BEKASI FAJAR GELAR EKSPANSI BISNIS

Mengembangkan sekaligus mengelola kawasan industri baru seluas 130 hektar. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Tingginya permintaan terhadap lahan industri yang mencapai lebih dari seribu hektar per tahun -sebagaimana pernah diungkapkan Direktorat Jenderal Pengembahgan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian- agaknya menjadi alasan kuat bagi PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. untuk menggelar ekspansi bisnis.

Buktinya, dengan menggandeng Marubeni Corporation Jepang, Bekasi Fajar Industrial Estate -pengelola Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat- bakal membentuk perusahaan patungan yang mengembangkan sekaligus mengelola kawasan industri baru seluas 130 hektar.

enurut Khirsan Daswara, Corporate Secretary Bekasi Fajar Industrial Estate, eksekusi terhadap rencana ekspansi tersebut akan dilakukan pada kuartal pertama tahun depan.

Ditambahkan, di perusahaan patungan tersebut, Marubeni Corporation bakal memiliki andil saham sebesar 25 persen. Marubeni Corporation juga akan berusaha membawa strategic and anchor tenants dari Jepang bagi kawasan industri baru itu.

Kolaborasi Bekasi Fajar Industrial Estate dengan Marubeni Corporation sejatinya bukan hal baru. Tahun 1990, PT Argo Manunggal Land Development (Manunggal Group) -induk usaha Bekasi Fajar Industrial Estate- membentuk perusahaan patungan dengan Marubeni Corporation Jepang dengan nama PT Megalopolis Manunggal Industrial Development.

Lantas, Megalopolis Manunggal Industrial Development membangun Kawasan Industri MM2100 yang kemudian dikelola bersama dengan Bekasi Fajar Industrial Estate. Sampai saat ini, Kawasan Industri MM2100 tercatat menampung kurang lebih 170 manufacturing and supporting companies.

Hingga akhir September 2012, Bekasi Fajar Industrial Estate berhasil membukukan pendapatan sebanyak Rp 662 miliar atau naik sebesar 88,6 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Dalam kurun waktu yang sama pula, Bekasi Fajar Industrial Estate tercatat sukses meraup laba bersih senilai Rp 301,5 miliar. Angka ini melesat hingga 263 persen dibandingkan posisi akhir September 2011.

Argo Manunggal Land Development sendiri baru saja menjual 10 persen porsi sahamnya di Bekasi Fajar Industrial Estate kepada Daiwa House Industry Co. Ltd. Kelak, dengan hadirnya Daiwa House Industry Co. Ltd. sebagai salah satu pemegang saham Bekasi Fajar Industrial Estate, Kawasan Industri MM2100 direncanakan akan dikembangkan menjadi kawasan industri yang terpadu.

Hal ini mengingat reputasi Daiwa House Industry Co. Ltd. sebagai salah satu perusahaan terkemuka di bidang properti, khususnya residensial dan industri, logistik serta pembangunan kawasan. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

KEREK BRAND AWARENESS, JIWASRAYA GANDENG MANCHESTER CITY
BERITA

KEREK BRAND AWARENESS, JIWASRAYA GANDENG MANCHESTER CITY

(Berita-Bisnis) - Guna menyiasati kompetisi bisnis asuransi yang semakin sengit, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) resmi menggelar kerja sama dengan Manchester...
SIMPLE PROSES DALAM MENYUSUN SOP
EVENT

SIMPLE PROSES DALAM MENYUSUN SOP

By BALE SERVICES TRAINING (lebih…)
CARA SAMSUNG MEROKETKAN GALAXY
MARKETING

CARA SAMSUNG MEROKETKAN GALAXY

(BeritaBisnis) - Masih ingatkah Anda dengan acara lelang Samsung beberapa waktu lalu? Kalau ya, syukurlah. Jika tidak, ini sepenggal kisah...
RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA
BERITA

RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA

(Berita-Bisnis) - Dari tanggal 11 Juni sampai 3 September mendatang, situs Rumah123.com -yang bernaung dalam jaringan portal properti asal Malaysia...
TRIPUTRA KARYA AGUNG TAWARKAN ROYAL TULIP LUXURY APARTMENT DEGREEN BANDUNG
BERITA

TRIPUTRA KARYA AGUNG TAWARKAN ROYAL TULIP LUXURY APARTMENT DEGREEN BANDUNG

(Berita-Bisnis) - Diklaim untuk memenuhi kebutuhan akan hunian apartemen yang tinggi di Bandung, terutama saat high season dan libur panjang,...
JAGA DOMINASI, UNILEVER RILIS BUAVITA KELAPA, MARKISA, DAN SIRSAK
BERITA

JAGA DOMINASI, UNILEVER RILIS BUAVITA KELAPA, MARKISA, DAN SIRSAK

(Berita-Bisnis) - Dibanding segmen lain yang bergabung di dalam industri minuman ringan, minuman sari buah dan susu olahan adalah dua...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia