• BERANDA
  • BERITA
  • BANGUN PABRIK DI CILEGON, FEDERAL KARYATAMA PERKUAT POSISI DI BISNIS OLI

BANGUN PABRIK DI CILEGON, FEDERAL KARYATAMA PERKUAT POSISI DI BISNIS OLI

Jika digunakan maksimal, kapasitas produksinya bisa mencapai 120 juta hingga 150 juta liter pelumas per tahun. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Rencana PT Federal Karyatama untuk memperbesar kapasitas produksi pelumasnya lewat kehadiran pabrik baru, akhirnya terwujud juga.

Buktinya, pada pekan ini, produsen oli merek Federal Oil itu resmi menggelar seremoni peletakan baru pertama (groundbreaking) pabrik anyarnya yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar di Krakatau Industrial Estate Cilegon, Banten.

Adapun dana investasi pembangunan yang dibenamkan mencapai kurang lebih Rp 400 miliar.

Kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur Federal Karyatama, pabrik dengan kapasitas produksi awal sebanyak 100 juta liter pelumas per tahun tersebut, diproyeksikan beroperasi pada 2017.

Lebih dari itu, pabrik yang sama juga dirancang dengan konsep modern yang tercermin dari penggunaan robot untuk melakukan proses blending maupun filling.

Di sisi lain, juga mengedepankan aspek ramah lingkungan yang mencakup penghematan energi listrik, bahan bakar plus memaksimalkan penghijauan di lingkungan pabrik.

Perlu diketahui, Federal Karyatama -anak usaha PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk- sebelumnya sudah mengoperasikan dua pabrik pelumas yang berlokasi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, dengan total kapasitas produksi sebesar 80 juta hingga 90 juta liter oli per tahun.

Namun, karena permintaan terhadap pelumas yang semakin tinggi belakangan ini (sebagai dampak membengkaknya jumlah kendaraan bermotor di pasar domestik), Federal Karyatama pun mengantisipasinya dengan kehadiran pabrik di Cilegon.

Bersamaan dengan itu, kapasitas produksi pabrik serupa yang lebih dulu beroperasi di Pulo Gadung, dikabarkan sudah berada di ambang batas maksimumnya.

Artinya, bagi Federal Karyatama, pabrik baru Cilegon -bakal menghasilkan pelumas motor, mobil, dan pelumas untuk keperluan industri- merupakan aset penting yang diarahkan untuk mendongkrak penetrasinya di ranah bisnis pelumas di Indonesia.

Dan, asal tahu saja, apabila digunakan secara maksimal, kapasitas produksi pabrik baru ini sesungguhnya dapat mencapai 120 juta hingga 150 juta liter pelumas per tahun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

DELAMIBRANDS BUKA 10 FREE STANDING STORE TIRAJEANS
BERITA

DELAMIBRANDS BUKA 10 FREE STANDING STORE TIRAJEANS

(Berita-Bisnis) - Adalah tren penjualan yang terus meningkat yang menjadi alasan bagi PT Delami Garment Industries (populer dengan label Delamibrands)...
KEREK BRAND IMAGE, MULTI BINTANG GELAR KONSER 8 BINTANG
BERITA

KEREK BRAND IMAGE, MULTI BINTANG GELAR KONSER 8 BINTANG

(Berita-Bisnis) - Bercermin dari kesuksesan penyelenggaraan konser musik Bersama Kita Bintang: Reunited pada tahun 2010 dan tahun lalu, PT Multi...
ICAR ASIA LENGKAPI MOBIL123.COM DENGAN SI JARI
BERITA

ICAR ASIA LENGKAPI MOBIL123.COM DENGAN SI JARI

(Berita-Bisnis) - Diklaim bakal lebih cepat membantu para diler maupun penjual mobil saat memasang iklan, iCar Asia yang bermarkas di...
PABRIK BARU KAWASAKI BEROPERASI 2014
BERITA

PABRIK BARU KAWASAKI BEROPERASI 2014

(Berita-Bisnis) - Jika tak ada halangan, maka pada medio Januari tahun 2014, pabrik baru PT Kawasaki Motor Indonesia senilai Rp...
PERTAMINA HADIRKAN PERTAMAX RACING DI KUNINGAN DAN PONDOK INDAH
BERITA

PERTAMINA HADIRKAN PERTAMAX RACING DI KUNINGAN DAN PONDOK INDAH

(Berita-Bisnis) - Guna melayani pertumbuhan penyelenggaraan kegiatan balapan yang memerlukan bahan bakar berkualitas tinggi dengan standar internasional, PT Pertamina (Persero)...
SUPRA BOGA BAKAL SEGERA HADIRKAN GERAI MINISTOP
BERITA

SUPRA BOGA BAKAL SEGERA HADIRKAN GERAI MINISTOP

(Berita-Bisnis) - Niat PT Supra Boga Lestari Tbk untuk berkecimpung di bisnis minimarket akhirnya bakal segera terwujud seiring pembelian resmi...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia