 50 mesin permainan. Setelah itu, membuka gerai serupa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Cerita selanjutnya, ya itu tadi, Fantasi Erestama Cemerlang telah berhasil mengelola kurang lebih 62 gerai sampai saat ini dengan beragam jenis permainan, mulai dari family rides, racing games, sport games, music games, shooting games, mind games yang dapat dinikmati anak-anak hingga dewasa, kids game maupun Kid Zone yang dapat dinikmati anak-anak umur 0 sampai dengan 12 tahun. (BB/Luki)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Jamak terjadi dan seolah diamini, jadwal peluncuran sebua
(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memberikan nilai tambah kepada pengunjung Tr
(Berita-Bisnis) - Diklaim sebagai upayanya untuk memenuhi kebutuhan masyara